5 Kejadian Aneh dan Seram di Istana Kepresidenan yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Mulai dari penampakan makhluk yang tak biasa, hingga televisi yang menyala dan mati dengan sendirinya. Percaya, tidak percaya, sampai sekarang banyak orang menganggapnya tempat yang angker. Lalu se seram apa sih istana itu? Simak ulasan berikut.

Suara alat-alat musik di areal kamar mandi istana yang datang dan pergi

Alat muski misterius [image source]

Siapa sangka beberapa orang sempat menuturkan mendengar suara-suara musik aneh di areal istana. Padahal keadaan sangat sepi dan hanya beberapa staf yang bertugas di sana. Konon suara musik yang terdengar itu tidak hanya menggunakan satu alat saja, namun layaknya sebuah kolaborasi atau orkestra. Ketika di telusuri, ternyata sumber suara berasal dari kamar mandi di yang ada di sana. Yang bikin kaget, setelah dibuka tidak ada satu orang pun di sana, dan suara tiba-tiba hilang seketika. Merinding juga ya dengarnya.

Televisi yang menyala dan mati sendiri tanpa ada orang yang melihatnya

Televisi aneh [image source]

Saat presiden Abdurahman Wahid alias Gusdur menjabat, keluarga beliau mengaku sering diganggu hal-hal aneh ketika mendiami istana. Misalnya hawa dingin yang tiba-tiba selalu bikin merinding mereka yang ada di sana. Namun yang paling tidak dapat dilupakan oleh anak-anak Gusdur, adalah kisah misteri TV yang selalu menyala dan mati sendiri tanpa sebab yang jelas. Tak jarang saat dipakai pun channel bisa ganti dengan sendirinya. Oleh sebab itu dulu, para staf mengaku sangat takut jika harus membersihkan lantai  4 dan 5. Selain karena misteri TV tadi, juga sering muncul suara-suara aneh.

Marmer yang tiba-tiba pecah tanpa ada penyebab yang jelas

Marmer hancur tiba-tiba [image source]

Tepatnya pada tahun 2012, Indonesia sempat heboh lantaran sebuah kejadian aneh yang terjadi di istana negara. Saat Albert Hasibuan dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden, setelah pengesahan ditandatangani  meja marmer yang jadi alas, tiba-tiba hancur seketika. Padahal marmer setebal 2 cm itu sama sekali tidak disentuh oleh siapapun. Jika ditengok keadaannya, seolah dihantam oleh sebuah benda keras sehingga hancur berkeping-keping. Alhasil semua orang yang ada di sana melongo dan sampai sekarang masih menjadi pertanyaan besar mengapa bisa terjadi. Sebagian berpendapat kalau hal itu ulah makhluk halus.

Barisan suara tentara yang tidak pernah diketahui dari mana asalnya

Tentara hantu [image source]

Tak kalah seram dengan yang lain, di istana Yogyakarta juga menyimpan cerita menarik. Banyak yang bilang sering melihat penampakan, alhasil Paspampres sempat meminta bantuan paranormal untuk mengusirnya. Usut punya usut, kejadian ini terjadi lantaran pusaka dan kitab kuno yang ada di dalamnya. Namun yang paling menarik perhatian adalah cerita seram para tentara tak kasat mata yang derap langkah kakinya sering terdengar di sekitar sana.

Hantu cerutu yang selalu ada di ruangan mantan presiden Soeharto

Soeharto dan cerutu [image source]

Kisah lain yang tak kalah seram adalah mengenai hantu cerutu yang sering seliweran di areal istana. Ya tepatnya di bekas ruang kerja Soeharto di bina graha, sempat tercium bekas seseorang membakar cerutu dan puntung rokok berserakan. Padahal kenyataannya ruangan tersebut selalu kosong karena sudah tidak digunakan. Belum lagi sering terdengar jejak langkah kaki setiap kali kejadian itu terjadi. Banyak staf beranggapan kalau hantu cerutu misterius itu berhubungan dengan Soeharto yang juga dikenal punya hobi serupa. Namun bagaimana lagi, kalau masalah beginian tidak ada yang bisa memastikan.

Meskipun terkenal dengan berbagai cerita gak logis yang ada di sana, sampai sekarang istana-istana presiden itu tetap digunakan. Bahkan jadi kediaman sehari-hari presiden Jokowi. Memang, terlepas dari segala hal mistis yang ada, istana presiden adalah bagian warisan budaya Indonesia.