10 Standar Kecantikan di Masa Lalu Ini Bikin Kamu Bersyukur Tinggal di Masa Sekarang

Beragam cara juga dilakukan untuk mendapatkan apa yang disebut cantik. Mulai dari memakai riasan, mewarnai rambut, hingga mengenakan pakaian pilihan merupakan sebagian caranya. Bahkan, ada yang bilang, “Beauty is pain” yang berarti kamu harus merasakan sakit untuk terlihat cantik. Wah… sampai segitunya, ya.

Dilansir dari Brightside, tahu nggak sih, ternyata standar kecantikan di masa lalu jauh lebih bikin merinding daripada saat ini? Nih 10 buktinya.

1. Ini bukan wedges, namanya chopine

via brightside.me

Alas kaki dengan hak tinggi sudah jadi fashion wajib sejak dulu. Tapi nggak sembarangan, alas kaki yang satu ini punya hak setinggi 50 cm. Bayangin gimana cara jalannya.

2. Pelindung makeup

via brightside.me

Kalo sekarang sudah ada makeup yang tahan hingga berjam-jam, dulunya harus pakai benda runcin ini biar make up ga luntur.

3. Lesung pipi

via brightside.me

Punya lesung pipi emang imut sih, tapi nggak perlu gini juga, kan?

4. Tanpa alis

via brightside.me

Kalo sekarang cewek bawa pensil alis kemana-mana biar kelihatan cetar membahana, dulunya para cewek malah mencukur habis alisnya.

5. Kulit putih

via brightside.me

Bukan cuma dianggap cantik, kulit putih ala Ratu Elizabeth I dianggap sebagai lambang awet muda.

Editor’s Pick

  • Kisah Hidup Caligula, Kaisar Romawi yang Dianggap Pemimpin Tergila dalam Sejarah
  • 8 Fakta Menarik yang Bisa Menambah Pemahaman Kamu tentang Kehidupan di Zaman Mesir Kuno
  • 7 Kesalahan Paling Fatal Sekaligus Konyol dalam Bidang Kemiliteran Sepanjang Sejarah

6. Pembuluh darah membayang

via brightside.me

Dulunya, pembuluh darah yang membayang di balik kulit juga dianggap sebagai simbol kecantikan. Bahkan, para cewek sampai menggunakan pensil berwarna biru untuk menggambar dadanya.

7. Merona tanpa makeup

via brightside.me

Saat ini, untuk tampil merona kaum hawa akan menggunakan blush on dan lipstik. Tapi, karena Ratu Victoria melarang penggunaan makeup, para cewek harus menggigit bibirnya dan mencubit bagian pipi agar tampak merona.

8. Arsenik untuk kecantikan

via brightside.me

Yup, racun mematikan ini sengaja dikonsumsi oleh para wanita di abad ke-19 untuk mendapatkan penampilan cantik. Efeknya? Tentu saja kematian.

9. Baju hijau

via brightside.me

Selain dimakan, arsenik juga digunakan untuk mewarnai kain menjadi hijau yang kala itu sedang trend. Namun, tetap saja kematian yang jadi akibatnya.

10. Tahi lalat

via brightside.me

Bukan cuma sebagai standar kecantikan, tahi lalat juga sengaja dibuat untuk menunjukkan status hubungan seorang cewek.

Benar-benar standar kecantikan yang sangat jauh berbeda dengan zaman sekarang, ‘kan? Tapi ingat, jangan cuma cantik secara fisik saja. Hati dan pikiran kamu juga harus cantik!