4 Misteri Bersejarah Dari Berbagai Belahan Dunia Yang Masih Belum Terungkap Hingga Kini

Keberadaan 4 misteri yang bakal kita bahas ini termasuk bahan yang menarik untuk dikaji oleh para ilmuwan, atau setidaknya, menarik untuk kita simak. Penasaran, ‘kan? Kalau gitu yuk langsung aja kita baca daftar yang dilansir dari Listverse berikut ini.

1. Mumi San Bernardo

via listverse.com

Saat itu tahun 1957, saat di mana Kota San Bernardo di Kolombia dihantam banjir besar yang bahkan sampai menyapu daerah pemakaman. Karena kejadian itu pula para pekerja kuburan harus memindahkan jenazah ke lokasi baru.

Namun dalam proses pencarian, mereka terkejut karena sebagian besar jasad yang ditemukan tidak membusuk meskipun sudah lama terkubur. Pemeriksaan selanjutnya mengungkap bahwa jasad-jasad itu termumifikasi secara alami meskipun penyebabnya belum diketahui. Lebih anehnya lagi, pakaian mereka juga masih dalam kondisi yang sangat baik.

Di keseluruhan jasad tidak ditemukan adanya tanda-tanda pembalseman seperti proses mumifikasi pada umumnya, sehingga para ahli pun dibuat kebingungan. Beberapa teori mengatakan hal ini ada kaitannya dengan buah guatila dan buah balu yang biasa dikonsumsi warga lokal saat diet. Ada juga yang berpendapat mumifikasi disebabkan oleh ketinggian daerah pemakaman dan cuacanya.

Namun, teori-teori tersebut sama sekali tidak menjawab mengapa pakaian mayat tetap dalam kondisi yang baik dan mengapa San Bernardo jadi satu-satunya kota dengan fenomena seperti ini. Sekarang, mumi-mumi itu dipajang di dalam kotak kaca di sebuah museum. Tidak ada proses pengawetan lebih lanjut yang dilakukan pihak museum. Dan tetap saja mayat-mayat itu menolak untuk membusuk.

2. Manuskrip Sibiu

via ancientpages.com

Manuskrip Sibiu berasal dari abad ke-15 tapi baru ditemukan pada tahun 1961. Terdiri dari 450 halaman yang hampir keseluruhan isinya membingungkan para ahli, manuskrip ini menggambarkan spesifikasi teknis mengenai balistik, artileri, dan roket multistage. Dokumen ini juga menjelaskan tentang roket mutitier yang sukses diluncurkan di depan ribuan penonton di kota Sibiu pada tahun 1555. Penulis dokumen ini, Conrad Haas, juga menyertakan gambar roket yang dia rancang dan bangun sendiri.

Manuskrip Sibiu diyakini sebagai dokumen pertama yang merinci ilmu bangunan roket. Haas juga mengemukakan ide pesawat ruang angkasa modern, bahan bakar roket, dan sayap delta. Sekarang pertanyaannya, bagaimana mungkin seseorang menemukan roket ratusan tahun sebelum astronot pertama kali pergi ke luar angkasa?

Editor’s Pick

  • Nggak Cuma Mona Lisa, 11 Lukisan Ini Juga Penuh Misteri
  • Wah, Para Peneliti Menemukan Lubang Misterius di Dalam Piramida Giza! Buat apa ya?
  • Gak Disangka, Tindakan Sepele 5 Tokoh Dunia Ini Ternyata Telah Mengubah Laju Sejarah

3. Tangga spiral di Kapel Loretto

via historicmysteries.com

Pada akhir 1870-an, arsitek Kapel Loretto di Santa Fe, New Mexico, meninggal secara tak terduga sebelum gereja selesai dibangun. Kemudian para pembangun menyadari bahwa tangga untuk loteng tempat paduan suara belum dibuat. Sebuah tangga standar tidak akan muat karena ukuran kapel yang kecil. Para tukang kayu pun kebingungan bagaimana cara membuat tangga dalam ruang yang kecil tersebut.

Para biarawati di kapel itu berdoa selama sembilan hari berturut-turut agar diberikan petunjuk oleh Tuhan. Setelah selesai berdoa, seorang pria berpenampilan aneh tiba-tiba muncul di depan pintu kapel, menawarkan dirinya untuk membangun sebuah tangga kecil. Tapi pria tersebut berpesan supaya tidak ada satu pun orang mengganggunya ketika ia sedang bekerja. Selama tiga bulan, pria misterius itu bekerja sendirian di dalam kapel dengan peralatan sederhana seperti gergaji, pengukur, kayu-kayu, dan air hangat. Ketika tangganya selesai, pria tersebut menghilang begitu saja tanpa pernah sekalipun menyebutkan namanya.

Tangga spiral yang dibangunnya berdiri setinggi 6,7 meter dan memutar dua kali sebelum mencapai loteng. Tangga itu nampak kokoh meskipun tidak ada paku atau penopang ditengahnya. Kayu yang digunakan pun bukan jenis kayu yang bisa ditemukan di daerah itu. Terlebih lagi, siapa dan bagaimana pria misterius membangun tangga kokoh dengan peralatan sederhana itu masih jadi tanda tanya.

4. Makam Gengis Khan

via listverse.com

Tidak lama setelah Gengis Khan menghembuskan napas terakhirnya pada tahun 1227, beberapa legenda tentang kematiannya mulai bermunculan. Beberapa ahli berspekulasi bahwa Khan meninggal setelah jatuh dari kudanya saat pertempuran melawan Tiongkok. Sedangkan yang lain percaya bahwa Gengis Khan meninggal karena pneumonia atau, teori alternatifnya, kehilangan terlalu banyak darah setelah dikebiri.

Ternyata bukan hanya penyebab kematian Khan yang masih menyimpan misteri, tempat peristirahatan terakhirnya pun hingga sekarang masih belum ditemukan. Legenda menceritakan kalau Khan berwasiat supaya dirinya dikubur di lokasi rahasia, dan para pengikut Khan yang menguburkannya memastikan rahasia itu tidak terungkap dengan cara membunuh semua orang yang melihat prosesi pemakaman.

Cerita yang lain mengatakan bahwa 1000 ekor kuda dipaksa berlari di atas makam Khan yang kemudian ditanami pohon di atasnya. Sampai sekarang, makam Gengis Khan masih terus dicari oleh para ilmuwan.

Itulah 4 misteri bersejarah dari beberapa negara yang masih belum terungkap hingga sekarang. Sebenarnya masih banyak misteri lainnya yang memiliki nilai sejarah dan gak kalah menarik, tapi mungkin kita bahas di lain kesempatan ya.