5 Rutinitas Pagi yang Membuat Kamu Lebih Produktif Sepanjang Hari

Padahal pagi hari merupakan waktu paling produktif buat bekerja dan melakukan hal positif lho. Ya iyalah, gimana waktunya mau berkualitas kalau bangun tidurnya aja udah nggak enak duluan? Biasanya hal ini terjadi karena kamu terlalu sibuk memikirkan sesuatu, entah kerjaan, tugas kuliah, atau bahkan isi smartphone pada saat membuka mata pertamakali. Kamu sibuk mencari gawai sesaat setelah bangun tidur lantaran takut ketinggalan informasi selama kamu tidur.

So, coba yuk ubah rutinitas pagi kamu dengan mencoba 5 hal di bawah ini. Dijamin produkivitas bakalan meningkat deh!

1. Hindari mengecek gawai sesaat setelah bangun tidur

via belfiashop.com

Seberapa banyak email dan pesan yang masuk ke hp kamu, plis jangan langsung membukanya setelah bangun dari tidur. Ratusan pesan dan puluhan enail yang masuk bikin pikiranmu tersita disitu dan akhirnya waktu pagimu terbuang percuma. Jadi sebaiknya kamu menunda mengecek email dan kawan-kawannya 1-2 jam setelah bangun tidur ya, supaya kamu bisa melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

2. Rencanakan tugas dan planning harian

via valasonline.com

Kamu bisa memulai pagi yang berkualitas dengan membuat planning dan rencana apa saja yang mau kamu lakukan di hari itu. Kamu juga bisa membuat planning mingguan untuk seminggu ke depan kalau waktunya memungkinkan. Ketika planning yang kamu buat udah tersusun rapi, produktivitas harianmu pun bakalan meningkat.

3. Lepaskan diri sejenak dari pekerjaan berat

via surabayaonline.co

Pagi hari bukan waktu yang tepat buat melakukan tugas atau pekerjaan berat. Sebaiknya tugas-tugas berat tersebut kamu lakukan di siang atau sore hari karena tubuh lebih siap untuk melakukannya. Tarik nafas dalam-dalam untuk memulai pagi tanpa harus sibuk dengan pekerjaan berat, karena memaksakan diri melakukan pekerjaan berat di pagi hari bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental lho.

4. Jangan lupa sarapan sehat

via hellosehat.com

Rutinitas pagi yang nggak boleh kamu lupakan adalah sarapan pagi. Pastikan sarapan pagimu sehat dan berkualitas ya. Sarapan sedikit tapi berkualitas lebih baik ketimbang sarapan dalam jumlah besar tapi kurang berkualitas. So, pilih menu sarapan yang sehat supaya bisa produktif sepanjang hari.

5. Menyempatkan diri berolahraga

via kompas.com

Satu hal lagi yang nggak boleh terlewat di pagi hari adalah olahraga. Nggak perlu jogging keliling komplek atau push up ratusan kali, cukup regangkan badan dan gerakkan badan secukupnya aja udah cukup membuat pagimu istimewa. Keringat yang keluar di pagi hari bisa berdampak positif pada tugas dan pekerjaan penting yang akan kamu lakukan di jam-jam selanjutnya. So, jangan lupa olahraga ya!

Pastikan 5 hal tersebut kamu lakukan di pagi hari. Supaya waktumu lebih produktif dan bernilai positif.

Sumber: Lifehack