10 Adegan Pertarungan Terbaik yang Ada di Film, Mana Favorit Kamu?

Tapi itu penilaian saya dulu. Seiring bertambahnya umur, daftar film action yang saya tonton pun makin banyak. Dan lama-lama momen pertarungan Jaka Sembung – Ki Hitam mulai memudar dari ingatan saya, diambil alih oleh adegan pertarungan yang jauh lebih keren.

Meskipun begitu, saya mesti berterima kasih sama film Jaka Sembung. Karena film itu juga saya jadi terinspirasi untuk menulis tentang adegan pertarungan terbaik yang ada di film. Lalu apa saja adegan pertarungan yang masuk daftar ini?

1. Final fight scene di film City Hunter

via youtube.com

Jujur saja, adegan pertarungan ini saya masukkan karena keunikannya. Kalau biasanya adegan pertarungan di film action ditampilkan secara serius dan menegangkan, Jackie Chan dan Richard Norton malah menunjukkan aksi tersebut dengan gaya humor yang bisa bikin kamu tertawa.

Coba saja kamu lihat aksi mereka dalam video di bawah ini!

2. Final fight scene (Scott Pilgrim vs. the World)

via collider.com

Pertarungan Scott Pilgrim melawan Gideon Graves ini cukup unik. Jarang ada film yang menampilkan gerakan special combo ala-ala fighting game. Yup, adegan tersebut bakal bikin kamu terkesima, apalagi jika kamu orangnya suka main video game.

3. Staircase fight scene (The Protector)

via alexkittle.com

Adegan pertarungan ini mungkin salah satu yang terbaik dari seorang Tony Jaa. Koreografi yang disuguhkan Jaa, dan ditambah lagi pengambilan gambar dari adegan tersebut, memberikan kesan pertarungan yang asli dan tak dibuat-dibuat. Menyaksikan pertarungan ini, saya seolah diajak untuk terus memerhatikan setiap gerakan bertarung Jaa secara intens.

4. Neo vs Agent Smith fighting scene (Matrix Reloaded)

via agonybooth.com

Di zaman sekarang, sineas yang bergantung kepada teknik CGI dalam pembuatan film sepertinya sudah nggak bisa dihitung lagi sama jari. Alih-alih terlihat nyata, adegan pertarungan dengan memakai teknik CGI malah sering kelihatan agak aneh dan terasa palsu. Misalnya saja adegan pertarungan di film Black Panther yang kurang menyentuh hati saat saya menontonnya.

Ya, itu memang opini saya pribadi sih. Tapi jika kita membandingkannya dengan aksi Neo saat melawan Agent Smith di Matrix Reloaded, perpaduan koreografi dan CGI di film ini justru nggak mengurangi kadar gereget dari momen pertarungan mereka.

5. Hobbs vs Torreto fighting scene (Fast Five)

via tn.com.ar

Kalau melihat ukuran badan dari Vin Diesel dan Dwayne Johnson yang setara petinju kelas berat, mungkin adegan pertarungan dari film Fast Five ini lebih cocok dibilang brawling dibandingkan fighting. 

Yup, Diesel dan Johnson justru menunjukan aksi berkelahi yang begitu ganas. Tengok saja cara mereka melemparkan satu sama lain ke tembok dengan sangat brutal.

6. Final fight scene (The Revenant)

via projectcasting.com

Saya nggak ragu menyebut Alejandro G. Iñárritu sebagai sutradara hebat yang bisa menyulap sesuatu yang sebenarnya biasa menjadi terlihat nyata. Meskipun aksi pertarungan Leonardo DiCaprio dan Tom Hardy dalam The Revenant cenderung berjalan sangat lambat, tapi berkat pengambilan gambar selama adegan itu berlangsung, saya seolah merasakan setiap hantaman yang dilancarkan kedua aktor itu saat mereka bertarung.

Editor’s Pick

  • 10 Adegan Ganjil Dan Mustahil Ini Sering Muncul Di Dalam Film, Apa Kamu Menyadarinya?
  • Sebelum Sukses, 8 Aktor Tenar Ini Ternyata Pernah Dapat Peran Yang Pasti Gak Kamu Sangka
  • 7 Fakta Tentang ‘Shaolin’ yang Jarang Diketahui Orang, Beda Banget Sama Filmnya!

7. Bedroom fight scene (Haywire)

via imdb.com

Film laga biasanya identik dengan pria gagah yang menjadi hero atau tokoh utama.

Namun jika kamu menyaksikan aksi dari mantan atlet MMA Gina Carano di film Haywire, kamu mungkin sepakat kalau perempuan juga bisa melakukan adegan sadis. Lihat saja lewat cuplikan video di bawah ini.

8. Stairwell fight scene (Atomic Blonde)

via nerdist.com

Bukan hanya Carano, ada juga Charlizen Theron yang ikut tampil sebagai sosok perempuan ganas lainnya. Nggak hanya menampilkan aksi berdarah-darah, melalui karakter Lorraine ini, Theron juga menunjukkan keahlian bertarungnya dengan sangat mengesankan dan tampak nggak dibuat-buat.

9. Kitchen fight scene (The Raid 2)

via wennermedia.com

The Raid 2 bisa disebut sebagai salah satu batu loncatan bagi perfilman Indonesia, khususnya film laga, dalam menarik simpati dan perhatian penonton di seluruh dunia.

Kehebatan dari film ini dipertontonkan lewat salah satu aksi ikonik dari Iko Uwais serta lawan bertarungnya, Cecep Arif Rahman. Kamu pun pasti setuju jika aksi pertarungan silat mereka berdua benar-benar kejam dan berdarah-darah.

Kalau kamu kebetulan nonton The Raid 2 di bioskop, dan saat momen pertarungan ini kamu tiba-tiba kebelet buang air, saya yakin kamu bakal menyesal karena melewatkan salah satu adegan fighting terbaik ini.

10. The corridor fight scene (Oldboy)

via mentalfloss.com

Aksi berkelahi si tokoh utama yang hanya mengandalkan palu sebagai senjatanya ini pernah dibuat ulang oleh Hollywood dalam remake Oldboy tahun 2013. Namun saya merasa kalau adegan yang ditampilkan di film aslinya yang digarap Park Chan-wook masih jauh lebih baik.

Adegan pertarungan yang terjadi di lorong sempit ini bahkan benar-benar beda dari adegan berkelahi di film-film lain. Dalam kadar tertentu, ini malah adegan pertarungan terbaik yang ada di film.

Banyak faktor yang menjadikan adegan pertarungan ini sangat berkesan. Pertama, koreografi yang natural. Kedua, pengambilan gambarnya hanya dilakukan sekali. Dan terakhir, score musiknya sanggup menambah intensitas pertarungan dalam adegan tersebut.

Nah, dari 10 adegan pertarungan ini, apa ada adegan favorit kamu? Atau kamu punya alternatif lain? Yaah, biar gimana pun, daftar ini kan saya buat berdasarkan opini pribadi. Coba dong tulis pendapat kamu di kolom komentar.