5 Foto Yang Sempat Viral Ini Ternyata Memiliki Cerita Palsu Di Baliknya, Yuk Cari Tahu Kebenarannya

Contohnya saja seperti 5 foto yang dirangkum dari Brightside ini. Dulunya sempat viral, tapi ternyata palsu.

1. Keanu Reeves lari setelah mengambil kamera paparazzi

via brightside.me

Foto yang satu ini sempat viral karena banyak orang yang menyangka kalau Keanu Reeves memang menjahili paparazi yang mengambil gambarnya tanpa izin. Namun, itu nggak benar. Foto yang kamu lihat di atas merupakan cuplikan film Generation Um… yang dibintangi Keanu Reeves. Dalam film tersebut ada adegan di mana Keanu mengambil kamera dari koboy lalu berlari, sambil tersenyum girang, seolah-olah mencuri kamera milik orang lain itu kegiatan yang super asyik.

2. Foto PM Jerman yang diblur rambutnya ketika berkunjung ke Arab Saudi

via brightside.me

Beberapa media menayangkan berita dimana Kanselir Jerman Angela Merkel dengan rambut yang disamarkan ketika berkunjung ke Arab Saudi. Banyak yang berpendapat itu karena budaya Arab Saudi yang mengharuskan perempuan menggunakan jilbab. Namun, yang sebenarnya terjadi justru sebaliknya. Seluruh media Arab menayangkan Angela Merkel secara penuh tanpa blur sama sekali. Dan memang diketahui bahwa Arab Saudi menghormati pilihan wanita Eropa dan tidak mengharuskan mereka menggunakan jilbab ketika melakukan kunjungan politik.

3. Keluarga di Tiongkok dengan anak-anak yang memiliki wajah berbeda

via brightside.me

Foto model Tiongkok ini sepertinya sudah dikenal di mana-mana karena penyebarannya di dunia maya. Foto yang ternyata diambil untuk kepentingan iklan ini dianggap serius oleh banyak warganet. Pada akhirnya model perempuan asal Tiongkok yang ada dalam foto dituduh melakukan operasi plastik, sehingga ia dan suaminya punya anak dengan wajah yang jauh berbeda.

Namun, nasi sudah menjadi bubur. Setelah iklan dirilis, model tersebut mengaku sering mendapat kritikan dan hujatan di dunia maya karena fotonya tersebut. Kasihan sekali, ya.

4. Restoran palsu yang mendapat rating tertinggi di TripAdvisor

via brightside.me

Seorang jurnalis asal Inggris membuat restoran palsu di belakang rumahnya. Tak hanya cerita soal restorannya, tapi dia juga membuat foto dari makanan di restoran fiktif tersebut. Jurnalis tersebut membuat makanannya dari sponge hingga deterjen. Hasil fotonya lumayan bikin ngiler, sih. Setelah itu, ia juga membuat ulasan palsu di situs populer TripAdvisor.

Tak disangka, banyak orang yang sangat ingin mencoba makanan di restoran fiktif itu. Tak hanya dari dalam negeri, turis mancanegara pun ngebet pengin datang dan mencoba makanan di sana. Antusiasme yang diperoleh membuat sang jurnalis harus membuka restoran selama satu hari agar orang yang datang tidak kecewa. Dan saat itulah kedok restoran fiktifnya terbuka

5. The Simpsons memprediksi terpilihnya Donald Trump Menjadi Presiden

via brightside.me

Ketika Donald Trump memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat, para pengguna Twitter digemparkan oleh beredarnya foto cuplikan film animasi The Simpsons yang sudah memprediksi hal tersebut sejak tahun 2000. Dalam episode Bart to the Future, diperlihatkan bagaimana adegan yang sangat mirip dengan kejadian nyata yang terjadi ketika perayaan kemenangan Presiden Trump.

Namun, yang sebenarnya terjadi pada episode tersebut adalah Bart Simpson melakukan time traveling ke tahun 2030. Di masa depan, ia melihat saudara perempuanya, Lisa, sudah jadi wakil presiden dari Trump. Walaupun acara ini secara akurat memprediksi Trump akan menjadi presiden, tapi gambarnya sendiri merupakan hasil editan dari fans. Yup, itu bukan cuplikan film The Simpsons yang sebenarnya.

Nah, setelah melihat 5 foto yang sempat viral tapi memiliki cerita palsu di baliknya, baiknya kita memang jangan langsung percaya dengan apa yang ada di internet ya. Viral belum tentu benar; yang benar belum tentu viral. Jadi, buat kamu yang suka berselancar di internet, temukan dulu bukti kuat atas segala sesuatu sebelum memberikan rasa percaya kamu.