7 Game PS1 yang Menantang untuk Ditaklukkan, Meskipun Susahnya Keterlaluan

Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa game yang terbilang bisa bikin para pemainnya frustrasi. Mulai dari terlalu banyaknya hambatan, gameplay yang sepertinya disengaja untuk dibuat sulit, sampai kontrol di dalam game yang menyebalkan.

Apa saja sih memangnya game yang dimaksud?

Oddworld: Abe’s Oddysee

Sebagai Abe, tugasmu di game ini adalah menyelamatkan rekan Mudokon dari tangan-tangan jahat. Namun perjalananmu tidak akan mudah. Soalnya karakter yang kita mainkan (si Abe) gampang banget kena slain dan shutdown dari musuh. Bahkan hambatan dan jebakan yang ada di game ini baaaaanyak banget! Kamu nggak akan bisa selesaikan game ini hanya dengan sekali main. Kalau nggak percaya, kamu sangat dipersilakan untuk mencobanya sendiri.

Heart of Darkness

Sebagai Andi, tugasmu hanyalah menyelamatkan anjingmu dari tangan kegelapan. Namun untuk memainkannya tak sesederhana itu. Kontrol dalam game ini bisa bikin sebel dan frustasi. Entah itu kontrol ketika double jump, kontrol ketika berlari kemudian melompat, sampai atur posisi karaktermu sendiri saja butuh kerja keras.

Bisa dibilang fokus dari game ini adalah mengalahkan kontrolnya, bukan menamatkan ceritanya. Jangan heran kalau karakter kamu sering mati ketika main game ini.

Grand Theft Auto

Kalau pas main seri GTA saja masih pakai cheat seperti HESOYAM dan sejenisnya, fix game ini nggak cocok buat kamu. Seri pertama dari GTA ini bisa benar-benar bikin frustasi; mulai dari angle kameranya yang nggak normal, nyawa yang terbatas, dan karakter yang mudah mati menjadi tantangan tersendiri bagi para pemainnya.

Main seri GTA yang baru saja sering gagal ketika misi sampai harus diulang-ulang, apalagi yang ini.

Editor’s Pick

  • Ketika Game GTA Dibuat Versi Kehidupan Nyata, Hasilnya Keren Banget!
  • Ngintip Hasil Kualifikasi Asian Games Pertama eSports Arena Of Valor, Yuk!
  • Mantap Nian! Ark: Survival Evolved Bentar Lagi Bisa Kamu Mainkan di iOS dan Android
  • The Works of Mercy, Game Horor Psikologis Terbaru yang Patut Kamu Jajal 7 Juni Nanti

Darius Gaiden

Ketika pertama kali memainkan game side-scrolling shoot ’em up ini pasti kamu bakal sering mati, mungkin terlalu sering, meskipun akhirnya kamu bakal terbiasa sendiri nantinya.

Kok bisa gitu? Soalnya selain layar yang dipenuhi dengan tembakan, laser yang sulit dihindari, dan bos yang matinya lama, game ini punya kesulitan yang dinamis. Ketika pesawat kamu hancur atau mati, pesawatmu akan kembali ke versi yang lebih lemah. Jadi ya mau nggak mau nggak boleh mati. Kalau bisa itu juga.

Tenchu: Stealth Assassins

Memainkan karakter ninja tak pernah mudah. Dan itu juga berlaku untuk game ini. Terlebih kamu akan kehilangan item ketika mati. Beneran butuh banyak trial and error ketika menyelesaikan game ini. Kamu harus meraba-raba sendiri apa yang harus dilakukan karena informasi yang kamu terima minim banget.

Yah, dulu akses internet nggak gampang juga ya, jadi cari walkthrough juga butuh perjuangan. Makanya, kamu nggak akan mungkin memainkan Tenchu tanpa merasakan bagaimana sedihnya melihat Rikimaru mati.

Dragon’s Lair

Jangan tertipu dengan visual style dan animasinya, karena Dragon’s Lair terkenal sebagai game yang menantang. Bicara soal presisi, game ini adalah juaranya. Ketika menggerakkan Dirk, presisi kamu harus bagus dalam segala hal; kapan waktunya menyerang, menghindar, atau memposisikan diri. Telat dikit saja habis sudah. Selain itu tak ada petunjuk apa yang harus dilakukan, sehingga semua harus kamu coba sendiri pakai jurus trial and error.

King’s Field

Kesulitan dari game ini bukan dari musuh, gameplay, atau kontrol, tapi eksplorasi. Musuhnya sih biasa, nggak sulit-sulit banget. Tapi game yang mengusung konsep labirin ini bisa membuatmu frustrasi banget ketika nyasar. Selain itu jebakan yang ada pada beberapa level bisa bikin kamu banting stik. Sudah nyasar, kena jebakan terus pula. Lengkap pokoknya.

Pada setuju nggak kalau 7 game di atas sulitnya nggak wajar? Yang nggak setuju, coba main tanpa gameshark dong.