7 Aturan Aneh Negara-negara Ini Bakal Bikin Kamu Bersyukur Tinggal di Indonesia

Meski terkadang ada peraturan-peraturan yang terkesan unik dan absurd, ternyata ada alasan yang masuk akal lho di balik anehnya peraturan-peraturan tersebut. Seperti 7 aturan ini, nih. Apa saja itu?

1. Sekolah-sekolah di Perancis membatasi kapan dan berapa banyak penggunaan saus tomat, mayo, dan vinaigrette 

via conversation.which.co.uk

Alasan dari peraturan ini adalah untuk meningkatkan kualitas makanan yang disajikan oleh sekolah-sekolah di Perancis. Aturan tersebut mengatakan bahwa semua jenis saus harus dihidangkan sesuai dengan makanan yang disajikan, tidak bisa menggunakan saus tersebut seenaknya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi asupan lemak jahat.

2. Di Kanada, bayi tidak boleh menggunakan baby walker

via smythstoys.com

Kebanyakan orang tua akan membelikan baby walker untuk membantu bayi supaya bisa cepat berjalan, akan tetapi produk ini tidak boleh digunakan di Kanada. Aturan yang berlaku sejak tahun 2004 itu mengatakan bahwa penggunaan alat bantu tersebut dapat berbahaya untuk bayi itu sendiri, dan apabila ada yang ketahuan menggunakan atau menjual baby walker, menurut CBC News Canada, akan dikenakan denda sebesar CAD $100,000 (sekitar Rp 1 miliar).

3. Di Roma, meletakkan ikan mas di wadah kaca bulat tidak diperbolehkan.

via aliexpress.com

Peraturan ini dibuat karena menurut penelitian, meletakkan ikan mas di wadah kaca bulat dapat membatasi alur oksigen dan dapat menyebabkan ikan buta. Selain itu, kamu juga tidak diperbolehkan memberikan ikan mas, atau binatang lain, sebagai hadiah.

4. Masih di Roma, punya anjing dan nggak mengajak jalan? Siap-siap didenda

via huffingtonpost.com

Rome membuktikan dirinya sebagai kota penyayang binatang. Dilansir dari CBC News, apabila kamu memiliki anjing dan tidak mengajaknya jalan, maka bisa kena denda Rp 9,3 juta. Selain itu, kamu juga tidak diperbolehkan meninggalkan hewan di mobil yang panas atau jendela toko.

5. Pakaian dalam berenda tidak diperbolehkan di negara Russia, Belarus, dan Kazakhstan

via pinterest.com

Selain melarang pakaian dalam berenda, aturan yang disahkan pada tahun 2013 regulations ini juga menyatakan bahwa pakaian yang menempel langsung pada kulit harus mengandung setidaknya 6% katun. Hal ini bertujuan supaya kulit tidak terhalangi dan mampu bernafas dengan baik.

6. Di Yunani, tidak diperbolehkan mengenakan heels di situs-situs kuno

via independent.co.uk

Hal ini disebabkan karena ujung lancip pada heels dapat menyebabkan tekanan pada tanah dan mengikisnya. Oleh karena itu, kalau pergi ke Yunani jangan lupa bawa sepatu biasa, ya.

7. Di Jepang, perusahaan akan didenda apabila ada pegawai yang kelebihan berat badan

via humanresourcesonline.net

Dilansir dari New York Times, aturan yang berlaku sejak 2008 di Jepang ini ‘memaksa’ perusahaan dan pemerintah lokal untuk mengukur lingkar pinggang karyawannya jika mereka berusia 40 sampai 74 tahun. Apabila lingkar pinggang tersebut melebihi batas yang ditetapkan pemerintah, maka pemerintah akan memberikan panduan makan dan perusahaan atau pemerintah lokal tersebut bisa dikenakan denda. Peraturan ini dibuat untuk memperkecil populasi penduduk yang kelebihan berat badan dan mengenalkan gaya hidup sehat.

Wah, ternyata di balik aturan yang absurd ada alasan yang bermakna, ya. Kira-kira di negara kita ada nggak sih aturan yang menurut kamu absurd? Coba tulis di kolom komentar, deh.