5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Galau dengan Masa Depan

Misalnya kamu harus berjuang di kampus yang bener-bener nggak kamu sukai jurusannya. Kamu merasa salah langkah karena mengambil jurusan yang menurut kamu sesat. Atau kamu terlanjur bekerja di perusahaan publik yang sebenernya bukan passion kamu. Iya gajinya gede tapi kamu nggak merasa bahagia disana. Ujung-ujungnya kamu jadi galau sendiri dengan masa depan kamu. Galau sendiri dengan pilihan yang pernah kamu buat.

Nah, kalau kamu lagi ngalamin keadaan yang nggak mengenakkan kayak contoh diatas, kamu bisa coba baca beberapa tips di bawah ini. Meski mungkin nggak 100 persen membantu, tapi paling nggak bisa mengobati kegalauanmu akan masa depan.

1. Kamu nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan sana

via shutterstock.com

Satu hal penting yang harus kamu ingat, kamu nggak akan pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di depan sana. Ada banyak kemungkinan yang terjadi saat kamu berani mengambil langkah penting buat hidup kamu sendiri. Kemungkinannya tentu bisa baik dan bisa buruk. Tapi ketika kamu mantap untuk memilih ganti jurusan sesuai minat kamu atau bahkan bertahan dengan pekerjaan yang menurut kamu nggak baik saat ini, paling nggak kamu nggak akan lagi merasa galau dengan hidupmu sendiri. So, segera tentukan pilihan dan langkah ya!

2. Coba bertahan di zona yang kurang nyaman

via ibunda.id

Karena lagi galau, kamu merasa hidupmu saat ini sama sekali nggak nyaman. Kamu nggak bebas dan nggak bahagia sama sekali. Tapi kamu harus tahu kalau hidup itu emang nggak selamanya nyaman. Kamu nggak selamanya punya uang atau dikelilingi sama temen-temen yang mendukung. Jadi belajar untuk bertahan di zona yang kurang nyaman akan membuat kamu lebih tertempa untuk menerima lika-liku hidup yang sebenarnya. Intinya, kalau mau mengejar kebahagiaan ya harus siap dengan ketidaknyamanan. OK?

3. Masih ada waktu buat mengejar impian dan masa depan

via squarespace.com

Berapapun umur kamu saat ini, kamu masih punya waktu kok buat mengejar keahagiaanmu sendiri. Tapi ingat, waktu yang kamu punya nggak sebanyak yang kamu kira. Umur cepet banget berlalu dan mendadak kamu menemukan dirimu tua dan kamu belum melakukan apa-apa. Jadi ketimbang galau terus sama masa depan, mending mulai dengan langkah awal buat menggapai masa depan gemilang, yuk. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan saat ini untuk mreaih bahagia di masa depan.

4. Luangkan waktu untuk diri sendiri

via idntimes.com

Saat merasa galau dan bingung dengan masa depan, coba deh luangkan waktu buat diri sendiri dulu. Kamu perlu merenung dan mencatat hal-hal yang kamu suka dan nggak kamu suka. Hal-hal baik yang udah kamu punya dan impian-impian kamu di masa mendatang. Ketika tahu apa yang bisa bikin kamu bahagia di depan sana, kamu nggak akan bigung lagi buat mengambil keputusan kok.

5. Yakin, bahwa semua orang berhak untuk bahagia

via hipwee.com

Terlepas dari rasa syukur atas apa yang kamu punya, kamu perlu yakin bahwa tiap orang berhak buat bahagia. Tiap orang berhak untuk sukses dengan caranya masing-masing. Kalau kamu nggak bahagia dengan jalanmu saat ini, buat apa dipaksakan? Segera perbaiki masa depanmu karena bahagia itu milik semua orang.

Semoga nggak ada lagi ya acara galau sama depan. Yakinlah kalau masa depan ada di tanganmu dan kamu sendiri yang bisa mengubahnya menjadi cemerlang atau malah hilang. Jangan lupa berdoa juga, guys!

Sumber: Lifehack