5 Game Bercocok Tanam Selain Harvest Moon yang Layak Kamu Jadikan Candu

via n3rdabl3.com

Pengembangan game ini masih berlanjut sampai sekarang dengan judul Harvest Moon: Light of Hope untuk PC, PS4, dan Switch.

Gameplay-nya yang ringan dan grafisnya yang lucu membuat game ini cocok dikonsumsi oleh segala kalangan, mulai dari tua, muda, cewek, sampai cowok. Nah, kesuksesan game ini mampu membuat beberapa developer terinsipirasi untuk mengadopsi gameplay dari Harvest Moon. Mulai dari yang hanya sebagian sampai ada yang benar-benar mirip.

Kira-kira game apa saja yang mirip dengan Harvest Moon dan bisa bikin pemainnya kecanduan? Ini dia daftarnya.

1. Big Farm

Nggak punya PC yang mumpuni atau konsol untuk bermain game tapi kangen berat sama Harvest Moon? Sepertinya kamu bisa mencoba memainkan game ini, deh. Sama-sama berkebun, bertani, dan berternak, hanya saja bermodalkan klik-klik khas game browser.

Kalau kamu ingat sama Farmville atau mungkin dulu pernah main, permaninannya mirip seperti itu kok. Di game ini nantinya kamu juga akan mendapat misi yang bisa kamu selesaikan untuk mendapatkan hadiah-hadiah tertentu. Selain itu kamu juga bisa memperluas lahan pertanian, membeli kandang hewan ternak, dan bergabung dengan komunitas untuk saling membantu satu sama lain.

Kalau kamu tertarik ingin memainkan game ini, cukup kamu akses link ini lewat browser seperti Chrome atau Firefox, maka kamu sudah bisa memainkan game ini.

2. Shepherd’s Crossing 2

Secara mekanisme dan gameplay, game ini bisa dibilang versi realistis dari Harvest Moon. Sama-sama bertani dan berternak, bisa nikah, memperluas rumah, namun yang membedakan adalah kamu bisa memperluas lahan pertanian milikmu sehingga bisa menampung lebih banyak tanaman dan hewan ternak, membunuh hewan ternak untuk dimasak atau dijual, dan memiliki varian tanaman yang beragam. Bahkan cara memproses hasil panen pun bervariasi tergantung apa yang ingin kamu dapatkan.

3. Rune Factory 4

Meski ada unsur tanam-menanam seperti Harvest Moon, namun hal tersebut tidak menjadi gameplay utama dari game ini karena genre dari game ini bukan simulasi, melainkan adventure. Yang mirip dengan Harvest Moon mungkin dari sisi farming, exploring, dan menikah. Kamu bakal lebih fokus crawling dungeon mengalahkan musuh dan mengumpulkan bahan untuk di-crafting. Hasil crafting tersebut yang akan kamu gunakan untuk berpetualang.

Editor’s Pick

  • Jangan Ngaku Pencinta RPG Kalau Kamu Belum Pernah Main 7 Game RPG Terbaik Ini
  • Heartbreak High, Game yang Bakal Menyuruh Kamu Putus Sama Semua Pacar di Sekolah
  • Akankah Pokemon Quest Menjadi Minecraft Versi Pokemon?
  • Nggak Mau Kalah dari Sony, Tiga Raksasa Ini Juga Bakal Memperlihatkan Game Terbaru Mereka di E3 2018

4. Animal Crossing: New Leaf

Kalau kamu mencari game simulasi yang full simulasi, mungkin Animal Crossing adalah jawabannya. Berbeda dengan Harvest Moon yang fokus pada simulasi kehidupan di lahan pertanian, pada game ini kamu memegang kendali penuh akan semua hal yang terjadi pada karaktermu. Di game ini kamu menjadi seorang walikota dari sebuah kota kecil yang jarang diketahui oleh turis.

Tugasmu adalah mengubah kota ini menjadi surga idaman para wisatawan. Kamu juga bisa membangun beberapa infrastruktur seperti landmark atau jembatan untuk mempercantik kotamu. Cocok nih kalau kamu ada ambisi atau cita-cita terselubung jadi walikota.

5. Stardew Valley

Bicara soal Harvest Moon nggak akan lengkap kalau nggak bahas game ini. Bahkan kalau dibandingkan dengan 4 game sebelumnya, Stardew Valley adalah yang paling mirip dari semua aspek. Dari sisi tampilan dan gameplay, bisa dibilang semacam cloning dari Harvest Moon namun lebih kaya fitur.

Semua yang kamu jumpai di Harvest Moon ada semua di game ini. Mulai bercocok tanam, memelihara hewan ternak, sampai menikah. Selain itu kamu juga bisa membuat item baru melalui crafting dan eksplorasi dungeon untuk mengalahkan monster.

Kalau kamu sedikit bosan dengan Harvest Moon, pelarian yang paling masuk akal kalau mencari yang paling mirip ya cuma game ini. Dijamin nggak kalah candu, kok.

Dari 5 game tersebut, yang penulis paling rekomendasikan sebagai pengganti Harvest Moon adalah Stardew Valley. Namun, apabila kamu punya pendapat lain, silahkan tulis di kolom komentar, ya.