8 Makanan yang Biasa Dikonsumsi Manusia Ini Ternyata Berbahaya untuk Anjingmu lho!

Kenapa aku sering disebut-sebut?/via Dogster.com

Tapi nggak semua orang yang memelihara anjing itu ternyata tahu cara merawatnya. Meski anjing pada dasarnya merupakan hewan karnivora (dilihat dari bentuk gigi dan cara dia makan), tapi hewan ini bisa makan apa saja yang kamu sodorkan kalau dia sedang lapar.

Ada lho beberapa makanan yang harus masuk daftar black list jika kamu ingin memberi makan anjing peliharaan atau anjing liar yang kamu temui. Di bawah ini ada 8 daftar makanan yang biasa kita konsumsi, tapi bisa membahayakan anjing.

1. Avokad

via bbcgoodfood.com

Buat manusia, buah ini punya banyak manfaat bagi tubuh. Namun bagi anjing, semua bagian dari buah ini, seperti kulit, biji, daun, dan daging, ternyata mengandung racun yang bernama persin. Memang nggak semua jenis anjing bakal mengalami sakit perut, atau kesulitan bernapas setelah makan avokad. Tapi untuk jaga-jaga mending hindari deh.

2. Cokelat

via mentalfloss.com

Apa yang kita suka belum tentu baik bagi mereka. Kalau kamu ketagihan makan atau minum coklat, anjing yang mengkonsumsinya bakal bisa terkena diare, muntah, dehidrasi, detak jantung nggak beraturan, kejang, tremor, bahkan sampai mati. Hiiiii. T

ernyata pelakunya adalah theobromine yang ada di dalam semua jenis coklat. Tenang… theobromine aman kok buat manusia.

3. Makanan manis

via medicalnewstoday.com

Buat manusia saja, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa menyebabkan masalah kesehatan. Apalagi anjing. Makanan manis dalam jumlah terlalu banyak dapat menyebabkan anjing terkena obesitas, masalah kesehatan gigi, dan diabetes.

4. Susu, keju, es krim, atau olahan susu lain

via nutritionreview.org

Nggak hanya kucing saja yang bakal bermasalah kalau mengkonsumsi susu sapi, anjing pun juga demikian. Hal ini disebabkan karena tubuh mereka nggak punya pencerna laktosa yang ada di dalam susu.

Memang ada anjing yang toleransi laktosanya cukup tinggi, tapi pemberian makanan ini bisa menyebabkan mereka muntah, diare, atau masalah pada pencernaan. Makanya kalau punya susu, keju, atau es krim, mending kamu makan sendiri. Jangan dibagi-bagi ke anjing.

Editor’s Pick

  • Melihat Warna Saat Mendengar Musik? 5 Orang Terkenal Ini Adalah Bukti Hal ini Mungkin Terjadi
  • 3 Efek Psikologis yang Bikin Kamu Berubah Sikap di Keadaan Tertentu Plus Cara Menghadapinya
  • Fans Studio Ghibli Masuk deh, Yuk Intip Suasana Restoran Bertema Totoro Pertama di Dunia
  • Ingin Muka Kinclong Seperti Artis Korea? Ada 18 Tahap, Lho!
  • Kamu Mahasiswa yang Tertarik Jadi Freelance Writer? 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan dari Sekarang

5. Bawang & Bawang putih

via medicalnewstoday.com

Ngapain ngasih anjing bawang? Jangan salah, gimana kalau kamu lagi ngerasa tajir dan pengin ngasih Big Mac yang ada bawangnya buat anjingmu? Meski dalam dosis yang kecil nggak ada masalah, tapi kalau keseringan atau dalam porsi besar, bawang bisa bikin keracunan dan merusak sel darah merah mereka sehingga rentan terkena anemia. Kalau sudah keracunan biasanya bakal lemas, muntah-muntah, sesak nafas, dan nggak selera makan.

6. Daging dan telur mentah

via Esquire.com

Loh? Anjing kok nggak boleh makan daging? Bukannya kalau anjing liar malah makan daging? Iya sih, tapi nggak semua anjing punyatingkat imunitas yang tinggi terhadap bakteri Salmonella dan E. coli, bakteri yang banyak ditemukan pada daging dan telur mentah.

Kalau memang kamu ingin memberi makan anjing daging mentah, pastikan dagingnya benar-benar segar. Pelajari bagaimana cara mempersiapkan daging mentah yang baik, seberapa banyak porsi untuk sekali makan, dan lakukan kontrol secara berkala.

7. Daging berlemak dan kacang-kacangan

via nueskes.com

Nggak hanya daging mentah yang jadi pantangan, bagian daging yang penuh lemak seperti bacon dan ham juga harus dihindari, meski daging itu sudah diolah dulu sebelumnya. Soalnya daging yang berlemak dan kacang-kacangan (kacang almond, kemiri, dan kenari) mengandung banyak minyak dan lemak. Lemak ini bisa menyebabkan anjing muntah, diare, dan pankreatitis.

8. Garam

via stevelaube.com

Selain daging mentah dan daging berlemak, ada satu daging lagi yang nggak boleh diberikan ke anjing, yaitu daging yang diolah dengan garam. Entah itu dibakar, digoreng, direbus, atau dikukus.

Nggak hanya daging, bahkan semua makanan yang mengandung garam harus dihindari. Soalnya garam dapat menyebabkan muntah, diare, suhu badan meninggi, kejang, dan rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan.

Hmm ribet juga ya. Nggak sih, kalau mau aman ya beli saja makanan anjing yang mudah kamu temukan di toko hewan. Atau gabung ke grup pencinta hewan dan minta saran makanan yang mudah dan murah untuk anjing.

Dari sebagian besar pembaca di sini, ada yang pernah memberi beberapa makanan dari daftar di atas?