15 Properti Film Termahal yang Pernah Terjual, Harganya Bikin Jantungan nih

Memang sih ada beberapa faktor yang bikin harga dari properti film bisa mahal banget, seperti faktor keaslian, kelangkaan, dan popularitas barang tersebut. Tapi yang namanya kolektor biasanya ikhlas merogoh kocek dalam buat mendapatkan properti film favorit mereka.

Lalu apa saja properti film termahal yang pernah dijual? Ini dia daftarnya.

1. DeLorean DMC-12 Time Machine (Back to the Future 1, 2, & 3)

via wikipedia.org

Mobil yang juga pernah tampil di film Ready Player One ini berhasil terjual seharga $541,100 (sekitar Rp7.7 miliar) dalam pelelangan tahun 2011. Meskipun nggak punya tenaga plutonium seperti di filmnya, mobil ini terjual lebih dari 10 kali lipat dari harga aslinya yang ‘hanya’ sebesar $30,000.

2.  Pistol Han Solo (Star Wars: Return of the Jedi)

via twitter.com

Nggak cuma bikin Han Solo jadi karakter ikonik dengan Solo shot first, senjata ini dihargai sampai $550,000 (sekitar Rp 7.9 miliar) saat dilelang.

3. Sepatu Dorothy (The Wizard of Oz)

via glamour.com

Sepatu yang dikenakan Judy Garland di Wizard of Oz ini memang sangat istimewa. Penyebabnya apalagi kalau bukan harga dari sepatu ini yang mencapai $666,000 (sekitar Rp9.6 miliar). Harganya istimewa, bukan?

4. Mobil Chitty Chitty Bang Bang (Chitty Chitty Bang Bang)

via theguardian.com

Pada tahun 2011, mobil unik yang muncul di film Chitty Chitty Bang Bang ini berhasil terjual dalam pelelangan dengan harga $805,000 (sekitar Rp11.6 miliar).

5. Gaun Hitam Holly Golightly (Breakfast at Tiffany’s)

via aceshowbiz.com

Audrey Hepburn memang aktris ikonik yang selalu bisa tampil cantik tak peduli apa pun pakaian yang dia kenakan. Tapi gaun rancangan Hubert de Givenchy yang dipakai Hepburn di film Breakfast at Tiffany’s kayaknya sedikit lebih istimewa deh dari pakaian-pakaiannya yang lain. Pasalnya gaun tersebut terjual dengan harga $807,000 (sekitar Rp11.6 miliar). Hasil yang didapatkan dari penjualan gaun kemudian didonasikan pada penulis novel City of Joy untuk membangun sekolah yang ada di Kolkata, India.

6. Mobil Kapal Selam James Bond (The Spy Who Loved Me)

via pinterest.co.au

Film James Bond nggak pernah lepas dengan mobil-mobil kece yang dipakai oleh si agen 007. Mobil Lotus Espirit bahkan dibeli oleh Elon Musk seharga $997,000 (sekitar Rp14,3 miliar) dalam lelang yang diadakan di tahun 2013. Musk sendiri tertarik pada mobil ini karena kecintaannya pada James Bond.

7. Baju Balap Michael Delaney (Le Mans)

via mrporter.com

Meskipun Michael Delaney adalah karakter fiksi yang diperankan Steven McQueen di film Le Mans, tapi baju balapnya mungkin punya harga yang melebihi harga baju balap asli yang dikenakan Michael Schumacher atau Lewis Hamilton. Gimana nggak, harga dari baju balap Delaney mencapai  $984,000 (sekitar Rp14 miliar).

Editor’s Pick

  • 7 Film Ini Awalnya Diprediksi Gagal, tapi Hasilnya Malah Melebihi Ekspektasi
  • 4 Karakter dalam Film Adaptasi Populer Ini Punya Perbedaan 180 Derajat dari Versi Novelnya, Lebih Keren atau…?
  • Review Hereditary (2018), Film Horor Tanpa Hantu yang Rajin Eksis Depan Kamera

8. Kostum Do-Re-Mi (The Sound of Music)

via mardecortésbaja.com

The Sound of Music nggak hanya terkenal karena lagu-lagu yang dilantunkan oleh Julie Andrews di dalamnya, properti dari film ini juga bikin para fans filmnya bernafsu untuk memburunya. Buktinya kostum yang dikenakan oleh karakter anak-anak dan Julie Andrews di film tersebut sukses dilelang seharga $1.59 juta (sekitar Rp22.4 miliar).

9. Robot R2-D2 (Star Wars Franchise)

via hollywoodreporter.com

Selain lightsaber andalan Luke Skywalker dan pistolnya Han Solo, robot yang satu ini jadi salah satu barang termahal dari franchise Star Wars yang pernah terjual. Barang ini sukses dilelang seharga $2.76 juta (sekitar Rp39.6 miliar) pada 2017.

10. Kostum The Cowardly Lion (The Wizard of Oz)

via blogs.wsj.com

Jika sepatu Dorothy dihargai $666,000, kostum The Cowardly Lion yang pernah dipakai Bert Lahr ditebus seharga $3.07 juta (sekitar Rp.44.2 miliar) saat lelang tahun 2014.

11. Gaun Ascot Eliza Doolittle (My Fair Dairy)

via mubi.com

Satu lagi gaun dari Audrey Hepburn yang ada dalam daftar ini. Kali ini gaunnya dihargai sampai $3.7 juta (sekitar Rp53 miliar).

12. Patung Maltese Falcon (The Maltese Falcon)

via vanityfair.com

Untuk sebuah hiasan, patung yang muncul di film The Maltese Falcon ini punya harga yang sangat luar biasa. Pada tahun 2013, patung ini terjual dalam pelalangan dengan harga $4 juta (sekitar Rp58.7 miliar).

13. Mobil Aston Martin DB5 James Bond (Goldfinger)

via theguardian.com

Untuk membeli mobil yang pernah dikendarai Sean Connery ini, kolektor Harry Yeaggy mungkin rela menguras hampir seluruh isi dompetnya sampai habis. Pada tahun 2010 mobil ini dijual seharga $4.6 juta (sekitar Rp66.1 miliar) lewat hasil lelang di Inggris.

14. Robby the Robot (Forbidden Planet)

via newatlas.com

Banyak dari kamu mungkin kurang familiar sama kostum ini. Ini adalah kostum robot yang pernah muncul di serial televisi The Twilight Zone. Soal harganya? Kata fantastis mungkin bisa mewakilinya. Bukankah $5.37 juta (sekitar Rp77.1 miliar) memang harga yang fantastis?

15. Gaun Putih Marilyn Monroe (The Seven Year Itch)

via nydailynews.com

Andaikan saja kamu menemukan gaun yang pernah dipakai oleh Marilyn Monroe ini di pinggir jalan, lalu kamu menjualnya. Dijamin kamu nggak cuma bisa beli sepuluh gaun lain yang dibuat butik terkenal dari uang hasil penjualannya, kamu bahkan bisa beli beberapa butik sekaligus!

Asal kamu tahu, gaun Marilyn Monroe ini ternyata pernah terjual seharga $5.52 juta (sekitar Rp79.25 miliar).

Mahal bener ya 15 properti film di atas. Kalau uang hasil penjualannya dipakai beli bubur ayam setiap pagi, kira-kira cukup sampai berapa tahun tuh?! Apa kamu tertarik buat beli… hmm, gaunnya Marilyn Monroe?