7 Tangga Paling Berbahaya Ini Bisa Bikin Kaki Lemas Saking Ngerinya

Ketinggian mungkin tak termasuk dalam list yang sedang kamu pikirkan. Tapi, tak sedikit orang yang takut pada ketinggian, lho. Bukan hanya takut, sebagian orang juga mengalami phobia ketinggian.

Sebenarnya, wajar jika seseorang takut pada ketinggian. Karena, secara alami tubuh akan membuat sebuah mekanisme perlindungan untuk memastikan keselamatan. Salah satunya adalah dengan rasa takut dan mendadak lemas.

Tapi, kamu pasti nggak takut untuk naik dan turun tangga, bukan? Bahkan, kamu sudah terbiasa melakukannya dalam aktivitas sehari-hari tanpa rasa takut. Tapi dijamin kalau liat 7 tangga ekstrim ini, kamu bakal enggan untuk menapakinya.

Dilansir dari mentalfloss.com, seperti ini nih penampakan tangga-tangga tersebut. Yuk, intip!

1. Gunung Huashan, Tiongkok

via flickr.com

Pemandangan dari puncak Gunung Huashan memang cantik dan dipercaya dapat menenangkan jiwa. Tapi, untuk ke puncak kamu diharuskan memanjati jalan setapak sempit  yang terbuat dari kayu. Para pengunjung pun diharuskan memakai alat keselamatan saat menuju puncak.

2. Pilar Katskhi, Republik Georgia

via flickr.com

Dulunya, pilar yang menjulang lebih dari 131 kaki atau sekitar 40 meter ini dipercaya sebagai lambang kesuburan oleh penduduk desa setempat. Namun, seiring perkembangan zaman, dua gereja dibangun dipuncaknya.

Seperti yang sudah kamu duga, untuk mencapai puncak pilar ini, para pengunjung harus menaiki tangga yang sangat terjal.

3. Pulau Canary, Spanyol

via youtube.com

Jika kamu berpikir bahwa semua tangga berupa pijakan, berarti kamu belum melihat yang satu ini. Alih-alih pijakan seperti kayu atau batu, untuk mencapai puncak para pengunjung harus melalui rute pendakian berupa kabel.

4. Taman Nasional Royal Natal, Drakensberg Utara, Afrika Selatan

via pixabay.com

Amfitiater, sebuah dinding batu yang menjulang setinggi 1.600 kaki atau sekitar 487 meter ini menjadi salah satu kenampakan alam menakjubkan di Royal Natal. Untuk menuju puncak tebing ini, pengunjung diharuskan melalui sebuah tangga reyot yang terbuat dari tampar dan kayu. Berani coba?

5. Half Dome, California

via wikipedia.org

Dalam foto diatas pengunjung yang diambil gambarnya memang sedang tersenyum. Tapi, sejumlah orang telah meninggal ketika menjajal pendakian ektrim ini. Jadi, pastikan kamu telah mempersiapkan diri sebelum mencobanya.

6. Zhongtuan, Tiongkok

via gettyimages.com

Setiap tiga tahun sekali, penduduk desa Zhongtuan akan menggelar festival panen. Nah, salah satu kegiatan dalam festival tersebut mengharuskan sejumlah pria tanpa alas kaki memanjat tangga yang terbuat dari 36 pisau tajam.

Pria pertama yang sampai di puncak, akan duduk di kursi di ujung tangga dan membagikan hadiah pada peserta lain yang datang selanjutnya.

7. Atuleer, Sichuan, Tiongkok

via youtube.com

Tangga ekstrim ini bukan lagi destinasi wisata ataupun untuk kepentingan festival, melainkan rantai bambu yang terpasang di tebing dengan tinggi satu mil atau sekitar 1,6 kilometer.

Setiap harinya, anak-anak di desa setempat harus menapaki bambu reyot tersebut untuk bersekolah. Tak sedikit anak yang meninggal atau terluka karena jatuh dari tangga ini. Untungya, pada November 2016 pemerintah setempat berhasil menyelesaikan sebuah tangga baja dengan pegangan tangan untuk mereka.

Melihat foto terakhir, tentu mengingatkan kita pada kondisi di Indonesia. Nyatanya, disebuah pelosok yang luput dari perhatian pemerintah, tak sedikit anak-anak yang harus menapaki jembatan reyot hanya untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Meski nyawa taruhannya, mereka tak sekalipun mengeluh atau memang kita yang tak pernah membuka telinga. Hal ini tentunya harus menjadi catatan untuk kita semua.

Nah, dari ketujuh tangga di atas, menurut kamu, manakah yang paling ekstrim?