5 Batu Akik Paling Mahal di Dunia yang Populer di Indonesia

Tak hanya sekedar untuk barang koleksi, batu akik yang berharga mahal, bisa dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan di masa depan. Terlebih jika batu akik tersebut termasuk kategori batu permata termahal dan langka di dunia, tentu  memupunyai nilai jula yang fantastis. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah berikut ini.

Batu Akik Berlafaz ALLAH

Batu akik dengan bermotif lafadz Allah, telah lama menjadi sebuah perbincangan hangat dikalangan kolektor akik. Selain bentuknya yang menggambarkan tulisan arab dengan lafadz Allah, juga mempunyai harga jual yang sangat tinggi.

IMAGE

Armaya Natsir Siregar yang merupakan pemilik dari jenis batu tersebut, mengaku akan melepas salah satu koleksi uniknya tersebut dengan harga Rp 1 miliar. Sempat ada seorang kolektor yang telah menawar batu tersebut seharga Rp 200 juta, namun ditolak oleh dirinya.

Batu Akik Naga

Di Aceh, terdapat batu akik termahal dan terlangka yang dijual dengan harga fantastis. Yang unik, batu tersebut memunyai motif seperti ular naga yang terukir didalamnya. Tak tanggung-tanggung, pemilik batu yang bernama Darnuzi tersebut, berniat melepasnya seharga Rp 20 miliar!

IMAGE

Menurut Darnuzi, batu akik bermotif naga tersebut tidak sengaja ditemukan oleh dirinya saat jalan-jalan santai di kawasan wisata Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Batu akik bermotif naga tersebut juga pernah ditawar seharga Rp 3 miliar, namun tidak dilepas.

Batu Akik Nyi Roro Kidul

Selain motif naga, batu paling langka yang juga ada di Indonesia adalah jenis akik yang motifnya menyerupai Nyi Roro Kidul. Sosok wanita yang digambarkan di kisah-kisah rakyat sebagai ratu penguasa laut selatan tersebut, nampak terukir secara samar diantara corak warna-warni batu tersebut.

Akik bergambar nyi roro kidul menari

Bahkan, batu cantik yang sangat artistik tersebut, mempunyai nilai hingga Rp 5 milyar. Sepintas jika dilihat, batu tersebut mempunyai corak berwarna-warni yang sangat indah, Namun, jika diperhatikan dengan seksama, akan nampak sebuah obyek yang menyerupai seorang perempuan sedang menari.

Batu Akik Harimau

Tak salah jika Indonesia merupakan gudangnya batu akik yang unik dan aneh. Salah satu jenis batu mulia yang menakjubkan dan termahal, ternyata ditemukan di daerah Mandailing Natal, Sumatera Utara. Yang unik, batu tersebut mempunyai corak yang menyerupai kepala seekor harimau.

Batu akik yang dimiliki oleh A. Harahap tersebut, merupakan jenis batuan calcedony yang juga tergolong jenis akik paling dicari di Indonesia. Karena meruapakan warisan turun temurun dikeluarganya, A. Harahap bersedia melepas batu tersebut seharga Rp 1,5 miliar. Batu tersebut juga tergolong sebagai batu akik paling mahal d idunia.

Red Sunrise Ruby

Rekor batu akik termahal dan terbagus yang laku dengan harga tinggi, dipegang oleh jenis ruby yang bernama Sunrise Ruby. Dengan kadar yang mencapai 25,59 karat, batu akik yang berasal dari Mynamar tersebut berhasil terjual dengan harga Rp 397 miliar.

Termahal di dunia

Padahal, produsen perhiasan Cartier selaku pemilik dari batu tersebut, berharap agar terjula dengan harga Rp 154 miliar hingga Rp 236 miliar. Rumah lelang Sotheby’s yang berlokasi di Swiss, menjadi perantara pelelangan batu tersebut.

Tak salah jika Indonesia merupakan tempatnya batu akik paling mahal didunia. Demam batu akik yang melanda Indonesia beberapa waktu lalu, membuat banyak orang menjadi latah untuk ikut-ikutan menjadi kolektor. Yang harus diperhatikan, tidak semua batu akik tersebut mempunyai harga yang mahal. Kualitas bahan, corak dan keasliannya, harus menjadi prioritas utama agar tidak tertipu saat membeli.