10 Pilihan Makanan Sahur Sederhana yang Bikin Kamu Bugar Selama Berpuasa

Ternyata, kamu nggak bisa asal memilih makanan sahur. Dalam menu sahurmu harus mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan vitamin agar kamu tetap bugar selama berpuasa. Nah, buat kamu yang bingung mau memilih makanan sahur apa, berikut 10 rekomendasi makanan sahur yang lezat dan menyehatkan tentunya.

1. Semangkuk sayur sop

via wideopeneats.com

Di dalam semangkuk sayur sop kamu sudah mendapatkan kandungan protein, karbohidrat dan vitamin yang cukup untuk berpuasa. Cara membuatnya pun sederhana, kamu cukup sediakan wortel, kentang, suiran daging ayam (bisa diganti dengan sosis atau telur puyuh), buncis, kol dan potongan segar tomat kemudian direbus dalam air kaldu ayam.

2. Roti gandum, telur dan abon

via media.eggs.ca

Kalau kamu ingin makanan sahur ala Western, bisa nih mencoba membuat sandwich dari roti gandum dengan isian telur mata sapi (setengah matang sih favorit saya) dan abon. Serat dan karbohidrat kompleks dalam roti gandum bikin perut kamu tidak bernyanyi deh selama berpuasa.

3. Oatmeal, buah berry dan pisang

via oatseveryday.com

Kalau kamu lagi diet dan enggan untuk makan nasi saat sahur, menu sahur dengan oatmeal yang diberi topping buah berry dan pisang sangat menyehatkan plus mengenyangkan loh.

4. Sarden kalengan

via sardinefishindonesia.com

Ingin menu praktis, nggak ribet tapi tetap menyehatkan? Kamu bisa loh memilih menu sarden kalengan dengan ditambah nasi merah sebagai makanan sahur. Tips saat memasak sarden kalengan agar tidak terlalu amis baunya adalah dengan menambahkan cacahan bawang putih dan tomat segar.

5. Kurma

via foodandnutrition.org

Kurma adalah makanan yang paling sering disebut dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan sunah Rasul. Meski tidak menjadi makanan utama saat sahur, tapi sebutir kurma mengandung nutrisi sehat yang mampu menambah energi saat berpuasa.

Editor’s Pick

  • 7 Makanan Mahal Ini Harganya Nggak Masuk Diakal. Seporsi Bisa Buat Beli Mobil Loh!
  • 16 Makanan Yang Disajikan Dengan Super Kreatif Ini Bakalan Bikin Mulut Kamu Ngiler Seharian
  • Masih Nggak Suka Sarapan? 7 Kreasi Telur Ceplok Ini Bikin Kamu Semangat Sarapan Deh!
  • Tips Kesehatan Soal Berat Badan Ini Sering Banget Kita Dengar Sehari-Hari, Mitos Atau Fakta?

6. Ubi manis dan yoghurt

via gimmegreensdot.com

Takut bangun kesiangan dan nggak sempat masak? Coba kamu membuat ubi manis panggang yang bisa kamu masak hingga 5 hari sebelumnya, kemudian saat hendak dikonsumsi kamu bisa menambahkan Greek Yoghurt, sirup maple dan potongan kacang diatasnya.

7. Nasi goreng

via recipetineats.com

Yups, kamu tetap bisa menjadikan salah satu makanan favorit orang Indonesia ini sebagai makanan sahur. Tapi tambahkan juga telur goreng, suiran ayam, dan sedikit potongan sayur seperti sawi hijau, daun bawang serta tomat segar sebagai salad.

8. Orek tempe dan telur rebus

via resepkoki.id

Kangen masakan tradisional? Olahan orek tempe manis-pedas dan telur rebus bakal bikin kamu semangat deh makan sahur.

9. Tumis sayuran

via rotinrice.com

Kalau tidak suka makanan yang berkuah seperti sayur sop, kamu juga bisa mengolah sayur-sayuran dengan ditumis. Sayurannya pun bisa bervariasi, bisa dengan tumis wortel dan taoge atau tumis pakcoy dengan tahu.

10. Air putih

via accelerate-rx.com

Bukan termasuk kategori makanan sahur sih, tapi air putih wajib kamu minum sebanyak 2 gelas minimal saat sahur. Hal ini berguna untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Oh ya selama sahur sebisa mungkin hindari meminum kopi dan teh karena membuat kamu lebih haus.

Nah, udah nggak bingung lagi kan menentukan makanan sahur kalian?