10 Foto yang Bisa Mengobati Rasa Penasaran Kamu akan Hal-Hal Unik di Dunia Ini

Mulai dari foto meteorit tertua, kontak lensa teleskopik, sampai logam titanium yang punya respons unik terhadap aliran listrik. Yuk, langsung kita simak satu per satu.

1. Meteorit tertua yang pernah ditemukan

via diply.com

Walaupun terlihat seperti sepotong roti berjamur (iya, ‘kan?), objek dalam foto di atas sebenarnya adalah meteorit. Ditemukan di bagian Barat laut Afrika pada tahun 2016, meteorit berapi ini diperkirakan berumur 4,56 miliar tahun. Jika perhitungannya benar, maka meteorit ini berumur 20 juta tahun lebih tua dibanding bumi. Wow!

2. Moonroof mobil setelah hujan es

via diply.com

Teknologi laminasi di kaca atap mobil ini mencegah kaca hancur lebur karena hujan es. Hasilnya jadi terlihat seperti karya seni yang nggak sengaja dibuat.

3. Muntahan gunung berapi

via diply.com

Siapa sangka muntahan gunung berapi Kilauea di Hawaii ini bisa membungkus tangkai pohon yang kecil, tanpa membakar tangkainya? Ternyata gunung berapi tak selamanya mematikan.

4. Desain eksterior toko kunci di Manhattan

via diply.com

Bagian luar toko kunci di Manhattan, Amerika Serikat, ini dihiasi oleh ribuan kunci dengan berbagai jenis. Butuh waktu cukup lama lho bagi pemilik toko buat merangkai ribuan kunci jadi hiasan berpola.

Tapi kira-kira dari mana ya dia dapat kunci sebanyak itu? Wah, siapa tahu kunci rumahmu yang hilang ada di toko ini nih.

5. Pemandangan gunung Fuji di uang pecahan 1000 yen

via diply.com

Kalau kamu punya satu lembar uang 1000 yen, coba datang ke danau Motosu di Jepang. Di sana kamu bisa melihat pemandangan gunung Fuji yang sama persis dengan gambar di uang 1000 yen.

6. Dekorasi styrofoam

via diply.com

Mungkin kamu belum tahu kalau sekarang, bahan styrofoam mulai sering digunakan sebagai dekorasi bangunan yang hemat biaya. Pada gambar di atas, styrofoam dilapisi semen sehingga terlihat seperti hiasan dari batu. Yaa, setidaknya sampai ada orang yang nggak sengaja merusaknya.

7. Kontak lensa teleskop

via diply.com

Para ilmuwan telah mengembangkan teknologi kontak lensa yang memungkinkan penggunanya melihat objek tiga kali lebih besar dari ukuran aslinya. Tapi untuk saat ini, kontak lensa teleskop hanya bekerja jika penggunanya memakai kacamata elektronik khusus.

8. Berenang 55 jam non stop

via diply.com

Foto yang kamu lihat adalah telapak kaki atlet olimpik Belanda, Maarten van der Weijden. Dia mencoba berenang sejauh 200 kilometer dalam acara amal yang uangnya bakal digunakan untuk membantu penelitian kanker. Tapi sayang, Weijden nggak bisa mencapai target 200 kilometer tersebut dan harus menyerah di tengah jalan atas saran dokter.

Ya, tubuh manusia memang nggak didesain untuk bisa berlama-lama di dalam air. Buktinya telapak kaki Weijden sampai mengerut parah gitu. Itu baru telapak kakinya doang lho.

9. Dua sungai yang berbeda warna

via diply.com

Di Otta, Norwegia, sungai Otta (kanan) bertemu aliran gletser yang warnanya jauh berbeda. Endapan di air gletser membuat aliran sungai kebiru-biruan, begitu kontras dengan sungai Otta yang warnanya lebih gelap.

10. Titanium, logam yang unik

via diply.com

12 logam titanium pada gambar di atas sama sekali nggak dicat atau disemprot pakai pewarna. Titanium adalah logam yang akan berganti warna ketika dialiri energi listrik. Lebih uniknya lagi, besarnya voltase listrik yang dialirkan memengaruhi jenis warna pada titanium.

Apa 10 gambar di atas sukses memperluas pengetahuan kamu? Kalau iya, boleh dong share artikel ini ke teman-teman kamu?

Sumber: Diply