8 Aktor Tenar yang Nyaris Bergabung di Film Harry Potter, Kenapa Batal Ya?

Dengan deretan aktor terkenal yang ada, itu mengisyaratkan kalau Harry Potter nggak main-main saat memilih aktor. Tapi lain ceritanya dengan 8 aktor yang justru menolak tawaran bermain di film Harry Potter ini. Mereka pasti punya alasan masing-masin saat menolak tawaran tersebut. Tapi jika kita mengingat kesuksesan Harry Potter, apa mungkin mereka menyesal ya?

Tanpa harus berlama-lama lagi, langsung deh kita cek 8 aktor yang hampir bergabung di seri Harry Potter dan kenapa mereka sampai menolak tawaran tersebut.

1. Hugh Grant sebagai Gilderoy Lockhart

via digitalspy.com

Fans Harry Potter pasti tahu kalau Gilderoy Lockhart pernah lima kali menyabet gelar unik Penghargaan Senyum Paling Menawan dari majalah Witch Weekly. Namun, apa jadinya jika Hugh Grant yang berperan sebagai Lockhart? Apa mungkin senyuman Hugh Grant di film Music & Lyric bisa bikin karakter Gilderoy Lockhart lebih terlihat menawan?

Tapi biar gimana pun juga, Grant harus menolak kesempatn bermain di film Harry Potter dengan alasan kesibukannya saat itu. Dan sebagai gantinya, Kenneth Branagh lah yang harus tersenyum dengan gigi cemerlangnya sebagai Gilderoy Lockhart.

2. Kate Winslet sebagai Helena Ravenclaw

via digitalspy.com

Helena Ravenclaw sebenarnya adalah orang penting di serial universe Harry Potter. Yup, dia adalah putri dari Rowena Ravenclaw, salah satu pendiri sekolah Hogwarts.

Menilik latar belakang keluarganya itu, Helena Ravenclaw malah cuma dikasih waktu tampil yang mungkin setara dengan jatah durasi penampilan cameo. Ravenclaw bahkan hanya sebatas sosok hantu yang identitasnya baru diketahui di Deathly Hollows. 

Melihat fakta tersebut, mungkin wajar jika aktor sekelas Kate Winslet menolak untuk menjadi bagian dari film Harry Potter.

3. Rosamund Pike sebagai Rita Skeeter

via digitalspy.com

Seorang jurnalis yang fokus mengisi kolom berita-berita gosip untuk the Daily Prophet, dialah Rita Skeeter. Dan sebelum Miranda Richardson ditunjuk memerankan Skeeter di Harry Potter and the Goblet of Fire, nama Rosamund Pike sebenarnya sudah disiapkan terlebih dahulu.

Namun Pike kemudian berubah pikiran setelah mengetahui kalau dia harus bergabung di dua rangkaian film Harry Potter selanjutnya. Itu pun dengan porsi tampil yang lebih sedikit. Pike akhirnya menolak perannya itu, dan Miranda Richardson kemudian maju sebagai penggantinya.

4. Ray Winstone sebagai Mad-Eye Moody

via digitalspy.com

Kamu pasti sepakat ‘kan kalau Brendan Gleeson adalah sosok yang tepat memerankan Alastor “Mad-Eye” Moody? Faktanya, ada aktor lain yang diharapkan untuk memerankan salah satu anggota dari Order of the Phoenix: Ray Winstone.

Aktor yang pernah bermain di film Beowulf bareng Angelina Jolie ini menolak dengan alasan yang cukup logis. Dia merasa jika upah yang diterimanya nggak sebanding dengan usaha yang akan dilakukannya di Harry Potter.

Editor’s Pick

  • Terkenal dari Dulu, Baru Dibuat Filmnya Sekarang: Apa Slender Man Terlambat Menginvasi Layar Lebar?
  • 4 Karakter dalam Film Adaptasi Populer Ini Punya Perbedaan 180 Derajat dari Versi Novelnya, Lebih Keren atau…?
  • Sebelum Sukses, 8 Aktor Tenar Ini Ternyata Pernah Dapat Peran Yang Pasti Gak Kamu Sangka

5. Robin Williams sebagai Hagrid

via digitalspy.

Para produser menginginkan sosok raksasa berjanggut ini diperankan oleh Robin Williams. Bahkan mereka pun sampai memaksa J.K. Rowling untuk memberikan peran itu pada Williams. Namun, Rowling tetap berkukuh hanya aktor dari Inggris Raya yang boleh tampil sebagai staf sekolah Hogwarts.

Nggak bermaksud untuk mengerdilkan nama besar almarhum Robin Williams. Tapi melihat Robbie Coltrane saat memerankan Hagrid, saya sendiri merasa puas banget.

6. Naomi Watts sebagai Narcissa Malfoy

via digitalspy.com

Dingin, pendiam, tapi tetap emosional adalah sifat yang tergambar dari sosok Narcissa Malfoy. Ibu dari Darco Malfoy ini adalah salah satu karakter yang punya sifat cukup rumit. Dan pastinya sangat cocok jika karakter tersebut diperankan oleh Naomi Watts.

Tapi melalui agennya, Watts menolak tawaran berperan sebagai Narcissa. Ironisnya lagi, peran ini didapatkan oleh Helen McCrory, yang awalnya bakal memerankan Bellatrix di film Order of the Phoenix. Tapi akhirnya dia pun digantikan oleh Helena Bonham Carter karena pada saat itu McCrory sedang hamil.

7. Tim Roth sebagai Severus Snape

via digitalspy.com

Tim Roth mungkin menyesal telah menolak kesempatan untuk bermain di fim Harry Potter. Pasalnya, Roth mengungkapkan pada Metro, Warner Bros sendiri memilih dirinya sebagai sosok yang pantas memerankan karakter Severus Snape.

Ajakan untuk bermain di film Harry Potter pada akhirnya ditolak, sebab Roth nggak mau berakting gila, bodoh, aneh, dan terbelakang.

8. Tilda Swinton sebagai Sybill Trelawney

via digitalspy.com

Jika kebanyakan aktor menolak tawaran bermain di film Harry Potter lantaran kesibukan, ketidakcocokan kontrak, dan penggambaran karakter di ceritanya, lain halnya dengan Tilda Swinton. Swinton lebih menyoroti isi cerita dari novel Harry Potter.

Dalam wawancaranya dengan The Scots Magazine, dia menunjukkan ketidaksukaanya pada cerita Harry Potter yang cenderung menggambarkan latar tempatnya secara berlebihan. Dia beranggapan kalau sekolah asrama adalah tempat yang kejam bagi anak untuk tumbuh dan nggak ada manfaatnya.

Jika melihat nama-nama di atas, menurut kamu ada nggak yang lebih cocok untuk menggantikan aktor terpilih?

Tapi apa pun alasan yang diungkapkan para aktor di atas, itu tetap nggak mempengaruhi pencapaian yang diraih Harry Potter sebagai film seri tersukses di abad 21. Seenggaknya itu menurut saya.

Source: Digital Spy