8 Fakta Dan Teori Tentang Atuk, Naskah Film Terkutuk Yang Membunuh Aktor-Aktornya

Cerita berbeda datang dari naskah film komedi berjudul Atuk yang mengisahkan petualangan seorang suku Eskimo di kota New York. Ditulis oleh Todd Caroll, naskah film Atuk dibeli oleh produser Norman Jewinson pada tahun 1971, namun tidak pernah berhasil sampai ke layar lebar. Alasannya cukup mengerikan, aktor-aktor yang berminat untuk berperan dalam film ini meninggal secara tragis. Karena kejadian itu pula kemungkinan besar naskah yang diadaptasi dari novel ini tidak akan pernah lagi dijadikan film. Ingin tahu lebih jauh? Yuk kita simak 8 fakta dan teori tentang Atuk yang dihimpun dari Ranker berikut ini.

1. Kematian John Belushi

via signature-reads.com

Menurut Jewinson, satu-satunya orang yang paling cocok untuk berperan sebagai protagonis di dalam filmnya adalah aktor dan komedian John Belushi. Belushi merasa tertarik ketika menerima tawaran peran dari Jewinson. Namun beberapa bulan kemudian, Belushi ditemukan tewas di hotel Chateau Marmont di Hollywood pada tahun 1982. Awalnya dia diduga tewas akibat overdosis obat yang tidak disengaja, tapi belakangan terungkap bahwa Belushi dibunuh oleh temannya dan seorang pengedar narkoba bernama Catherine Evelyn Smith.

2. Tabrakan maut yang dialami Sam Kinison

via ranker.com

Kematian Belushi tidak menghentikan proses pembuatan film Atuk. Pada tahun 1988 proses produksi dilanjutkan. Kali ini komedian Sam Kinison diplot sebagai pemeran utamanya. Beberapa sumber mengatakan kalau Kinison tidak pernah membaca skrip sebelum syuting dan datang hanya dengan naskah hasil tulisan tangannya. Perilaku buruk Kinison membuat produksi film terhambat. Setelah 8 hari, studio yang menaungi produksi Atuk menggugat Kinison atas performa buruknya yang seolah disengaja.

Beberapa tahun kemudian Kinison terbunuh dalam kecelakaan di U.S. Route 95, California. Saksi mata yang berada di tempat kejadian menyebutkan bahwa dalam keadaan sekarat, Kinison sempat bercakap-cakap dengan sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

“Aku tidak ingin mati, aku tidak ingin mati” kemudian Kinison terdiam seperti sedang mendengarkan perkataan seseorang. “Tapi, kenapa?” lanjutnya. Setelah terdiam kembali, Kinison bergumam perlahan untuk terakhir kalinya, “Okay, okay, okay”.

3. Penyebab serangan jantung John Candy

via belfastvibe.com

Dua tahun setelah kematian Kinison, yakni pada tahun 1994, John Candy mendapat tawaran peran utama di film Atuk. Tetapi kabarnya, ketika membaca naskah, Candy tiba-tiba meninggal akibat serangan jantung. Kejadian ini begitu menuai perhatian publik sebab Candy meninggal pada 4 Maret, atau sehari hari sebelum peringatan 12 tahun kematian Belushi. Mulai dari sini orang-orang mulai mencurigai bahwa skenario film Atuk memiliki kutukan.

4. Teman John Candy pun turut jadi korban Atuk

via nightflight.com

Sebelum meninggal di usianya yang ke 43, kondisi kesehatan Candy memang sedang menurun. Tetapi yang membuat spekulasi kutukan Atuk dengan kematian Candy semakin kuat adalah Michael O’Donoghue, seorang screenwriter sekaligus teman dari John Candy. O’Donoghue meninggal beberapa bulan akibat pendarahan otak. Menurut beberapa sumber, Candy dan O’Donoghue sempat membaca skrip Atuk bersama-sama.

5. Penyebab Chris Farley overdosis

via blurppy.com

Chris Farley berada di urutan berikutnya untuk peran Atuk. Dia rupanya tidak terganggu oleh gosip tentang kutukan Atuk. Farley sempat mengutarakan kegembiraannya untuk bermain di dalam film tersebut. Sebelum sempat menandatangani kontrak, Farley meninggal pada tahun 1997. Kematiannya mengingatkan orang-orang atas tragedi yang menimpa Belushi. Farley ditemukan tewas akibat overdosis kokain dan morfin di Chicago John Hancock Center.

Editor’s Pick

  • Ternyata 8 Film Disney Ini Punya Akhir Cerita Lain Yang Gak Kamu Duga Sebelumnya
  • Penggemar Marvel Merapat! Film Deadpool 2 Selesai Syuting dan Ini Tanggal Rilisnya!
  • Bro, Apa Kamu Masih Ingat 12 Film yang Hits di Tahun 90an ini?

6. Misteri pembunuhan Paul Hartman

via rollingstone.com

Beberapa kabar mengklaim bahwa Chris Farley menunjukkan naskah Atuk kepada komedian Phil Hartman. Tragisnya, Hartman dibunuh oleh istrinya hanya beberapa bulan setelah kematian Farley. Usut punya usut, Hartman ternyata adalah calon pemeran pendukung di film Atuk.

7. Skenario Atuk dan kutukan abad pertengahan

via medievalists.net

Sebagian orang menghubungkan kutukan Atuk dengan “kutukan buku” yang terkenal di abad pertengahan. Kutukan buku adalah semacam jampi-jampi atau sihir yang dimasukkan ke dalam sebuah buku. Barang siapa yang mencuri buku tersebut dari pemiliknya niscaya akan mengalami kemalangan, atau bahkan kematian.

8. Atuk bukanlah satu-satunya skenario film yang terkutuk

via ranker.com

Chris Farley, John Candy, dan John Belushi memiliki kesamaan: mereka semua dipertimbangkan untuk peran Ignatius J. Reilly, tokoh utama dalam A Confederacy of Dunces. Skenario yang diadaptasi dari novel pemenang Pulitzer Prize karangan John Kennedy Toole ini telah dikembangkan menjadi film sejak tahun 1980. Tetapi seperti dalam kasus Atuk, proyek ini masih tersimpan rapi di dalam laci.

Sungguh ironis ya, Atuk yang pada dasarnya adalah sebuah kisah komedi malah menyimpan kengerian dan misteri yang lebih-lebih dari film horor. Kamu mungkin punya pemikiran skeptis mengenai kutukan Atuk, tapi alasan-alasan tragis mengapa film ini tidak pernah rampung sudah cukup untuk membuat bulu kuduk bergidik, hiii. Berminat membaca naskah Atuk, guys? Kamu bisa menemukannya di internet kalau kamu penasaran, hehe.

Menurut kamu sendiri apa benar Atuk mengandung kutukan, atau cuma kebetulan saja aktor-aktor tersebut meninggal?