8 Indikator Ini Bisa Jadi Petunjuk Kamu Sudah Semakin Dewasa Atau Cuma Tambah Tua

1. Egois

Via: cdn.natgeotv.com.au

Bersikap egois dan hanya mementingkan diri kamu sendiri jelas bukan indikator kamu sudah cukup dewasa dalam menjalani kehidupan. Orang yang mampu bersikap dewasa akan memikirkan efek tindakan yang ia lakukan terhadap orang lain, jadi gak melulu mikirin aku, aku dan aku.

2. Hobi Curhat Di Medsos

Via: ibtimes.com

Masih hobi bombardir timeline orang sama curhatan kamu? Kalau kamu masih sedikit-sedikit harus mengunggah tentang apa yang kamu rasain supaya dilihat banyak orang, hal ini menunjukkan sifat kekanak-kanakan. Padahal, bersikap dewasa di media sosial itu gampang banget: unggah hal yang memang perlu diunggah dan jangan mengunggah sesuatu yang bersifat pribadi hanya demi mencari perhatian orang.

3. Kecewa Sama Hal Sepele? Masih Jaman?

Via: wtop.com

Orang yang sudah dewasa gak akan membesar-besarkan suatu hal yang kecil, termasuk ketika ia merasa kecewa sama hal-hal yang bersifat sepele. Mereka akan lebih memilih untuk fokus memperbaiki hal-hal yang membuat mereka meresa kecewa tersebut menjadi hal yang lebih baik.

4. Menghadapi Perbedaan

Via: ipunablack.files.wordpress.com

Akhir-akhir ini kita sering banget melihat berbagai konflik yang dipicu sama perbedaan yang ada di sekitar kita, padahal sejak dulu Indonesia memang sudah dikenal sebaha negara yang kaya akan beragam perbedaan baik dari adat, suku maupun budaya. Sayang banget kalau kita menyia-nyiakan hal tersebut dengan bersikap gak dewasa dan menjadikan semua perbedaan itu sebagai suatu permasalahan.

5. Sedikit Bicara Banyak Bekerja

Via: shutterstock

Punya ide dan kebanyakan wacana itu dua hal yang berbeda loh, guys. Mempunyai sebuah ide dan mengaplikasikannya adalah langkah awal kita dalam mencapai tujuan yang kita inginkan, tapi kalau kebanyakan wacana sih kamu cuma puas berkutat di ide dan gak punya niat seius buat mewujudkan ide kamu tersebut. Sayang loh kalau ide-ide cemerlang kamu cuma jadi bahan obrolan di warung kopi doang.

6. Emosi

Via: candiru.com.br

Kalau kamu masih suka gampang emosian karena hal-hal kecil, coba deh mulai sekarang berpikir lebih tenang dalam menghadapi suatu masalah. Dengan begitu kamu gak hanya akan jadi sosok yang lebih dewasa, tapi kita juga bakal menemukan kedamaian dalam diri kita.

7. Mengubah Pendapat Saat Diperlukan

Via: shutterstock

Seseorang yang bersikap dewasa mampu mengubah pendapatnya tentang suatu hal begitu ia menerima informasi tambahan yang terkait dengan hal tersebut. Keukeuh mempertahankan sebuah pendapat padahal sudah jelas-jelas pendapat kamu salah cuma bakal bikin kamu jadi tertawaan banyak orang.

8. Gak Disukai Orang? Santai Aja

Via: birminghammail.co.uk

Disukai semua orang adalah hal yang mustahil terjadi sama siapapun. Makanya kalau ada orang yang gak suka sama kamu, kamu gak perlu cemas apalagi sedih berkepanjangan, santai aja… Mendingan fokus sama orang-orang yang bisa bikin kamu bahagia daripada menyedihkan hal yang gak perlu.

Setelah membaca 8 indikator di atas, apa kamu udah tahu kamu termasuk ke dalam kategori yang sudah dewasa atau masih bersikap kayak anak kecil? Kalau ternyata kamu belum bersikap dewasa, tetap semangat untuk memperbaiki diri jadi lebih baik, ya! Semangat!