9 Makhluk Mitologi Ini Namanya Jarang Terdengar, Tapi Penampakannya Bikin Kamu Merinding

Namun, ada juga beberapa makhluk mitologi lain yang kurang terkenal tapi gak kalah mengerikan lho. Seniman asal Portugal, Bruno Santos, berhasil mengilustrasikan 9 di antaranya. Meskipun jarang terdengar, 9 makhluk ini punya wujud dan cerita yang menyeramkan dan bisa bikin kamu merinding. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung aja kita simak daftar yang dilansir dari Boredpanda berikut ini.

1. Jorōgumo

via boredpanda.com

Berdasarkan cerita masyarakat Jepang, Jorogumo adalah siluman laba-laba yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Dia bisa mengubah wujudnya menjadi wanita cantik yang suka merayu lelaki tampan, membungkusnya dengan jaring laba-laba, lalu kemudian memakannya.

2. Manananggal

via boredpanda.com

Manananggal berasal dari cerita rakyat Filipina. Dia adalah makhluk mitos yang hampir mirip dengan vampir namun lebih menakutkan. Manananggal sering digambarkan berwujud wanita dan bisa memutuskan tubuh bagian atasnya. Sayapnya yang seperti kelelawar digunakan untuk terbang mencari mangsa di malam hari.

3. La Llorona

via boredpanda.com

Masih inget film horor berjudul Mama (2013)? Hantu dalam film tersebut ternyata terinspirasi oleh makhluk mitologi yang satu ini.

“La Llorona” bisa diartikan sebagai “wanita yang sedang menangis”. Makhluk ini sebelumnya adalah seorang ibu yang bunuh diri setelah menenggelamkan anak-anaknya di sungai Meksiko dalam upaya pembalasan dendam terhadap suaminya. Arwah sang ibu kemudian gentayangan setiap malam sambil berteriak ¡Ay, mis hijos! (“Oh, anak-anakku”). Legenda ini jadi peringatan terhadap anak-anak supaya tidak keluar rumah di saat hari sudah gelap. Kalau melanggar, La Llorona akan menculik dan menenggelamkan mereka di sungai.

4. Wendigo

via boredpanda.com

Wendigo adalah makhluk setengah binatang yang berasal dari legenda suku Indian di Amerika. Seseorang bisa berubah menjadi wendigo jika dia melakukan praktik kanibalisme.

5. Rokurokubi

via boredpanda.com

Rokurokubi adalah makhluk mitos asal Jepang yang berwujud wanita cantik di siang hari. Namun ketika malam tiba, tubuh Rokurokubi beristirahat dengan tenang sedangkan lehernya memanjang, berkelana mencari darah untuk dihisap, terkadang sampai memakan korbannya.

6. La Gegua

via boredpanda.com

Makhluk dari legenda Nicaragua ini sejenis siluman. Biasanya dia berwujud wanita cantik berambut panjang yang suka merayu lelaki pemabuk dan pria hidung belang. Mereka bakal tergoda oleh La Gegua sebelum akhirnya siluman tersebut menampakkan wajah aslinya; kepala dengan tengkorak kuda. Kata-kata yang La Gegua ucapkan kepada para korbannya begitu mengerikan hingga bisa membuat mereka gila.

Editor’s Pick

  • Hiiiy… Kisah 5 Pembunuh Berantai Ini saking Sadisnya sampai Diangkat ke Serial TV, Guys!
  • Seniman Ini Ilustrasikan 17 Karakter Populer dengan Gaya Unik. Hasilnya Bikin Lupa Berkedip
  • Nggak Cuma Mona Lisa, 11 Lukisan Ini Juga Penuh Misteri

7. La Mano Peluda

via boredpanda.com

Menurut legenda Meksiko, “La Mano Peluda” atau “Tangan Berbulu” adalah milik seorang pria yang terbunuh pada saat inkuisisi di Meksiko. Tubuh pria tersebut dipotong-potong dan dikubur di pemakaman tua suku Indian. Hanya tangannya yang hidup kembali, dan bersembunyi dalam kegelapan di bawah ranjang anak-anak yang bertingkah nakal. Korbannya akan di tarik ke kolong ranjang kemudian menghilang begitu saja.

8. Bubak

via boredpanda.com

Bubak berasal dari cerita rakyat Ceko. Biasanya digambarkan sebagai monster berwujud orang-orangan sawah yang bisa menangis seperti bayi. Tangisan tersebut tidak lain hanyalah umpan untuk membawa korbannya menuju kematian mereka.

9. Bake-kujira

via boredpanda.com

Bake-kujira (Paus Hantu) adalah hantu berwujud kerangka paus raksasa yang biasanya ditemani oleh burung dan ikan-ikan aneh. Mereka muncul pada malam hujan di dekat desa-desa perbukitan pesisir Jepang, menakut-nakuti para nelayan dan memberikan kutukan kuat kepada siapa saja yang melihatnya. Kutukan yang dibawanya berupa bencana kelaparan, wabah penyakit, kebakaran, dan berbagai bencana lainnya yang akan melanda desa-desa.

Hiii, untung aja 9 makhluk tadi cuma mitos, ya. Kalau benar-benar ada kemungkinan besar hidup manusia bakal dibuat tidak tenang. Tapi di masa lampau siapa tahu mereka benar-benar ada, atau mungkin mereka memang ada, hanya sedang bersembunyi dan menunggu waktu yang tepat untuk meneror manusia lagi. Menurut kamu gimana? Hehe.