Amanda Surya, Programmer Cantik Indonesia yang Kejeniusannya Bikin Google Klepek-klepek

Namun hal tersebut tak berlaku pada sosok Amanda Surya, gadis cantik asal Indonesia yang  kini sukses berkarir di Google. Tak banyak yang tahu, gadis pintar lulusan universitas ternama di AS tersebut, direkrut oleh Goolge tanpa harus bersusah payah melamar seperti karyawan kebanyakan. Seperti apa kisahnya, simak ulasan dibawah berikut ini.

Bekerja sebagai developer professional setamat kuliah

Setamat kuliah di University of Texas dan Carnegie Mellon University, Amanda Surya yang memulai karir professional sejak 2007 silam, bekerja sebagai software engineer di perusahaan telekomunikasi AT&T dan Bank of America di Amerika Serikat.

Bekerja di perusahaan besar [image source]

Yang istimewa, tak banyak orang Indonesia yang bisa merasakan atmosfer kerja di tempat tersebut. Terlebih, dirinya yang seorang wanita dengan jabatan sebagai seorang programmer, terbilang sangat langka pada saat itu. Perlahan tapi pasti, dirinya mulai menapaki karirnya sedikit demi sedikit.

Dilamar secara eksklusif oleh Google

Jika karyawan lainnya harus “antri” terlebih dahulu untuk bergabung Bersama Google, lain halnya dengan Amanda Surya. Ditunjang keahliaan dalam bidang pemrograman dan pengalamannya di sejumlah perusahaan besar AS, dirinya langsung “dilamar” oleh Google agar bisa segera bergabung dengan perusahaannya. Sebagai info tambahan, Google

“Dilamar” Google [image source]

Meski begitu, bukan dirinya masuk tanpa sejumlah test. Untuk menguji kemampuan dan kesiapannya, Amanda Surya diharuskan membuat sebuah program komputer selama dua hari. Jika berhasil, pihak Google akan memberikan sebuah wawancara khusus. Tak disangka, dirinya sukses melewati tantangan tersebut dan resmi bergabung dengan Google.

Menjadi orang penting di jajaran Developer Google

Bekerja sebagai seorang programmer di perushaan sekelas Google, tentu bukan perkara mudah bagi perempuan seperti dirinya. Terlebih, posisi dan suasana kantornya tersebut lebih banyak didominasi oleh pekerja pria. Meski begitu, dirinya tetap percaya diri menjalankan semua tugas – tugasnya. Bagi Amanda pribadi,

Jadi orang penting di Google [image source]

Wanita yang kini bekerja di induk perusahaan Google, Alphabet, dulunya pernah terlibat dalam proyek ker tim yang menangani produk  Google Wallet, YouTube dan Android. Sebelumnya, wanita cantic yang sudah berkeluarga tersebut pernah menjabat sebagai Head of Engineering Program Management untuk Nest.

Keinginan Untuk Pulang ke Indonesia

Lama berkarir sebagai developer professional di perusahaan sekelas Google, membuat seorang Amada Surya sempat merindukan untuk pulang kampung ke Indonesia. Namun hal tersebut tampaknya belum dapat terealisasi dalam waktu dekat. Selain masih ingin lebih banyak berkarya di Google, posisi jabatannya yang strategis d Google menjadi salah satu alasan, mengapa dirinya menunda kepulangan ke tanah air tersebut.

Rindu kampung halaman [image source]

Trend startup yang berkembang di Indonesia Sekarang ini, ternyata belum mampu minat dari Amanda Surya untuk “hijrah” dari Google dan kembali ke tanah air. Menurut dirinya, mendirikan sebuah usaha berbasis teknologi di Indonesia, tentu memerlukan ide yang tajam, persiapan matang dan yang terpenting, mampu menyelesaikan masalah yang ada. Hingga saat ini, Amanda Surya masih  fokus untuk berinovasi dan menciptakan produk yang bermanfaat di Google.

Sudah sepatutnya Indonesia untuk bangga. Pasalnya, sosok Amanda Surya merupakan salah satu perwakilan Indonesia yang bekerja di perusaahaan besar sekelas Google. Selain itu, dirinya juga berpesan kepada jutaan anak muda di Indonesia, untuk lebih meningkatkan ilmunya agar bisa menjadi seseorang yang professional dibidangnya. Selain itu, percaya pada diri sendiri, juga bisa menjadi resep ampuh yang telah diterapkannya untuk dicontoh agar bisa sukses dimanapun kita berada.