3 Efek Psikologis yang Bikin Kamu Berubah Sikap di Keadaan Tertentu Plus Cara Menghadapinya

Dilansir dari Brightside, ini dia 3 efek psikologis yang berpengaruh terhadap tingkah laku seseorang. Tentu dilengkapi dengan trik menghadapinya agar kamu tak terjebak di dalamnya. Yuk, cari tahu!

1. Orang asing

via sharingdisini.com

Keberadaan orang asing ternyata besar pengaruhnya terhadap perilaku seseorang. Sebagai contoh, kamu akan biasa aja memakai baju kumal di dalam rumah, tapi kamu akan sangat nggak pede ketika memakai baju tersebut di luar rumah. Ini yang dinamakan teori Zajonc.

Contoh lain, kamu akan memberikan tempat duduk di bus umum untuk seorang nenek. Tapi jadi rancu apakah kamu benar-benar ingin menolong nenek tersebut atau hanya ingin tampak keren di hadapan orang asing.

Tips menghadapi: Tanyakan pada diri sendiri apakah yang kamu lakukan itu sesuai dengan keinginanmu? Atau kamu haya ingin menarik perhatian seseorang saja?

2. Lingkungan baru

via blog.bukupedia.com

Lingkungan baru juga membentuk perilaku yang berbeda pada seseorang. Efek Hawthorne berlaku di sini. Bisa jadi kamu akan lebih rajin dan lebih disiplin ketika berada di lingkungan baru. Namun kamu akan kembali ke perilaku awal jika lingkungan tersebut tak terasa baru lagi buat kamu.

Tips menghadapi: Cobalah lebih kritis dan berpikir jernih dimanapun kamu berada, jangan sampai lingkungan membuat kamu kehilangan jati diri.

Editor’s pick

  • Ini 3 Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Berhenti Melakukan Multitasking Sekarang Juga, Sebelum Terlambat!
  • Masih Mencari Tujuan Hidupmu? Yuk, Terapkan Konsep Ikigai Untuk Masa Depan Yang Lebih Bahagia
  • Sering Merasa Capek? 7 Makanan Ini Bisa Membantu Pulihkan Energimu Lho!

3. Masalah atau hal yang belum tuntas

via okezone.com

Hal yang belum selesai juga kerap berpengaruh terhadap diri seseorang. Kamu masih kepikiran dengan hal yang barusan kamu kerjakan namun belum selesai, sehingga kamu nggak bisa melakukan hal lain. Dalam hal ini berlaku efek zeigarnik.

Tips menghadapi: Selesaikan setiap hal hingga tuntas supaya nggak membebani pikiran. Usahakan untuk selalu menyelesaikan apapun yang kamu mulai.

Itu dia 3 efek psikologis yang ternyata sangat mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Semoga kamu bisa menghadapinya dengan tepat ya!