6 Efek Samping Kecanduan Masturbasi yang Nggak Bisa Kamu Anggap Remeh

Setuju? Oke, lanjut Pak Ekooo.

Nggak usah dijelasin juga kamu pasti paham sama yang namanya masturbasi atau onani. Faktanya sebagian besar orang pernah melakukan aktivitas ini, dengan sebagian besarnya terdiri dari cowok. Nggak perlu khawatir kok, masturbasi sendiri memang suatu hal yang lumrah buat dilakukan. Bahkan beberapa penelitian mengklaim aktivitas ini punya dampak positif.

Tapi gimana kalau kamu kecanduan dan melakukannya hampir setiap hari? Apa ada efek samping negatif dari masturbasi? Yuk kita bahas.

1. Bikin ketagihan, produktivitas menurun

via typosthes.gr

Karena masturbasi memberi efek yang menyenangkan dan menenangkan, kegiatan ini bisa membuat pelakunya ketagihan. Bahkan nggak main-main, ada yang sehari bisa sampai berpuluh-puluh kali melakukannya. Gila nggak tuh? Kalau terlalu sering, ujung-ujungnya bisa mengganggu waktu kerja atau belajar. Gara-gara masturbasi, produktivitas jadi menurun deh.

Gimana bisa produktif kalau sedikit-sedikit konsentrasi kamu terpecah!?

2. Gampang lelah

via abbeyplacements.com

Terlalu sering terjun dalam kegiatan yang satu ini juga bisa bikin pelakunya gampang kecapekan. Karena setiap kali orang melakukannya, maka orang tersebut pasti mengeluarkan energi.

Jadi kalau setiap hari kamu merasa sering gampang capek meskipun nggak melakukan pekerjaan berat, coba deh ingat-ingat…

Apalagi buat mereka yang udah kecanduan, tiap hari rasanya capek mulu meski nggak ngapa-ngapain. Hayo, yang sering ngerasa gampang capek, coba direm dikit-dikit deh kalo nggak bisa langsung berhenti.

3. Gampang ngantuk

via Geek.com

Selain bikin jadi gampang capek dan lelah, terlalu sering masturbasi juga bisa bikin kamu gampang ngantuk. Penjelasannya sederhana, itu karena otak kamu mengeluarkan dopamin yang cukup banyak ketika mencapai puncak kepuasan. Hmm, coba tag di komentar temen kamu yang gampang capek dan sering tidur di kelas. Haha.

Editor’s Pick

  • Sering Mengalami 10 Tanda-tanda Ini? Itu Artinya Kamu Kurang Cairan Alias Dehidrasi
  • Karena Sering Terjadi, Kamu Harus Tahu Cara Pertolongan Pertama pada 3 Kasus Ini, Bro!
  • Percaya Nggak 7 Hal Ini Justru Membuat Kinerja Otak Semakin Menurun Setiap Harinya
  • Kamu Nggak akan Menyangka 12 Tren Kecantikan ‘Ajaib’ Ini Pernah Ada di Dunia, Berani Coba?

4. Mengubah cara pandang terhadap lawan jenis

via studentedge.org

Ketika seseorang sudah terbiasa masturbasi dengan bantuan gambar atau video, maka cara pandang orang tersebut juga akan berubah ketika melihat lawan jenis di dunia nyata. Secara tidak sadar, ketika kamu melihat yang sesuai selera, maka tiba-tiba akan muncul gairah untuk melampiaskan. Dan hal ini sangat berbahayakenapa?

5. Tidak peduli waktu dan tempat

via Shutterstock

Karena sudah kecanduan dan tidak dapat mengontrol hawa nafsu, mereka yang sudah sangat kecanduan cenderung akan melampiaskan di mana pun mereka berada tanpa memperhatikan sekeliling. Mungkin masih ada sebagian orang yang masih bisa tahan. Tapi lambat laun mereka akan berubah menjadi ‘buas’. Apa kamu sudah menjadi si buas ini? Hayo…

6. Kurang tertarik dengan hubungan yang nyata

Kasus ini terhitung jarang, tapi bukan berarti mustahil untuk terjadi. Misalkan saja, ketika sebelum menikah kamu kecanduan banget masturbasi, bisa saja kamu jadi kurang tertarik ‘berhubungan’ langsung dengan pasangan kamu setelah menikah nanti. Penyebabnya? Ya karena kamu lebih suka masturbasi dibanding mencicipi pengalaman nyata.

Tapi sekali lagi ditekankan: ini termasuk kasus yang jarang terjadi.

Sebenarnya ada banyak mitos-mitos seputar masturbasi yang muncul di permukaan. Misal bisa bikin disfungsi ereksi, kebotakan, dan gampang lupa. Meski banyak yang mengklaim kebenarannya, namun kurangnya bukti ilmiah membuat efek samping tersebut tidak dimasukkan pada poin di atas.

Namun yang pasti, bila kamu merasa perilaku kamu terpengaruh oleh aktivitas ini, ada baiknya kamu mengalihkan kebiasaan bermasturbasi dengan kegiatan yang lebih positif, bermanfaat, dan menunjang produktivitas. Jika terasa sulit, hubungi dan minta bantuan ke psikolog.

Karena, hey… apa yang kamu dapatkan itu cuma kenikmatan semu. Betul, nggak? Ngomong-ngomong kalau kamu punya bukti ilmiah soal mitos-mitos di paragraf sebelumnya, bisa kamu tulis di kolom komentar ya.