5 Hal yang Membedakan Pokémon Yellow dengan Versi Remakenya, Pokémon Let’s Go!

Kok ada dua?

Tenang saja, perbedaan antara versi Pikachu dan Eevee nantinya hanya terletak pada pokemon starter yang akan kamu dapatkan pada awal petualangan. Selebihnya sama semua sih.

Lalu apa perbedaan antara Pokémon Yellow dengan penerusnya ini??

1. Gameplay

Nintendo menawarkan sesuatu yang baru pada Pokémon: Let’s Go ini. Kamu dapat memainkannya dengan single Joy-Con, handheld mode, atau pun menggunakan perangkat tambahan yang berbentuk seperti Pokeball.

via polygon.com

Nantinya kamu dapat menggerakkan karaktermu dengan Joy-con atau Pokeball untuk menangkap pokemon, memilih serangan, atau berinteraksi dengan dunia dalam game.

Meski bisa dibilang versi remake dari Pokémon Yellow, tak menutup kemungkinan jalan cerita Pokémon: Let’s Go nanti akan berbeda. Pada dasarnya sih jalan ceritanya mengikuti apa yang ada di Yellow, tapi bakal ada penambahan dan penyesuaian sendiri.

2. Pokemon

Alola form via pokemongohub.net

Dari sisi Pokemon tak ada yang berbeda, keduanya sama-sama memiliki 151 jenis Pokemon yang bisa kamu tangkap. Hanya saja di Pokémon: Let’s Go, kamu bisa menemukan versi alola mereka. Sesuatu yang nggak bakal kamu dapatkan di Pokemon Yellow, karena versi alola sendiri memang baru muncul pada seri Pokémon Sun dan Pokémon Moon yang baru rilis dua tahun lalu.

Editor’s Pick

  • Awas, Akun Game Onlinemu Juga Rentan Dibobol Hacker, Lho!
  • 7 Desain Karakter Populer di Video Game yang Punya Cerita Menarik di Balik Pembuatannya
  • Jangan Ngaku Pencinta RPG Kalau Kamu Belum Pernah Main 7 Game RPG Terbaik Ini
  • Antara Memu, BlueStacks, dan Nox, Emulator Mana yang Lebih Mantep Buat Gaming?

3. Mekanisme penangkapan

via polygon.com

Seperti yang sudah kita ketahui pada game-game Pokemon RPG sebelumnya, ketika kita ingin menangkap pokemon liar, kita harus bertarung terlebih dulu untuk melemahkannya sehingga dapat memperbesar peluang untuk menangkap pokemon tersebut.

Akan tetapi untuk Pokémon: Let’s Go, mekanisme penangkapannya lebih mirip dengan Pokémon Go, bukan seperti Pokemon genre RPG sebelumnya. Jadi kamu tak perlu repot-repot bertarung dengan pokemon liar. Tinggal tentukan timing dan lempar pokeball.

Kamu dapat mengayunkan Joy-con dan Pokeball Plus atau memanfaatkan sensor gyro kalau kamu menggunakan mode handheld di Switchmu. Selain itu, pokemon liar nggak tersembunyi di semak-semak, jadi kamu bisa melihatnya dengan jelas sebelum memutuskan untuk menangkapnya.

Oh iya, kamu bisa mengajak temanmu untuk menangkap Pokemon bersama-sama dengan menggunakan joy-con satunya. Dan setiap pokemon yang kamu tangkap nantinya akan memberimu experience point.

4. Battle

via polygon.com

Meskipun kamu tak perlu bertarung dengan pokemon liar, tapi kamu masih tetap dapat bertarung dengan trainer atau pemain lain dengan menggunakan jaringan lokal atau Wi-Fi. Hanya saja kamu tidak bisa melakukan competitive ranked battles, melainkan hanya casual battle biasa.

Selain itu kamu juga dapat mengajak temanmu untuk bertarung bersama-sama mengalahkan lawanmu. Untuk pertarungannya sendiri, Pokémon Let’s Go masih menganut sistem Combat Power seperti yang ada di Pokémon Go.

5. Transfer Pokemon

via knowyourmeme.com

Kamu dapat memindahkan pokemon milikmu di Pokémon Yellow dengan menggunakan Pokemon Bank, sejenis aplikasi berbayar tambahan di Nintendo 3DS yang dapat membantu memindahkan pokemon yang kamu miliki di lain versi. Misal kamu memindahkan Pikachu yang kamu miliki di Pokémon Yellow ke penyimpananmu yang ada di Pokémon Sun.

Akan tetapi pada Pokémon: Let’s Go, kamu tidak perlu menggunakan itu. Dengan catatan, kamu hanya dapat memindahkan pokemon yang kamu tangkap di Pokémon Go ke penyipananmu yang ada di Pokémon: Let’s Go. Tidak berlaku sebaliknya.

Hmm, ternyata perbedaan antara Pokémon Yellow dan versi remake ini bisa dibilang dapat membuat permainan lebih seru ya. Ada yang tertarik untuk membelinya? FYI, Pokémon Let’s Go dapat kamu tebus dengan harga $59.99 (sekitar Rp835 ribu), sedangkan untuk Pokeball Plus sekitar $50 (sekitar Rp696 ribu).