5 Pertanyaan Sederhana Di Kehidupan Kita Ini Sampai Sekarang Masih Jadi Misteri

1. Penyebab Terjadinya Petir

Via: cdn.newsapi.com.au

Akhir-akhir berbagai daerah di Indonesia lagi rutin diguyur hujan. Gak cuman itu, hujan ini pun sering disertain sama suara petir yang menggelegar. Kamu tahu gak? Penyebab terjadinya petir sampai sekarang masih jadi perdebatan para ilmuwan loh. Beberapa ahli mengatakan petir terjadi dikarenakan ketika partikel-partikel es yang ada di dalam awan saling bertabrakan, partikel tersebut pecah menjadi partikel kecil yang mengandung arus listrik negatif dan partikel besar yang mengandung arus listrik positif. Gaya gravitasi membuat partikel kecil tadi turun ke bumi, sedangkan partikel besar terangkat ke atas. Hal ini lah yang bikin keadaan jadi gak seimbang dan menyebabkan terjadinya petir. Sayangnya, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, teori ini belum bisa dibuktikan secara valid. Makanya penyebab terjadinya petir sampai sekarang masih jadi misteri.

2. Kenapa Kita Suka Dengerin Musik?

Via: ak8.picdn.net

Pernah kepikiran gak jangan-jangan bukan cuma manusia yang berevolusi, tapi musik juga? Perkembangan musik dari jaman ke jaman, mulai dari sekadar dentuman hingga musik orkestra sampai adanya musik EDM, pastinya selalu aja ada manusia yang menyukai setiap jenis musik tersebut. Bisa jadi hal ini memang benar sih, soalnya banyak banget bukti yang menunjukan kalau musik sudah disukai sejak dulu. Salah satu buktinya terdapat di dalam karya Shakespeare yang berjudul Twelfth Night, dimana Shakespeare bilang kalau musik adalah “makanannya cinta”.

Sayangnya, sampai sekarang kita gak pernah tahu apa alasan spesifik yang menyebabkan musik bisa disukai secara universal oleh manusia bahkan hewan. Jangan-jangan evolusi manusia terjadi berbarengan dengan evolusi musik?

3. Kenapa Es Bisa Licin?

Via: schenckmansion.com

Awalnya para ilmuwan berpendapat bahwa penyebab es terasa licin adalah tekanan yang dihasilkan beban yang ada di atas es tersebut. Misalnya, ketika seorang atlet ice skating meluncur di permukaan es, maka tekanan dari beban berat badan si atlet lah yang menyebabkan es menjadi licin. Tapi kesimpulan ini ternyata tidak terbukti benar secara ilmiah loh, karena setelah dilakukan penelitian lebih jauh ditemukan fakta bahwa, berat badan manusia pada umumnya gak cukup kuat buat bikin permukaan es menjadi licin. Jadi kenapa ya es itu bisa terasa licin?

4. Gimana Sih Cara Kerja Sepeda?

Via: pixabay.com

Siapa sih yang gak suka jalan-jalan santai pakai sepeda? Pasti semua suka. Tapi, apa kita tahu gimana cara kerja sepeda yang sebenarnya? Selama ini para ilmuwan menyimpulkan bahwa penyebab sepeda bisa terus berdiri selama kita mengendarainya adalah sebuah hukum fisika yang disebut Conservation of Angular Momentum. Tapi baru-baru ini sekelompok insinyur nemuin fakta baru bahwa hukum tersebut gak diperlukan untuk membuat sepeda tetap berdiri saat kita mengendarainya. Jadi, penyebabnya apa dong?

5. Kenapa Kita Perlu Tidur?

Via: healthline.com

Tidur merupakan hal yang pastinya dilakukan manusia dan juga hewan, ini pertanda kalau tidur adalah kebutuhan yang penting buat mahluk hidup. Ada teori yang bilang kalau mahluk hidup membutuhkan tidur supaya otak bisa punya waktu istirahat buat recharging. Tapi, ada juga teori yang bilang kalau justru dengan tidur otak kita jadi semakin kuat. Intinya, belum ada kesepakatan pasti antar ilmuwan yang ngejelasin penyebab ilmiah kenapa mahluk hidup ngebutuhin tidur.

Ternyata banyak banget ya hal-hal yang masih jadi misteri di kehidupan kita? Kamu tertarik jadi ilmuwan buat ngebantu pertanyaan-pertanyaan ini nemuin jawabannya? Komen di bawah ya!