5 Bau Badan yang Wajib Diwaspadai, Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit, Lho!

Padahal nggak sesederhana itu lho. Ada beberapa bau badan yang justru perlu diwaspadai karena merupakan tanda awal sebuah penyakit. Apa aja?

1. Napas seperti aroma buah-buahan

via panganpedia.com

Jangan anggap sepele aroma napas yang mirip aroma buah-buahan, karena bisa jadi tanda awal komplikasi diabetes. Lebih tepatnya ketoasidosis diabetes, yaitu penderita mengalami kekurangan insulin lantaran gula darah melonjak dan penderita akan terus menerus kencing.

Pola kencing yang berlebihan ini bisa memicu dehidrasi yang taruhannya nyawa. Jadi kalau mencium aroma buah dari mulut (diluar dari pasca makan buah), segera periksakan diri ke dokter ya!

2. Bau kaki yang menyengat

via boombastis.com

Kaki yang berbau busuk dan menyengat kerap dianggap sepele, biasanya karena lembap atau memakai kaos kaki basah. Tapi rupanya ini bisa jadi indikasi infeksi jamur, lho.

Jika sudah parah, bakteri bisa menyebar dan membuat tubuh makin gatal. Solusinya, amankan kaki dengan semprotan anti jamur supaya bakteri tidak menyebar.

3. Bau badan mirip ikan busuk

via sevendomino.com

Ada juga bau badan yang mirip dengan bau ikan busuk, hal ini disebabkan oleh sulitnya zat trimetilamina dipecah oleh tubuh. Zat ini berasal dari hati, telur, dan ikan yang sulit diuraikan sehingga menimbulkan bau busuk yang menyengat. Rupanya hal ini dilatarbelakangi oleh konsumsi kecambah dan brokoli yang berlebihan.

Jadi kalau kamu mengalami bau badan mirip ikan busuk, segera hindari brokoli dan kecambah untuk sementara waktu ya. Boleh dikonsumsi, asalkan masih dalam jumlah yang wajar.

Editor’s pick

  • Ternyata 8 Jenis Kotoran Telinga Ini Tunjukkan Kondisi Tubuh, Lho! Kamu Sudah Tahu?
  • Apa Bener Micin Bisa Bikin Otak Bodoh? Yuk Cari Tahu di 4 Fakta Tentang Micin ini!
  • Yuk Coba Turunkan Berat Badan di Kosan dengan 3 Cara Praktis Ini!
  • Ternyata Bau Badan di 5 Titik Ini Merupakan Pertanda Penyakit Serius lho, Jangan Abaikan Plis!

4. Bau badan seperti bau infeksi jamur di kaki

via tempo.co

Pernah merasakan bau badan seseorang yang mirip bau kaki? Ternyata ini merupakan mutasi genetik sehingga tubuh kekurangan enzim isovaleric. Enzim ini berperan dalam memecah asam amino leusin. Dan rupanya efek penyakit ini sangat besar, yaitu bisa menyebabkan cacat otak yang memicu kematian.

Buruknya lagi, penyakit ini belum ada obatnya. Namun untuk memperingan penyakit, sebaiknya hindari keju atau susu ya.

5. Bau badan mirip bau kubis rebus

via kompas.com

Bau badan lain yang perlu diwaspadai adalah ketika bau badan menyerupai kubis rebus. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak asam amino metionin di dalam tubuh. Asam amino ini diperoleh dari makanan berprotein tinggi seperti keju dan daging.

Kalau penyakit ini dibiarkan, maka tubuh akan mengalami lemah otot yang tentu buruk untuk kesehatan. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami ini ya!

Itulah 5 bau badan yang ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Plis, jangan disepelekan, guys!

Sumber: Boombastis