7 Destinasi Wisata Lebaran Anti-Mainstream Buat Kamu yang Ogah Macet-Macetan

Nah, kali ini bukan baju baru, kue-kuean ataupun ketupat yang mau dibahas tapi suatu tradisi saat lebaran yang pasti kamu lakukan. Momen lebaran sering menjadi waktu yang tepat untuk berjalan-jalan bersama keluarga, sahabat, pacar, ataupun gebetan. Di hari Lebaran Idul Fitri ini nggak cuma umat Muslim saja yang merasakan libur, tapi mereka yang non-Muslim juga ikut liburan. Jadi jangan heran kalau banyak destinasi wisata yang penuh bejubel di hari-hari libur lebaran. Nggak suka macet-macetan dan desek-desekan saat berwisata? Nih, saya rekomendasiin destinasi wisata anti-mainstream yang anti-penuh deh.

Kalau kamu berada di sekitaran Jabodetabek:

1. Pulau seribu

via tempatwisataunik.com

Kata siapa pantai di Jakarta itu jelek dan nggak ada pemandangan indahnya sama sekali? Berarti kamu belum pernah mengunjungi Pulau Seribu. Kalau kamu ke Pulau Seribu banyak pulau-pulau kecil pilihan deh yang bisa kamu datangi bersama keluarga, sahabat atau pacar bahkan oke banget buat menginap. Banyak pulau-pulau kecil seperti Pulau Pramuka, Pulau Pari, dan Pulau Tidung yang bisa kamu unjungi sambil berlari-lari syantik sepanjang pantai.

2. Jalan-jalan keliling jakarta & nge-mall

via youtube.com

Kalau biasanya Jakarta penuh sesak oleh kendaraan, maka di hari Lebaran beda! Kok bisa? Oh, jelas mayoritas mereka yang bekerja di Jakarta pasti sudah pulang ke kampung halamannya masing-masing alias mudik. Jalanan Jakarta pun praktis lengang, jadi ini momen pas buat kamu berjalan-jalan menikmati setiap sudut kota Jakarta. Kalau kamu mau nge-mall juga oke banget loh, kamu bisa berjalan-jalan santai, nonton nggak pake rame, dan makan dengan tenang karena pengunjungnya seppiiiiii.

Kalau kamu ada di sekitar Bandung:

3. Tebing Keraton

via jejakpiknik.com

Yak, Tebing Keraton menjadi destinasi wisata anti-mainstream selanjutnya. Karena medan yang ditempuh untuk mencapai Tebing Keraton itu cukup sulit dan menanjak, maka kawasan ini kurang pas dijadikan wisata keluarga. Jadi, kalau kamu mau jalan-jalan sama pacar atau gebetan pas Lebaran, cocok banget nih kesini.

4. Hutan Pinus Batu Kuda

via liburmulu.com

Okey, jujur saya juga baru denger kalau di Bandung ada destinasi wisata bernama Hutan Pinus Batu Kuda. Berlokasi di daerah Cibiru Wetan, kawasan hutan pinus ini terkenal karena ada batu besar berbentuk kuda yang konon merupakan kuda milik Prabu Layang Kusuma. Keberadaan batu kuda ini juga cukup misterius, karena tidak semua pengunjung bisa melihatnya.

Editor’s Pick

  • 13 Foto Indahnya Kyoto Ini Pasti Bakalan Bikin Kamu Pengen Liburan ke Jepang!
  • 15 Penampakan Makanan Paling Mahal di Dunia yang Nggak Akan Terbeli Oleh Orang Biasa
  • Wow Banget! Di Museum Ini Kamu Bisa Menjelajah Waktu Hanya Dengan Bermodalkan Kertas

Kalau kamu berada di sekitar Jogja:

5. Goa Tanding

via kedaisusu01.blogspot.com

Mungkin kamu sudah pernah pergi ke Goa Pindul. Nah, masih di kawasan Gunung Kidul, ada satu Goa yang bernama Goa Tanding yang pemandangannya nggak kalah cantik dari Goa Pindul. Kamu bisa menelusuri sungai bawah tanah ini dengan perahu karet sambil melihat dinding-dinding goa yang indah.

Kalau kamu berada di sekitar Bali:

6. Pantai Gunung Payung

via jadiberita.com

Ingin berwisata pantai di Bali, tapi malas berdesak-desakan saat Lebaran? Kamu bisa mencoba ke pantai Gunung Payung di Nusa Dua, Bali. Pemandangannya nggak perlu diragukan lagi deh, hamparan pasir putih, lautan berwarna toska yang sebening kristal, dan hijaunya bukit yang menjadi latar pantai Gunung Payung ini. Cuss, lah ke pantai ini.

Kalau kamu pengen ke luar negeri:

7. Singapura

via bbc.com

Yak, kalau kamu udah mentok banget nih malas jalan-jalan di Indonesia, inilah saatnya berwisata ke luar negeri! Salah satunya adalah Singapura. Mumpung THR masih ada, bisa kan jalan-jalan sambil belanja sedikit.

Dari destinasi-destinati di atas, yang mana destinasi wisata Lebaran favortimu?