6 Artis Tanah Air Ini Pindah Kewarganegaraan, Alasannya Menusuk ke Relung Hati Terdalam

Namun, sekali kita menjadi artis papan atas tanah air, rasanya kita masih ingin mengejar mimpi. Timbulah keinginan go international agar kualitas sebagai selebriti tetap terasah. Adapun 6 artis Indonesia ini malah merubah kewarganegaraannya setelah berhasil go international. Bukan karena tak cinta Indonesia, bukan pula gaya-gayaan, ulasan berikut akan mengungkap alasan mereka sebenarnya yang menohok hati masyarakat Indonesia.

1. Anggun C. Sasmi, penerima hujatan terbanyak dari netizen Indonesia

Selama ini kita hanya tahu Agnes Monica sebagai penyanyi yang telah berhasil go internasional. Padahal, jauh sebelumnya, mimpi besar para selebriti ini diinisiasi oleh Anggun Cipta Sasmi. Tentu saja masyarakat Indonesia menyambut hal tersebut dengan hujatan bukan dengan antusiasme. Respon tersebut pun merupakan titik terendah bagi Anggun, tapi berkat semangatnya yang tinggi ia akhirnya berhasil menjadi artis internasional dan bahkan pindah kewarganegaraan.

Anggun and Statement [image source]

Melihat fenomena tersebut, masyarakat Indonesia kembali mengamuk dan menyebutnya tak cinta Indonesia. Beberapa hari yang lalu, lewat wawancaranya dengan Playboy Magazine, ia mengungkapkan kata-kata menohok, bahwasanya ia pindah kewarganegaraan karena dipersulit dalam pengurusan visa oleh pihak Pemerintah. Padahal, itu adalah hal dasar baginya untuk berkarir di kancah internasional.

2. Cinta Laura, tak ingin mendapat jalanan terjal seperti Anggun

Hal yang sama terjadi pada Cinta Laura ketika ditanya mengenai alasan pindah kewarganegaraan. Ia mengaku bahwa dirinya ingin lebih mudah mendapat akses visa untuk bepergian ke luar negeri guna memperluas jaringan dan nasib berkarirnya, seperti yang diwartakan oleh brilio.net.

CL Kiehl [image source]

Alhasil, Cinta pun kini memegang KTP Jerman, bukan lagi Indonesia. Meskipun begitu, Cinta masih sering bertandang ke Indonesia dan berkarir di tanah air. Tidak seperti Anggun, Cinta Laura mendapatkan respon yang positif dari para fans-nya di Indonesia ketika ia ingin berganti kewarganegaraan.

3. Daniel Sahuleka, salah satu musisi legendaris yang tak dikenal di negeri sendiri

Mungkin sebagian dari sahabat boom alias saboom sekalian tidak mengenal sosok musisi jenius ini. Memainkan genre jazz dengan gitarnya, ia sudah melanglang buana ke seluruh dunia dengan membawa nama Indonesia di hatinya. Meskipun begitu, ia malah tak dikenal di negeri sendiri.

Daniel Sahuleka [image source]

Alhasil, ia memutuskan untuk menjadi Warga Negara Belanda demi melanjutkan mimpinya berkarir dalam musik di kancah internasional. Posisi sebagian besar artis yang pindah kewarganegaraan memang serba salah. Jika tetap mengemban status WNI, karya mereka tak dihargai oleh masyarakat Indonesia, ketika sudah pindah kewarganegaraan disebut tak cinta Indonesia.

4. Atiek CB, mengikuti suami ke Negeri Paman Sam

Berbeda dari rekan-rekannya, yang pindah kewarganegaraan karena karir, penyanyi rock legendaris yang hits banget di era 80an ini memiliki alasan yang berseberangan. Semenjak menikah pada tahun 1994 dengan Laurence Smith, ia pun mengikuti sang suami pulang ke negeri asalnya.

Atiek CB [image source]

Alhasil, ia pun berhenti berkarir dan menjadi ibu rumah tangga di Negeri Paman Sam sana. Kini, ia juga tak pernah terdengar lagi kabarnya karena memang tak pernah muncul di televisi dan tak aktif pula di sosial media.

5. Kristania Virginia Besouw, dari Miss Indonesia menjadi tentara Amerika

Siapa yang masih ingat sosok cantik yang berhasil mengenakan mahkota serta selempang Miss Indonesia pada tahun 2006? Ya, sosok tersebut adalah pemilik nama lengkap Kristania Virginia Besouw atau yang lebih akrab disapa Kristy. Ketika masyarakat Indonesia mengetahui dirinya pindah kewarganegaraan, komentar jahat serta disebut penghianat pun terlontar padanya.

Kristy Besouw [image source]

Pasalnya, setelah menikah Frank Piay pada tahun 2007, sama seperti Atiek, ia ikut dengan sang suami ke Amerika. Setelah itu, ia pun mengganti kewarganegaraannya dan tinggal di sana. Tak lama, ia memutuskan untuk bergabung dengan US Army alias Tentara Nasional Amerika. Namun, dilansir dari kompas.com, kini ia sudah keluar dari US Army dan mengaku kangen pada Indonesia.

6. Tony Gunawan, pebulu tangkis yang dipuja banyak wanita

Sosok Tony Gunawan benar-benar terekam jelas di hati pecinta bulu tangkis pada tahun 2000. Pasalnya ia berhasil menyabet medali emas pada Olimpiade di tahun yang sama. Merasa membutuhkan skill tambahan agar karirnya tetap bertahan, ia pun memutuskan untuk menuntut ilmu di Amerika.

Tony Gunawan [image source]

Namun, merasa di Amerika segala sesuatu yang diinginkannya terpenuhi, ia lalu mengganti kewarganegaraannya seperti Atiek dan Kristy. Kini, ia telah menjadi pemain sekaligus pelatih di Orange County Badminton Club, California. Membawa nama Amerika Serikat, ia pun berhasil meraih juara dalam kompetisi dunia.

Fenomena para public figure yang pindah kewarganegaraan ini rupanya tak bisa kita lewatkan begitu saja. Bukan hanya karena fasilitas di luar negeri lebih memadai bagi karir mereka, tapi juga dukungan yang kurang oleh masyarakat Indonesia sehingga mereka lebih memilih negara yang mencintai dan mendukung mereka secara penuh. Hal ini juga bisa dijadikan introspeksi diri bagi kita, loh guys.