6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Namun, jika kita sedikit melihat ke belakang, banyak sekali kejadian mengerikan yang menyambangi Indonesia ketika pergantian tahun, termasuk bencana alam dan kecelakaan. Pada ulasan kali ini, Boombastis.com akan merangkum beberapa kejadian paling ngeri yang terjadi di Indonesia menjelang pergantian tahun.

2017 – Gempa 7,3 SR di Sepanjang Jawa dan Bali, Berpotensi Tsunami

Baru terjadi tadi malam dan berpusat di Tasikmalaya, gempa ini merupakan gempa terbesar yang terjadi di tahun 2017. Bencana alam memang tak bisa diprediksi akan datang di daerah mana, namun, jarang sekali kita mendapati gempa di sepanjang Jawa dan Bali, biasanya area Sumatra dan Sulawesi.

Gempa Tasik [image source]

Namun, gempa semalam membuat semua orang benar-benar panik. Selain karena populasi manusia di Jawa merupakan yang terbanyak, hal tersebut juga dikarenakan BMKG menyebutkan gempa ini berpotensi Tsunami. Dilansir dari pikiranrakyat.com, jika gempa melebihi 7,0 SR dan berpusat di dasar laut maka hal tersebut berpotensi menimbulkan tsunami. Kita berdoa saja semoga hal tersebut tak akan terjadi, ya.

2016 – Lindu di Aceh Menewaskan 102 Orang

Rupanya, tahun kemarin pun ditutup dengan gempa. Meski tidak sebesar gempa yang baru terjadi semalam, kejadian yang mengambil lokasi di Pidie Jaya, Aceh, memakan 102 orang tewas dan 857 orang luka-luka, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Lindu di Pidie [image source]

Lindu di Pidie Jaya, Aceh, memang hanya mengeluarkan angka 3,5 SR, namun BMKG mencatat telah terjadi 88 kali gempa susulan yang tak kalah mengerikan. Jika ditelaah lebih dalam, banyak sekali kejadian mengerikan di akhir tahun yang melibatkan Aceh, ya guys, semoga keadaan di sana tentram-tentram saja hingga pergantian tahun 2018.

2014 – Kecelakaan Pesawat Air Asia QZ8501

Pergantian tahun biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berlibur. Tidak sedikit juga mereka yang memilih luar negeri sebagai destinasi utamanya. Meski jaraknya dekat, seperti Singapura atau Malaysia, namun manusia juga tetap membutuhkan transportasi pesawat untuk mencapai tujuannya.

Kecelakaan Air Asia QZ8501 [image source]

Pada akhir tahun 2014, tepatnya tanggal 28 Desember, pesawat Air Asia QZ8501 baru saja lepas landas dari Bandara Juanda pukul 6 pagi. Namun, 14 menit setelah mereka melenggang di udara, pesawat dengan pusat kontrol kehilangan kontak. Di situlah Air Asia dinyatakan hilang dan ditemukan beberapa hari setelahnya dengan keadaan yang mengenaskan.

2007 – Kecelakaan Pesawat Adam Air Menjadi Bangkrutnya Perusahaan

Meski pesawat Adam Air tertimpa musibah di awal tahun 2007, namun kecelakaan ini masih bisa dikategorikan sebagai kejadian naas pada pergantian tahun. Sama seperti Air Asia, pesawat Adam Air juga hilang kontak dengan pusat kontrol. Berada di ketinggian 35.000 kaki, pesawat model Boeing 737-400 ini dinyatakan jatuh.

Saksi pertama yang menemukan bangkai pesawat adalah seorang nelayan. Ia pun sempat mendengar letusan keras yang berasal dari amukan pesawat. Kecelakaan ini juga merupakan sebuah akhir dari masa jaya perusahaan Adam Air, karena setelah itu mereka pun bangkrut dan tak pernah terdengar lagi kabarnya.

2006 – Tenggelamnya Kapal Senopati Nusantara

Meski tampak seperti judul film yaitu ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck,’ kapal yang tenggelam di Perairan Kepulauan Karimunjawa ini merupakan kisah nyata. Hal ini juga menjadi penutup tahun yang kelam bagi sebagian besar warga Indonesia. Dilansir dari tempo.co, berdasarkan pernyataan orang yang selamat, detik-detik tenggelamnya Kapal Senopati Nusantara ini mirip sekali dengan film Titanic.

Kapal Senopati Nusantara [image source]

Kejadian naas itu terjadi tengah malam dan listrik pun tiba-tiba mati. Banyak orang yang berebut sekoci untuk menyelamatkan dirinya. Kejadian ini terjadi akibat cuaca buruk serta kelalaian sang nahkoda. Masih selamat, ia sempat meminta maaf kepada semua keluarga korban serta menerima hukuman tanpa meminta keringanan lagi pada penasehat hukumnya.

2004 – Tsunami Aceh

Mungkin di antara enam kejadian yang menjadi penutup tahun yang kelam, bencana satu ini yang paling diingat oleh boombers. Bagaimana tidak, Tsunami Aceh benar-benar sebuah bencana besar pertama yang tak lepas dari layar kaca selama beberapa bulan lamanya.

Tsunami Aceh [image source]

Sehingga, banyak sekali kenangan yang terekam dalam memori kita. Tsunami yang sangat besar itu pun mendapat perhatian dari banyak negara, sehingga mereka dengan sigap mengirimkan bala bantuan untuk meringankan beban para korban di sana. Kejadian ini pun lalu menjadi landasan sebuah novel Tere Liye yaitu Hafalan Sholat Delisa yang lalu diadaptasi ke layar lebar.

Jika kita telisik lagi, sebenarnya banyak bencana yang menghampiri Indonesia dan menjadi penutup tahun yang kelam. Namun, dengan 6 kejadian naas di atas saja seharusnya kita bisa lebih instrospeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Semoga di tahun berikutnya tak ada lagi kejadian mengerikan yang mengiringi pergantian tahun kita.