3 Game yang Ngajak Kamu Meningkatkan Skill Mengetik Cepat dengan Cara Asyik

Jawaban yang benarnya adalah kemampuan mengetik dengan cepat. Nggak peduli kamu itu anak sekolahan, mahasiswa, karyawan, atau pengangguran sekalipun, kemampuan yang satu ini mutlak dibutuhkan oleh siapa pun. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa mengetik cepat bisa membantu kamu menghemat 21 hari dalam satu tahun.

via 199Jobs

Kayaknya peribahasa “Alah bisa karena biasa” harus kita ingat saat berlatih mengetik dengan cepat. Kemampuan ini hanya bisa dikuasai selama kita mau berlatih terus-menerus. Tapi bagaimana cara melatihnya? Kamu bisa mengunjungi situs ini dan ketikkan kata kunci ‘learn fast typing‘ atau ‘latihan mengetik cepat’.

Di situs tersebut kamu bakal sering diarahkan untuk mengetik sejumlah kata dalam jangka waktu tertentu. Tapi biasanya sih baru beberapa menit sudah bosan, serius.

Berlatih mengetik cepat itu nggak harus dengan cara membosankan. Ada kok cara lainnya yang jauh lebih asyik: lewat game. Tentunya yang dimainkan bukan sembarang game, tapi game yang punya konsep seru untuk dimainkan secara terus-menerus.

1. ZType

via Product Hunt

Ingat game Galaga? Itu lho, game tembak-tembakan di luar angkasa yang menyuruh kamu menembak musuh yang datang ke arah kapalmu. Kalau lupa gamenya itu kayak gini nih.

via The AU Review

Nah, Ztype itu mirip kayak Galaga. Hanya saja kamu baru bisa menembak, kalau kamu mengetikkan kata yang ada di badan pesawat musuh. Seiring bertambahnya level, maka tingkat kesulitan juga semakin meningkat. Itulah yang bikin game ini nggak monoton

Misal, pesawat berukuran besar bisa mengeluarkan banyak pesawat mini yang nggak hanya berisi kata, namun juga berisi huruf. Selain itu kata yang muncul juga bakal semakin rumit dan panjang. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa langsung coba di sini.

Oh iya, game ini nggak hanya bisa kamu mainkan di PC, tapi juga bisa dimainkan di Android dan iOS juga.

2. Typeracer

via ehowportal.com

Gimana rasanya main mobil balap, tapi kecepatan mobil ditentukan dengan seberapa cepat kamu mengetik? Cuma di Typeracer kamu bisa merasakannya.

Kata-kata yang akan kita ketik biasanya diambil dari dialog-dialog yang ada di film atau buku. Game ini pun menyediakan tiga mode yang bisa kamu pilih: Enter a typing racePractice, dan Race your friends.

Pada mode pertama kamu akan dipasangkan dengan orang asing; mode kedua dikhususkan untuk berlatih; sedangkan di mode ketiga, kamu bisa berlomba melawan teman. Setelah perlombaan kamu juga bisa melihat analisis untuk mengetahui kecepatan mengetik per kalimat sekaligus kesalahan yang kamu lakukan. Nggak pengin nyoba nih? Coba yuk di sini.

3. Epistory – Typing Chronicles

Berbeda dengan dua game sebelumnya, game ini hanya bisa kamu mainkan setelah menebus sejumlah uang di Steam. Dengan kata lain, ini bukan game gratis. Eits, tapi jangan antipati dulu hanya karena kamu dengar “game berbayar”. Kalau dibandingkan dengan dua game sebelumnya, Epistory – Typing Chronicles jelas jauh lebih seru.

Game ini termasuk dalam genre role-playing action dan adventure. Nantinya kamu akan berperan sebagai seorang gadis kecil yang harus menghindari hadangan musuh dengan mengendarai rubah.

Selain setting yang mengambil tempat di dunia magis, hal keren dari game ini adalah grafiknya yang mirip seperti paper art gitu. Dari sisi gameplay, kamu nggak hanya diharuskan mengalahkan musuh dengan tarian jari-jemari di atas keyboard; tapi kamu juga harus memanfaatkan skill.

Harga normalnya ada kisaran Rp115.999. Tapi kalau kamu lagi nggak punya duit, masukin dulu ke wishlist dan tunggu sampai ada diskon.

Eh iya, kalau kalian punya rekomendasi game typing lainnya, bisa kok urun saran dengan menuliskannya di kolom komentar. Ditunggu, ya.