4 Fakta SWISSINDO, Sekte Baru yang Mengklaim Bisa Lunasi Hutang Indonesia dan Dunia

Masih soal hutang, beberapa waktu yang lalu muncul sekte baru di Indonesia yang berjanji menghilangkan masalah tersebut. Bahkan mereka juga akan bikin tajir para anggotanya. Lalu seperti apa sekte tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Hutang bukan masalah, sekte baru SWISSINDO mengklaim bisa melunasinya

Beberapa waktu yang lalu netizen sempat dibuat heboh dengan adanya sekte baru bernama SWISSINDO. Uniknya, sekte yang satu ini  mengklaim dapat melunasi hutang para anggotanya meskipun sebesar gunung. Dilansir dari Tribunews dan Vice, SWISSINDO sendiri bermarkas di Cirebon dan sudah memiliki banyak anggota dari luar negeri.

dokumen swissindo [image source]

Dilansir Detik, sejatinya UN SWISSINDO sendiri juga berpacu pada Pancasila, terutama sila kelima mengenai keadilan sosial pada seluruh rakyat Indonesia. Oleh sebab itu mereka ingin melunasi segala hutang siapa pun yang bergabung dengannya. Saat ini pun jumlah pengikut dari sekte ini makin bertambah dari berbagai daerah.

Bukan uang gaib, hutang akan dilunasi dengan harta Kerajaan kuno

Usut punya usut, bukan melalui jalan mistis sekte ini melunasi hutang para anggotanya. Ya, dengan menggunakan harta-harta Kerajaan kuno yang tersimpan di Indonesia, mereka mengklaim dapat melunasi hutang Indonesia bahkan penduduk dunia. Tak tanggung-tanggung, bahkan SWISSINDO menyatakan dengan harta tersebut bisa memberi masing-masing orang 6 juta dollar.

Harta karun [image source]

Oleh sebab itu beberapa waktu yang lalu sekte ini  membagikan surat tuntutan pelunasan hutang pada beberapa warga di Pati, Jawa Tengah tengah untuk dibawa ke bank. Alhasil pihak bank sempat mengalami kewalahan lantaran klaimnya tidak terbukti.

Sang pemimpin sekte yang diagungkan punya kesaktian

Namanya sebuah sekte, tentu ada pemimpin yang paling diagungkan. Begitu pula dengan UN SWISSINDO ini yang dipimpin oleh pria bernama Sugihartonotonegoro atau biasa dipanggil dengan sebutan M1 ( M one).  Dirinyalah yang mengklaim kalau diberikan petunjuk mengenai harta karung terpendam itu dan punya hak untuk mengelolahnya.

M1 Swissindo [image source]

Sebagai seorang pemimpin M1 juga diagungkan layaknya orang suci yang akan membebaskan hutang dunia. Bahkan dirinya siap jika harus berkonfontasi secara langsung dengan pihak bank atau siapa pun yang mau menantang. Bagi SWISSINDO, musuh utama dari sekte ini adalah konspirasi besar yang  membuat harta warga tak pernah selesai yang akan berakibat pada perbudakkan.

Tidak hanya di Indonesia, banyak orang luar yang kepincut

Meskipun mungkin berasal dari Indonesia, siapa sangka banyak pula pengikutnya dari luar negeri.  Misalnya saja Kimerie Teter, salah satu anggota asal California yang rela meninggalkan tempat kelahirannya hanya untuk bergabung dengan sekte ini. Usut punya usut, Kimerie Teter sendiri waktu itu terjerat dengan hutang sebesar 10 ribu dollar, namun setelah bergabung dengan SWISSINDO  semua tanggungannya lunas.

Swiss indo dan orang asing [image source]

Meskipun waktu diwawancara oleh VICE , pria tersebut tidak menunjukkan bukti komplit namun keyakinannya tetap dipegang. Lantaran jumlahnya yang banyak, sekte ini selalu melakukan pertemuan dan rapat setiap satu minggu sekali.

Sampai saat ini, masih belum ada keterangan secara resmi tentang kebenaran akan ajaran yang diajarkan itu oleh pihak berwajib. Wah seandainya benar apa yang diungkapkan pun, kira-kira bisa buat apa ya uang  $ 6 juta ya? Langsung nikah mungkin….