9 Hal yang Baiknya Kamu Tanyakan Pada Diri Sendiri Setiap Hari agar Tak Menyesal di Hari Tua

via pixabay.com

Di satu titik dalam kehidupan, kita pasti dihadapkan pada beberapa pilihan yang nantinya akan memengaruhi kehidupan kita secara keseluruhan. Misalnya saja, kamu mendapat tawaran kerja dengan upah tinggi namun sangat tidak kamu minati. Di sisi lain, kamu pun punya kesempatan untuk mengarungi pekerjaan yang kamu impikan namun dengan upah sedikit di bawah standar.

Dalam keadaan seperti itu, jika kamu “meminta bantuan” saran pada artikel-artikel yang bisa kamu temukan, mungkin nyaris semua artikel itu akan menyarankanmu untuk mengejar impian; pilihan yang kedua. Artikel ini pun tidak ada bedanya, karena saya juga bakal memberi kamu saran yang sama.

Tapi, bagaimana jika keadaannya bertambah pelik? Sebutlah kondisi keuangan keluarga seolah tak mengizinkanmu untuk mengejar mimpi. Sehingga ujung-ujungnya, pilihan yang nampak masuk akal bagimu hanyalah dengan menerima tawaran kerja yang pertama; pekerjaan yang tidak kamu minati tapi menawarkan kamu upah tinggi.

Yup, terkadang kita memang tak bisa memutuskan sesuatu seenak jidat. Ada kondisi-kondisi tertentu yang bisa saja membatasi kita untuk melakukan suatu hal. Tak peduli seberapa hebatnya seseorang, jika kondisi tidak memungkinkan, maka orang itu tak akan bisa melakukan apa-apa.

Contoh kecilnya (saya mengutip ini dari suatu sumber lisan), apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa Soekarno dan Hatta tidak memproklamasikan kemerdekaan sebelum tanggal 17 Agustus 1945? Kenapa mereka tidak melakukannya setahun sebelumnya, misalkan.

via paskibsmansamaros.blogspot.com

Jawabannya, meskipun tak ada seorang pun yang akan membantah kehebatan kedua sosok itu, tapi kondisi sebelum pertengahan Agustus 1945 tidak memungkinkan mereka memproklamasikan kemerdekaan.

Tapi itu bukan berarti kita mesti berpasrah diri dan menerima begitu saja apa yang tersedia bagi kita. Sebuah kondisi yang tidak memungkinkan, tentu bisa dirubah menjadi kondisi yang memungkinkan jika kita memang turut berusaha untuk merubahnya. Dan jika bisa, kenapa tidak merubah kondisi itu sembari terus mengejar impian?

via pixabay.com

Seperti dirangkum dari Lifehack, untuk melakukannya, salah satu syaratnya adalah kita harus punya tujuan hidup dan penegasan diri. Apa itu penegasan diri? Begini, kita adalah seorang manusia yang tergabung dalam suatu masyarakat. Kita punya nilai di mata masyarakat, dan kita adalah makhluk yang berguna. Karena itu pula kita mesti memercayai dan menghargai diri sendiri. Itulah penegasan diri!

Jadi, selama impian kamu mempunyai nilai kegunaan bagi masyarakat, kejar terus impianmu. Bahkan jika kamu diiming-imingi tawaran menarik misalnya, apabila tawaran itu menghalangi kamu dalam proses mengejar impian, sebaiknya kamu tolak tawaran tersebut.

Untuk membantu kamu mengejar apa yang kamu inginkan dan mempraktikkan penegasan diri, ada baiknya bila kamu rutin mengajukan 9 pertanyaan ini pada diri sendiri.

1. Apakah Saya Bahagia?

Karena kebahagiaan adalah hal yang paling penting dalam hidup.

2. Apakah Saya Merasa Antusias dalam Menjalani Hidup?

Jika tidak, semangatmu dalam melakukan kegiatan sehari-hari pun tidak akan maksimal.

3. Apakah Kehidupan yang Saya Jalani Sekarang Adalah Kehidupan yang Selalu Saya Idamkan?

Tanyakan juga pada diri sendiri, apa yang kamu mau dalam hidup?

4. Apakah Hari Ini Saya Membuat Keputusan yang Akan Berpengaruh Secara Positif Terhadap Kehidupan Saya Besok?

Karena apa yang kita lakukan hari ini, bisa jadi langkah besar yang akan membantu kita di kemudian hari.

5. Apakah Kegiatan Sehari-hari Saya Membuat Saya Bisa Memenuhi Target-Target Jangka Panjang?

Minimalisir sedikit mungkin kegiatan yang membuang-buang waktu.

6. Apakah Hari Ini Termasuk Salah Satu Hari yang Bisa Membantu Saya Meraih Cita-Cita?

Coba renungkan kembali.

7. Apakah Saya Sudah Memanfaatkan Banyak Peluang?

Walaupun peluang tidak muncul setiap saat, tapi kita harus jeli dalam melihatnya.

8. Apakah Saya Bangga Melihat di Mana Saya Berada Sekarang?

Sebelum menanyakan pendapat orangtua, tak ada salahnya bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu.

9. Apakah yang Saya Lakukan Hari Ini Sudah Membuat Saya Puas?

Karena “hari esok” mungkin tak akan pernah datang.

Ajukan pertanyaan di atas setiap hari, tapi tak perlu semuanya. Cukup kamu pilih beberapa saja.

Jadi, apa kamu sudah merasa lebih siap untuk memenuhi impianmu?