7 Fobia yang Paling Nggak Masuk Akal, tapi Benar-Benar Ada

Apa itu fobia? Itu lho, perasaan takut yang berlebihan terhadap suatu objek atau situasi tanpa alasan yang jelas. Orang-orang yang punya fobia biasanya bakal merasa cemas dan ketakutan setengah mati saat melihat atau menyentuh sesuatu yang mereka takuti. Sementara orang lain belum tentu merasakan hal yang sama.

Ada banyak jenis fobia yang bisa kita alami, mulai dari yang umum (kayak fobia serangga, kucing, dan fobia tempat gelap) sampai jenis fobia yang aneh dan nggak masuk akal. Dan kali ini kita bakal bahas 7 fobia paling aneh di dunia.

1. Vestiphobia: ketakutan terhadap pakaian/kain

via adamsapplelist.com

Pengidap vestiphobia mungkin lebih milih telanjang bulat ketimbang mengenakan pakaian sewaktu menjalani aktivitas. Hal itu karena mereka cenderung pernah punya pengalaman traumatik yang berkaitan dengan pakaian.

Wah, menurut saya ini bukan fobia yang bisa dianggap sepele nih. Intinya butuh penanganan medis sesegera mungkin. Pakaian kan sudah jadi kebutuhan utama manusia. Nggak mungkin juga pengidap vestiphobia terpaksa telanjang bulat pas lagi di tempat umum ‘kan?

“Pak, kok bapak naik keretanya sambil telanjang gini?”

“Oh, maaf mas, saya punya vestiphobia.”

“Ooh, pantesan,” sambil ngangguk-ngangguk sok tahu.

Benar-benar skenario yang absurd ya.

2. Venustraphobia: takut pada wanita cantik

via pixabay.com

Di antara sekian banyak jomblo yang ngebet pengin punya pacar supermodel, ada segelintir cowok yang malah menghindar pas dideketin cewek cantik. Tapi jangan dulu berburuk sangka, mereka bukannya nggak tahu diri atau pemalu. Bisa saja mereka yang menghindari cewek cantik adalah pengidap venustrophobia.

Adegan horor buat para pengidap venustrophobia/via weheartit.com

Ayolah Bung, kenapa mesti takut sama sesuatu yang paling indah di muka bumi ini? Aneh memang, tapi fobia ini benar-benar ada.

Seperti gejala fobia pada umumnya, penderita venustrophobia bakal merasa gelisah, mengeluarkan keringat dingin, bahkan bisa sampai sesak napas jika berdekatan dengan cewek sekelas Lisa Blackpink misalnya.

3. Chrometophobia: ketakutan terhadap uang

via pixabay.com

Apa kamu pernah lihat orang yang teriak-teriak pas dikasih kembalian sama kasir, atau lari terbirit-birit pas ngelihat uang logam di jalan? Tapi kamu jangan dulu berpikir kalau pengidap chrematophobia bakal ngelakuin hal sekonyol itu.

Chrematophobia biasanya disebabkan oleh pengalaman buruk yang berhubungan dengan uang. Misalnya pengusaha kaya raya yang tiba-tiba bangkrut sampai jadi tunawisma, bisa saja terkena chrematophobia. 

Tiga orang yang lagi main ‘kotor-kotoran’/via giphy.com

Pengidap chrematophobia bakal merasa gelisah saat melihat uang, atau berpikir tentang uang yang mereka punya. Mereka pun seringkali jadi cemas ketika melakukan kegiatan seperti berbelanja, bayar ongkos transportasi, atau bayar makanan di restoran.

Selain itu chrematophobia juga bisa disebabkan oleh rasa takut akan kuman dan bakteri yang bisa berpindah lewat uang. Mereka yang merasa terancam oleh bakteri biasanya bakal memakai sarung tangan saat memegang uang.

Editor’ Pick

  • 5 Orang yang Membuat Pengakuan Mengejutkan Sebelum Meninggal, Kira-Kira Apa yang Mereka Katakan?
  • Perawat Ini Membagikan Video Perbandingan Paru-paru Sehat vs Paru-paru Perokok yang Bikin Shock!
  • Wow! Ternyata Adegan di 5 Film Ini Punya Versi Berbeda di Sejumlah Negara
  • 5 Peristiwa Luar Biasa Yang Hanya Terjadi Satu Kali, Kita Mungkin Gak Akan Pernah Lihat Langsung

4. Gamophobia: fobia akan pernikahan

via gulalives.com

Ada banyak alasan bagi seseorang untuk tidak menikah. Salah satunya, takut. Takut menikah juga banyak penyebabnya, bisa karena belum siap, tanggung jawab yang besar, atau bisa juga karena calon mertua yang galaknya minta ampun. Orang yang pernah gagal menjalin hubungan rumah tangga juga pada akhirnya bisa punya ketakutan akan pernikahan.

Nah, lama kelamaan rasa takut seperti yang disebutkan di atas bisa berkembang jadi gamophobia. Umumnya, mereka yang punya fobia menikah nggak mau menjalin komitmen yang lebih jauh lagi dengan pasangannya. Bahkan memikirkan tentang adegan pelaminan saja sudah cukup buat bikin pengidapnya resah.

“Jadi kapan mau nikah, bro?”

“Sekali lagi nanya, gue bunuh lo!”

Yah, mungkin begitu jawaban penderita gamophobia saat ditanya kapan nikah.

5. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia: takut akan kata yang panjang

via healthopia.net

“Nama mas siapa?”

“Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugumubwem Osas.”

“AAAAARRGGGHHH!!!”

Yup, pengidap hippopotomonstrosesquippedaliophobia nggak suka mendengar kata-kata panjang. Ini jadi salah satu jenis fobia paling aneh yang ada di dunia. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi bisa jadi karena rasa panik yang muncul saat seseorang kesulitan belajar kata-kata panjang. Konon, faktor genetika juga bisa jadi salah satu penyebab hippopotomonstrosesquippedaliophobia.

Ironisnya, nama fobia kata-kata panjang malah dibikin panjang, apa nggak kasihan tuh sama pengidapya? Coba kita simak lagi lanjutan percakapan di atas deh.

“Lho, kok mbak kelihatan panik gitu dengar nama saya?”

“Saya punya fobia kata-kata panjang mas”

“Oh, berarti mbaknya pengidap hippopotomonstrosesquippedaliophobia.

“AAAAARRGGGHHH!!!”

6. Euphobia: ketakutan mendengar kabar gembira

via videoblocks.com

Orang-orang yang punya euphobia bakal panik saat mendengar kabar baik. Penyebabnya sangat berhubungan erat dengan pengalaman traumatik seseorang saat masih kanak-kanak. Misalnya terlalu sering mendengar kabar gembira yang akhirnya nggak pernah terjadi, alias kabar bohong.

Di saat kebanyakan orang menunggu kabar gembira yang ingin mereka dengar, pengidap euphobia malah lebih suka mendengar kabar buruk (atau bukan kabar gembira) yang benar-benar terjadi.

Kebayang nggak kalau pengidap fobia ini dirawat rumah sakit terus dikasih tahu kabar gembira sama dokter?

“Jadi gini Pak, kita pengin ngasih kabar gembira kalau penyakit asam urat bapak sudah membaik… lho, kok Bapak sesak napas gitu Pak? Ya sudah, dirawat lagi aja ya.”

7. Phobiaphobia: fobia terhadap fobia

via healthopia.net

Nah, ini dia fobia yang paling badass. Phobiaphobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap fobia. Beda dengan jenis fobia lainnya, phobiaphobia umumnya disebabkan pola pikir pengidapnya, bukan karena faktor eksternal. Seseorang yang takut akan fobia tertentu (beserta efek yang ditimbulkannya) dan memikirkan ketakutan itu secara konstan, kemungkinan bakal terkena phobiaphobia.

Misalnya saya punya rasa takut yang berlebihan (phobiaphobia) terhadap gamophobia, kemudian saya memikirkan kepanikan dan rasa cemas saya waktu ditanya kapan nikah. Nah, dengan berpikir demikian saya pun bisa terkena serangan panik meskipun saya bukan penderita gamophobia.

Apa kamu salah satu pengidap 7 fobia paling nggak masuk akal di atas? Untungnya saya nggak punya, tapi saya juga punya fobia ketinggian dan fobia tokek sih. Nggak penting ya? Ya sudah yang penting kamu share dulu aja artikel ini ke temen-temen kamu deh. Biar banyak yang tahu.