15 Film Animasi Ini Bakal Terus Kepikiran Setelah Ditonton Saking Dalemnya Ceritanya

Kali ini, Selipan bakal ngebahas film animasi dan akan ngasih kamu rekomendasi supaya list nonton kamu pas liburan nggak kosong. Bisa jadi film-film ini sudah kamu tonton atau bisa jadi belum. Di bawah ini adalah daftar 15 film animasi yang, menurut saya, ceritanya bisa bikin kamu memikirkan tentang arti kehidupan dengan pelajaran yang ada di dalamnya. Coba intip deh, siapa tahu kamu juga setuju.

Dimulai dari…

1. Toy Story (1995)

Toy Story via Hollywoodreporter.com

Saya ingat banget waktu saya kecil, setelah nonton film ini ketika pulang langsung meluk mainan yang ada di lemari. Setelah film yang pertama, Toy Story menjadi film berkelanjutan yang sukses. Tapi, menurut saya, film pertamanya ini punya dampak yang paling mendalam.

Di film ini, mainan-mainan dibuat hidup dan bergerak ketika pemiliknya tidak melihat. Para mainan ini juga memiliki perasaan seperti manusia dan dalam ceritanya diperlihatkan apa yang terjadi pada mereka ketika para mainan ini tidak terurus dan diterlantarkan. Film ini mengajarkan bahwa kita harus menjaga hal-hal yang kita punya dengan baik, dan itu semua dimulai dari menjaga mainan kita.

2. Finding Nemo (2003)

Finding Nemo via myfilmviews.com

Di permukaan mungkin kamu bakal mikir kalau ini cuma film buat anak kecil tentang ikan kecil yang diambil penyelam untuk dibawa ke Sydney dan dijadikan ikan hias. Tapi ternyata pesan yang ada di film ini jauh lebih dalam dari itu. Nemo itu memiliki sirip yang berbeda ukuran karena satu siripnya lebih kecil dari yang lain, tapi meski demikian dia memiliki sifat yang keras dan ingin keluar dari keterbatasannya itu. Ayahnya bisa dibilang terlalu over-protective karena hal ini.

Pada akhirnya, setelah Nemo ditemukan kembali oleh ayahnya, mereka sadar bahwa yang paling penting adalah bisa belajar untuk hidup dengan keterbatasan, menggunakan keterbatasan untuk menjadi kekuatan dan juga untuk tetap percaya diri. Ayahnya juga menyadari bahwa Nemo akan jauh lebih independent jika dia tidak terlalu banyak melarangnya melakukan hal-hal tertentu.

3. Lilo & Stitch (2002)

Lilo and Stitch via imdb.com © 2002 – Disney Enterprises, Inc

Mungkin sekilas film ini cuma tentang persahabatan alien lucu dan anak perempuan kecil yang imut, tapi film ini juga mengajarkan kita supaya bisa lebih terbuka kepada orang-orang terdekat, khususnya keluarga kita sendiri. Buat kamu yang cenderung introvert dan punya kepribadian yang unik atau bahkan cenderung temperamental, kamu pasti ngerti banget perasaannya Lilo ketika dijauhi teman-temannya atau ketika Lilo berantem dengan Nani, kakaknya.

4. Big Hero 6 (2014)

Big Hero 6 via coub.com

Film ini mengajarkan kita cara berkabung yang sehat. Topik tentang kematian orang terdekat itu pastinya hal yang sensitif, tapi film ini berhasil mengemasnya dengan halus sehingga dapat dengan mudah diterima oleh penonton, khususnya penonton yang masih anak-anak.

5. Your Name (2016)

Your Name via hollywoodreporter.com – Tokyo Intl. Film Festival

Dua karakter utama di film ini jadi sorotan karena saking kompleksnya kehidupan mereka. Film ini mengajarkan betapa pentingnya empati dan memahami satu sama lain dengan melihat dari sudut pandang orang lain. Ceritanya juga bisa dibilang sedih dan tidak sedikit yang menangis ketika film ini selesai.

6. Wreck-It Ralph (2012)

Wreck-It Ralph via nme.com

Para penggemar game arcade pokoknya wajib nonton film ini karena ada aspek nortalgia yang bisa kamu dapat dari menonton film ini. Tapi selain gaya animasi yang indah dan bikin nostalgia, film ini punya cerita yang unik juga.  Karakter Wreck-It Ralph di film ini sering diasingkan karena dalam game yang dia mainkan, dia merupakan karakter jahat. Tapi ternyata, di luar game, Wreck-It Ralph itu merupakan sosok yang baik hati. Film ini mengajarkan kita supaya tidak menilai seseorang dari penamilannya. Kalau kamu suka film Wreck-It Ralph yang pertama, katanya akan ada film kelanjutannya, lho.

7.  Monsters, Inc. (2001)

Monsters Inc via STLtoday.com

Monsters, Inc. juga mengangkat tema tentang persahabatan. Tapi, selain itu, film juga mengajarkan tentang keberanian dan bagaimana cara menghadapi hal-hal yang kamu takuti.

Editor’s Pick

  • Sssttt…6 Film Yang Berdasarkan Kisah Nyata Ini Ternyata Gak Setepat Kenyataannya!
  • Inilah 7 Film Tahun 2018 Terbaru yang Mesti Masuk List Tontonan Kamu! Duh, Udah Nggak Sabar Nunggu Rilisnya!
  • 5 Film Horor Terbaru Ini Siap Mengantuimu di 2018. Masih Berani Nonton Sendiri?

8. Spirited Away (2001)

Spirited Away via mentalfloss.com

Spirited Away bisa dibilang salah satu film animasi terbaik yang pernah ada. Film hasil karya Studio Ghibli yang sudah terkenal dengan gaya animasinya yang khas ini (thanks to Hayao Miyazaki), memperlihatkan betapa pentingnya menghormati orang tua kita, pentingnya menjadi orang yang mandiri, dan arti sesungguhnya dari mencintai seseorang.

9. Princess Mononoke (1997)

Princess Mononoke via dazeddigital.com

Selain Spirited Away, film Studio Ghibli lain yang sangat iconic dari segi cerita dan visualnya adalah Princess Mononoke. Film ini mengangkat masalah pencemaran lingkungan dan gimana selama ini manusia sudah menyalahgunakan sumber daya alam yang seharusnya digunakan untuk kebaikan. Tapi, harus dicatat, kalau kamu ingin mengajak adik atau saudara kamu yang masih kecil menonton film ini kamu harus waspada dengan adegan kekerasannya, ya.

10. Akira (1988)

Akira via crunchyroll.com

Kalau kamu nonton film ini pasti kamu bakal ngerasa lebih aware tentang dampak negatif dari perkembangan teknologi. Film ini ber-genre post-apocalytic dan berlatar belakang Jepang di masa depan ketika teknologi sudah begitu canggih namun memiliki efek buruk pada manusia yang semakin hari semakin tidak berperikemanusiaan. Film ini sebetulnya dibuat di akhir tahun 80an, tapi isu yang dibawa itu masih berlaku sampai sekarang, lho.

Tapi, film ini hanya cocok ditonton oleh yang sudah dewasa karena di dalamnya banyak unsur kekerasan dan gambar-gambar menakutkan yang tidak layak ditonton oleh anak di bawah umur.

11. Wall-E (2008)

Wall-E via mentalfloss.com

Film ini menceritakan ketika bumi ini sudah tidak layak dihuni manusia karena polusi sudah melenyapkan semua tumbuhan yang ada dan akhirnya bumi hanya didiami oleh robot AI, salah satunya adalah Wall-E. Meskipun film ini sekilas memang lucu banget dan nggak punya banyak dialog, Wall-E bakal bikin kamu memikirkan tentang alam yang sedikit demi sedikit dirusak oleh manusia dan mengajarkan untuk menjaga lingkungan agar bumi tetap layak dihuni manusia.

12. Up (2009)

Up via imdb.com © Disney Pixar

Up menceritakan tentang seorang kakek yang hidup sendiri setelah istrinya meninggal. Dia tidak memiliki anak dan sering murung semenjak istrinya meninggal. Suatu hari rumahnya terancam digusur dan dia dibujuk untuk tinggal di panti jompo. Dia menolaknya dan memberontak dengan cara mengapungkan rumahnya dengan ribuan balon.

Cerita ini sungguh menyentuh ketika karakter Russel muncul dalam cerita, dia adalah seorang anak kecil yang diberi misi dari kelompok scout-nya (semacam pramuka) untuk membantu orang yang sudah lanjut usia. Dinamika antara kedua karakter ini yang membuat ceritanya menarik. Film ini mengajarkan kalau kita itu tidak boleh lupa dengan orang tua, apa lagi dengan yang sudah berusia lanjut dan perlu perhatian khusus.

13. Inside Out (2015)

Inside Out via imdb.com

Emosi itu kalau dipikir-pikir emang sesuatu yang kompleks, tapi film ini bisa mengemasnya dengan cerita yang lucu dan mengasyikan. Meski demikian, ceritanya itu emosional banget dan, jujur, berhasil bikin saya sendiri menangis.

14. Coco (2017)

Coco via hdgoperahouse.org

Sama halnya dengan film Up, film ini mengangkat isu tentang betapa pentingnya keluarga dan menjaga hubungan dengan keluarga kita yang sudah lanjut usia. Film ini memiki visual yang indah banget dengan banyak warna, musik yang enak didengar, dan kita juga bisa sedikit belajar tentang budaya orang Mexico ketika memperingati Dia de los Muertos atau Hari Kematian. Katanya, film ini bisa bikin orang dewasa nangis, lho.

15. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies via screenprism.com

Ada yang bilang kalau kamu mau jadi seorang politisi, kamu harus nonton film yang satu ini. Grave of the Fireflies memperlihatkan efek buruk peperangan pada korban yang paling lemah yaitu anak-anak. Setting film ini adalah Jepang setelah peristiwa pengeboman  saat Perang Dunia ke-2. Dua tokoh utama film ini adalah kakak beradik bernama Seita dan Setsuko. Sang kakak harus mengurus adiknya yang masih sangat kecil ketika mereka terpisah dari orang tuanya setelah terjadi pengeboman. Mereka berdua mencoba bertahan hidup ketika orang-orang di sekitar mereka tidak memperdulikan mereka karena masih terguncang trauma perang. Selain menyayat hati, film ini betul-betul memperlihatkan betapa pentingnya rasa berperikemanusiaan.

Menurut John Storey, seorang profesor di bidang cultural studies, budaya populer itu sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu wujud dari budaya populer ini ada dalam bentuk film. Selain bisa memberi kita gambaran dari cerita yang dikemas seatraktif mungkin, aspek lain seperti musik dan karakter yang relatable bisa bikin para penonton itu terhanyut.

Lima belas film animasi di atas adalah contoh salah satu kelompok budaya populer. Dengan pelajaran yang ada di dalamnya, memang benar ternyata budaya populer itu sudah menjadi bagian dari keseharian hidup kita dimana kita bisa mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan kehidupan.

Dari 15 film di atas, yang mana saja yang sudah kamu tonton? Kalau ada yang belum ditonton, coba tonton, deh. Dijamin nggak bakal rugi!