5 Sifat Ini Kelihatannya Normal Banget, tapi Bisa Jadi Pertanda Seseorang Itu Psikopat

Ujung-ujungnya, susah juga buat kita membedakan orang normal dan psikopat, ‘kan?

Tapi, terlepas dari karakteristik di atas, ada beberapa penelitian yang membeberkan sifat dan perilaku lain yang dimiliki psikopat. Uniknya, kebanyakan dari sifat-sifat ini dipunyai oleh banyak orang di dunia ini, lho. Mungkin kamu juga punya beberapa sifat ini.

Nggak usah khawatir dulu; meski kamu punya beberapa sifat di bawah ini, tapi belum tentu kamu itu psikopat. Nggak perlu terlalu anggap serius hasil penelitian ini. Daftar sifat yang dirangkum dari MentalFloss ini cuma buat nunjukkin kita kalau karakteristik-karakteristik yang terlihat normal pun ternyata bisa ngandung unsur psikopati juga.

1. Kamu kebal melihat orang lain menguap

via ranker.com

Mungkin kamu tahu kalau menguap itu bisa menular. Yup, ketika kamu lihat orang lain menguap karena ngantuk, kemungkinan besar kamu juga bakal ikutan nguap. Itu bisa terjadi karena rasa empati yang ada dalam diri kamu.

Nah, beda halnya sama psikopat yang kurang punya rasa empati sama orang lain. Mereka nggak akan tertular kalau lihat orang lain nguap. Seenggaknya itulah hasil dari sebuah penelitian tahun 2015 terhadap 135 mahasiswa di Texas, Amerika.

Jadi, lain kali kalau kamu lihat orang lain nguap, coba cek apa kamu ketularan atau nggak. Kalau kamu nggak ketularan, bisa jadi kamu sedikit kurang punya rasa empati, tuh. Heheh.

2. Suka begadang

via pexels.com

Oke, kalau kamu mau tahu, saya nulis artikel ini di tengah malam. Dan ya, saya orang yang sering begadang. Jadi, hmm…

Jam tidur semua orang itu emang nggak sama. Ada orang yang lebih suka melakukan aktivitas di siang hari; ada juga yang di malam hari. Dan memang bukan hal yang gampang buat ngerubah pola tidur kita.

Tapi, sebuah penelitian kecil di Australia pada tahun 2013 nunjukkin bahwa orang yang suka begadang punya skor yang tinggi dalam tes Dark Triad. Dark Triad sendiri adalah istilah dan subjek dalam bidang psikologi yang berfokus pada Narsisme, Machiavellianisme, dan psikopati.

3. Memilih jurusan bisnis dan ekonomi saat kuliah

via pixabay.com

Sama seperti poin sebelumnya, orang yang dapat skor tinggi dalam tes Dark Triad cenderung milih jurusan ekonomi dan bisnis ketimbang, misalnya, hukum atau psikologi. Hasil itu ditemukan penelitan di Denmark pada tahun 2017 yang meneliti hubungan antara sifat kepribadian dan pilihan jurusan kuliah mahasiswa sarjana. Menurut peneliti, dasar dari pemillihan jurusan mereka yang mungkin termasuk Dark Triad lebih dipengaruhi sama “Hasrat akan kekuasaan, status, dan uang.”

Jadi, apa hasrat yang kamu punya waktu milih jurusan kuliah?

4. Masih berteman dengan mantan pacar walaupun sudah lama putus

via pixabay.com

Jika psikopat masih punya hubungan pertemanan sama mantan pacar mereka, itu bukan didasari niat buat ngejaga tali silaturahmi, tapi buat alasan praktis, seperti untuk dapatin uang dari si mantan misalnya.

Penelitian yang dilakukan para psikologis dari Universitas Oakland terhadap 800 orang menemukan bahwa psikopat cenderung mempertahankan hubungan dengan mantan pacar karena mereka “benci jika kalah atau gagal. Jadi, mereka akan lakukan apa pun untuk mempertahankan koneksi yang dimiliki…” kata Tony Ferretty pada Broadly seperti dikutip dari MentalFloss.

5. Punya kreativitas tinggi dan pemberani

psypost.org

Sifat pemberani itu biasanya dimiliki sama psikopat. Itu makanya mereka berani ngambil risiko. Dan untuk bisa melakukan itu, mereka juga dituntut untuk berpikir kreatif.

Dengan kata lain, psikopat itu punya daya kreativitas yang tinggi.

Para peneliti dari Filipina pada tahun 2016 menemukan adanya hubungan antara sifat-sifat yang dipunyai psikopat (khususnya sifat berani) dengan perolehan skor di tes divergent thinking; tes yang bisa ngukur tingkat kreativitas.

Dari 5 poin di atas, ada berapa yang cocok sama sifat dan karaktersitik kamu, nih? Haha. Seperti yang udah dibilang di awal tulisan, mempunyai sifat-sifat di atas nggak serta-merta menjadikan kamu seorang psikopat, kok. Ingat juga, psikopat itu punya sifat manipulatif dan minim rasa empati.