10 Tips Gaya Hidup Ini Wajib Dilakukan Mahasiswa biar Bisa Terus Sehat meski Punya Jadwal Padat

Tapi, terkadang sebagai mahasiswa waktu 24 jam dalam sehari tidaklah cukup. Alhasil, mereka lebih suka ambil jalan pintas seperti melewatkan sarapan atau minum bergelas-gelas kopi biar bisa begadang semalaman.

Apa kamu termasuk mahasiswa yang punya kebiasaan seperti itu?

Kebiasaan macam itu jelas malah akan merusak kesehatan dan bisa menjatuhkan prestasi akademismu. Tidak mau kan hal itu terjadi? Coba deh 10 gaya hidup sehat ini yang sebaiknya dilakukan oleh kamu, para mahasiswa.

1. Jaga pola makan 3x sehari

sumber: studentwire

Sempat atau tidak sempat, kamu harus tetap memiliki pola makan minimal tiga kali sehari. Jika kamu tidak terbiasa sarapan atau lagi terburu-buru, bawalah snack semacam granola bar atau biskuit protein tinggi yang bisa kamu konsumsi selama menuju kampus.

Untuk makan siang, cari menu yang agak ‘berat’ seperti nasi ataupun roti yang kaya akan karbohidrat. Makan malam juga wajib loh meskipun kamu cuma makan apel, pisang, atau sepotong pizza. Itu mencegah agar kamu tidak kelaparan di tengah malam, dan ujung-ujungnya malah masak mie instan lagi, mie instan lagi.

2. Sehat dengan berjalan kaki

sumber: presby

Untuk anak kost, jika jarak antara kostan dan kampusmu hanya 15 menit cobalah untuk berjalan kaki. Itu akan lebih menghemat biaya karena irit bensin dan juga menyehatkan. Jika kamu harus membawa kendaraan, cobalah berjalan kaki saat perpindahan kelas dengan naik-turun tangga dibandingkan memanfaatkan lift.

Jika kampusmu menyediakan fasilitas gym, wajib banget tuh dimanfaatkan. Siapa tau juga kamu bisa ketemu jodoh di sana.

3. Tidur cukup

sumber: charlottedietitian

Mahasiswa itu identik dengan yang namanya begadang, apalagi menjelang pengumpulan tugas akhir ataupun ujian akhir semester. Tapi, sesibuk apa pun, kamu tetap membutuhkan 7-9 jam waktu tidur. Jika tidak, maka itu bisa berakibat pada penurunan fungsi otak; lelah yang berkepanjangan; sakit kepala; dan turun berat badan.

Makanya, kalau kamu punya kesempatan tidur siang di sela-sela pergantian kelas, manfaatkan itu dengan baik. Jangan lupa juga cari sudut pojokan agar tidur cantikmu tidak terganggu.

4. Cuci tangan itu wajib

sumber: cdc

Masih ingat ‘kan dengan iklan untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas? Hal tersebut bukan semata ditujukan untuk iklan produk saja; faktanya mencuci tangan setelah menggunakan toilet, setelah naik kendaraan, ataupun sebelum makan mampu menurunkan risiko terkena diare sebesar 70%! Meski sepele, tapi kamu wajib membiasakannya, loh. Daripada kamu terpaksa tidak masuk kelas karena diare, alasannya terdengar kurang lucu tuh di telinga.

5. Jangan merokok

sumber: healthynewstv

Sudah tidak perlu dijelaskan panjang dan lebar, menghisap rokok sangat berbahaya baik bagi si perokok ataupun mereka yang terpaksa menghirup asapnya. Jadi, daripada kamu merusak diri sendiri dan orang lain dengan merokok, alihkan kebiasaanmu dengan camilan sehat.

6. Hindari minuman berkafein dan gula tinggi

sumber: motherjones

Kopi dan minuman bersoda memang bisa membuatmu melek hingga dini hari. Akan tetapi, ada bahaya yang siap mengintaimu jika kamu terus menerus melakukan gaya hidup ini dalam jangka waktu lama. Daripada kamu terdiagnosa diabetes di usia muda, lebih baik kamu mengganti kebiasaan ngopi dengan makanan tinggi protein dan tinggi serat seperti jus buah segar.

7. Minum vitamin

sumber: vitamins.lovetoknow

Musim ujian tiba, tapi kondisi cuaca lagi tidak keruan. Jika situasinya seperti itu, maka asupan vitamin satu kali sehari wajib, loh. Meskipun kamu merasa sehat, tapi cara ini juga wajib dipertimbangkan sebagai proteksi tambahan.

8. Minum air putih

sumber: scstylecaster

Susah fokus karena kurang minum air putih? Hmm, itu memang bisa terjadi. Terus menghidrasi tubuh mampu membuat tubuh dan otak lebih berkonsentrasi pada apa yang kamu lakukan sekaligus mencegah kamu untuk makan berlebihan.

Biar lebih hemat nih, kamu wajib membawa botol minum untuk diisi ulang saat di kampus. Sehat tapi tetap hemat, mahasiswa goals banget.

9. Rileks

sumber: ithaca

Stres dengan ujian dan tugas yang menumpuk? Ambilah waktu istirahat sejenak seperti membaca komik, menonton TV, atau sekedar hang out bersama teman.

10. Gunakan tabir surya

sumber: ffmag

Bukan hanya wanita saja yang butuh perlindungan tabir surya (sunscreen), kaum Adam juga membutuhkannya, loh! Mengoleskan tabir surya ke seluruh tubuh penting untuk menjaga kamu dari sengatan sinar matahari saat banyak beraktivitas di luar kampus.

Nah, kalau 10 gaya hidup sehat di atas sudah kamu terapkan, setumpuk tugas maupun kertas ujian bisa deh kamu babat habis.

Sumber: Huffington Post