9 Fakta Mencengangkan tentang Kebiasaan Orang Jepang Ini Bikin Kamu Melongo!

Ngomong-ngomong soal kebiasaan orang Jepang, berikut ini 9 fakta tentang kebiasaan orang Jepang yang bikin kamu melongo.

1. Pengguna sumpit terbanyak

via brightside.me

Penggunaan sumpit di Jepang cukup lebih banyak dibandingkan dengan sendok atau garpu. Setiap tahunnya masyarakat Jepang menghabiskan 25 miliar pasang sumpit dan diperkirakan kayu sebanyak itu bisa untuk membuat 17.000 rumah!

2. Seragam siswi yang mini

via brightside.me

Kalau kamu sering lihat seragam sekolah siswi di Jepang dengan rok mini dan baju ketatnya, ternyata seragam itu emang peraturan dari pemerintah Jepang, lho. Katanya sih buat memudahkan siswi bergerak bebas dan aktif. Hummm!

3. Pecinta lingkungan

via brightside.me

Kamu bakal kagum lihat parit di pinggir jalan Jepang yang dihuni oleh ikan koi. Ini menandakan air yang mengalir di parit cukup bersih dan layak dihuni makhluk hidup. Perlu dicontoh nih buat pengairan di Indonesia.

4. Menganggap bahwa angka 4 merupakan angka pembawa sial

via brightside.me

Angka 4 sangat dihindari oleh masyarakat Jepang. Mulai dari lantai bangunan, nomor kamar, atau bahkan tempat parkir selalu menghindari adanya angka 4. Ini dikarenakan angka 4 yang dibaca “shi” mirip dengan kata “kematian” dalam bahasa Jepang.

5. Kucing hitam pembawa keberuntungan

via brightside.me

Di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia, keberadaan kucing hitam seringkali dikaitkan dengan setan atau hal-hal buruk yang harusnya dihindari. Tapi di Jepang, kucing hitam ini dianggap membawa keberuntungan, lho!

6. Mengeluarkan suara ‘sruput’ saat makan

via brightside.me

Suara makan orang Jepang selalu berisik, karena semakin berisik suara makannya maka semakin menunjukkan kelezatan makanannya. Ini juga untuk mengapresiasi masakan yang enak sekaligus memuji pembuat masakannya. Kalo di Indonesia kebalikannya ya, sebisa mungkin malah harus makan tanpa suara.

7. Pecinta kebersihan

via brightside.me

Sedari kecil masyarakat Jepang udah diajari untuk hidup bersih dan menjaga kebersihan. Bahkan di sekolah TK, membersihkan kelas dan kamar mandi dilakukan oleh siswa TK tersebut. Nggak heran kalau Jepang terkenal dengan kebersihannya.

8. Hormat dengan cara membungkuk

via brightside.me

Udah jadi budaya masyarakat Jepang untuk membungkuk ketika memberi penghormatan saat bertemu dengan orang lain. Semakin dalam membungkuknya maka semakin besar apresiasi terhadap orang di depannya. Beda banget sama kita di Indonesia dan beberapa negara kebanyakan yang berjabat tangan sebagai simbol sapaan saat berinteraksi dengan hangat.

9. Tidur saat kerja

via brightside.me

Di Jepang tidur saat kerja diperbolehkan dan sangat disarankan. Hal ini dikarenakan beban kerja para pekerja di Jepang cukup berat sehingga sering terjadi kasus kematian mendadak karena kurang tidur. Jadi tidur saat kerja sah-sah aja buat pekerja Jepang.

Bisa kamu lihat dari poin-pon di atas kalau Jepang memang punya budaya sendiri yang unik dan nggak ada di negara lain. Bahkan beberapa budayanya terkesan nyeleneh bagi kita karena sangat berbeda dengan apa yang umum di negara-negara lain. Tapi itu yang bikin Jepang selalu menarik untuk dibahas dan dikunjungi. Yuk liburan ke Jepang!

Sumber: brightside