5 Negara dengan Umur Tersingkat Sepanjang Sejarah, Ada yang Kurang dari 24 Jam!

Nah, lain lagi halnya dengan 5 negara yang akan kita bahas di artikel ini. Umur kelima negara ini begitu singkat karena terpecah lagi tak lama setelah memproklamirkan kemerdekaannya. Bahkan sejarah pernah mencatat satu negara yang umurnya kurang dari 24 jam saja. Penasaran sama lima negara yang dimaksud? Yuk langsung kita simak daftarnya.

1. Saskatchewan, 62 hari

via howstuffworks.com

Pernah dengar tentang negara Saskatchewan? Kalau pernah, berarti kamu termasuk orang yang tahu banyak tentang sejarah Kanada. Asal usul tentang Saskatchewan berawal saat pemerintah Kanada memperluas pembangunan rel kereta api ke bagian Barat negara. Para penduduk asli yang tak mau daerahnya diganggu oleh pemerintah pun berusaha mempertahankan hak mereka. Maka lahirlah pemberontakan yang disebut Northwest Rebellion. Salah satu pemimpin dari gerakan tersebut yaitu Louis Riel, seorang pria dari etnis Metis dan keturunan Kanada-Perancis.

Pada tahun 1885, Riel mendirikan Provisional Government of Saskatchewan di daerah yang dihuni oleh etnis Metis. Tapi negara yang didirikannya hanya bertahan 62 hari saja. Pada musim semi di tahun yang sama, pasukan Kanada beberapa kali menyerang Saskatchewan yang akhirnya menghentikan pemberontakan Northwest. Riel akhirnya ditangkap dan dijatuhi hukuman gantung.

Setelah peristiwa tersebut Riel dianggap sebagai pengkhianat oleh masyarakat koloni Kanada. Tapi bagi penduduk etnis Metis, Riel merupakan seorang pahlawan.

2. The Democratic Republic Of Yemen, 48 hari

via en.wikipedia.org

Saat terjadi perang sipil di Yaman pada tahun 1993 antara kubu Utara dan Selatan, mantan Wakil Presiden Ali Salim al-Beidh terbang ke Aden (kota di bagian Selatan Yaman). Ia berniat untuk memperkuat pemerintahan Yaman Selatan yang dianggap lemah. Keterlibatan al-Beidh dalam perang sipil berujung pada pertempuran tank di tahun 1994 dan pendirian negara Democratic Republic of Yemen beberapa saat setelahnya.

Mengetahui hal ini, Dewan Keamanan PBB menuntut gencatan sejata untuk mencegah konflik yang lebih luas. Tuntutan tersebut dianjurkan supaya PBB bisa menginvestigasi situasi konflik di Yaman pada saat itu. Tapi pertempuran tak kunjung mereda.

Pada 7 Juli 1994, pasukan Utara akhirnya berhasil mengambil alih Aden (ibukota DRY) dan menghentikan perlawanan kelompok al-Beidh. Democratic Republic of Yemen pun runtuh 48 hari setelah didirikan.

3. Bavarian Soviet Republic, 27 hari

via toptenz.com

Sebelum menjadi Bavarian Soviet Republic, Bavaria merupakan bagian negara Jerman yang memiliki sistem pemerintahan monarki (kerajaan). Runtuhnya pemerintahan monarki Bavaria disebabkan oleh serangan pada 7 November 1918 yang didalangi oleh Kurt Eisner, anggota Partai Sosialis Independen Jerman. Eisner pun akhirnya dinobatkan jadi Presiden Bavaria. Tapi setelah kalah di pemilihan umum selanjutnya, tanggal 21 Februari 1919 Eisner ditembak mati oleh seorang pendukung kerajaan.

Kepanikan yang terjadi di dalam anggota Partai Sosialis Independen memaksa untuk mengukuhkan kekuasaan. Dua minggu setelah kematian Eisner, Partai Sosialis Independen secara resmi menyatakan Bavarian Soviet Republic sebagai pemerintahan baru di Bavaria. Presiden baru mereka Ernst Toller dilantik bersamaan dengan peresmian negara pada tanggal 6 April 1919.

Tapi itu pun tak berlangsung lama. Bavaria akhirnya kembali ke dalam kekuasaan Jerman pada tanggal 3 Mei 1919.

Editor’s Pick

  • Nggak Cuma Misterius, 5 Kapal Hantu Ini Juga Punya Kisah Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding
  • Mengintip 10 Penemuan & Momen “Pertama Kali” Yang Tercatat Dalam Sejarah, Beda Banget Sama Sekarang!
  • 7 Pernikahan Manusia Dengan Benda Mati Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Heran Dan Geleng-Geleng Kepala

4. Republic of Connacht, 12 hari

via de.wikipedia.org

Republic of Connacht didirikan pada masa pemberontakan Irlandia terhadap pemerintahan Britania di tahun 1798. Pendirinya bukanlah orang Irlandia, melainkan Jenderal Prancis, Jean Humbert. Humbert sengaja ikut terlibat dalam konflik Inggris-Irlandia tersebut untuk mengganggu kestabilan pemerintahan Britania sekaligus memerdekakan penduduk Irlandia. Pada 22 Agustus 1798, Humbert tiba di County Mayo, Irlandia, dengan 1100 pasukan sembari mengklaim bahwa dia akan membawa “kemerdekaan, kesetaraan, persaudaraan, dan persatuan” bagi orang Irlandia.

Lima hari setelah kedatangannya, Humbert dan pasukannya berhasil mengambil alih daerah Killala, Ballina, dan Castlebar dari pasukan Britania. Di Castlebar, Humbert mendirikan Republic of Connacht dan mendaulat orang asli Irlandia, John Moore, sebagai presidennya.

Pada 8 September Humbert beserta 1850 tentara dan sekutunya bergerak menuju Longford. Nahas, di perjalanan mereka bertemu pasukan Inggris yang jumlahnya lima kali lebih banyak. Pertempuran pun tak terelakkan. Humbert berserta pasukannya akhirnya menyerah yang berimbas pada runtuhnya Republic of Connacht.

5. Carpatho-Ukraina, kurang dari 24 jam

via encyclopediaofukraine.com

Carpatho-Ukraine mungkin jadi satu-satunya negara dalam daftar yang didirikan dengan cara memanfaatkan kekacauan pemerintahan akibat Perang Dunia II. Tapi sayangnya, pemerintahan Carpatho-Ukraine tak berlangsung lama, bahkan kurang dari 24 jam.

Pendirian Carpatho-Ukraine awalnya dipicu oleh melemahnya pemerintahan Cekoslovakia akibat invasi Nazi di tahun 1938. Akibat ketidakstabilan negara, Transcarpathia (bagian Cekoslovakia) menuntut kekuasaan otonom yang lebih besar kepada pemerintah. Tapi setelah itu, kekacauan malah semakin bertambah dengan direbutnya beberapa bagian negara oleh Hungaria. Memanfaatkan nasib negaranya yang tak pasti, Transcarpathia akhirnya memerdekakan diri dan menjadi Carpatho-Ukraine yang dipimpin oleh Avhustyn Voloshyn pada Maret 1938.

Namun keputusan tersebut nampaknya terlalu dini. Permohonan dukungan militer yang dilakukan Voloshyn kepada Hitler tak digubris. Lemahnya pertahanan menjadi alasan utama Hungaria yang langsung menginvasi Carpatho-Ukraine di hari kemerdekaannya.

Keberadaan 5 negara tadi mungkin tak sempat mendapat pengakuan dunia. Tapi cerita tentang umurnya yang cenderung singkat cukup menarik untuk kita simak, iya nggak? Apa kamu tahu negara dengan umur tersingkat lainnya?