Apa Ulasan Negatif di Internet itu Bisa Kamu Percaya? Pikir-Pikir Lagi kalau Kamu Mau Beli Barang

via WebAppick

Tapi, tunggu dulu… apa kamu yakin semua ulasan dari konsumen yang sudah pernah membeli atau mengunjungi suatu tempat itu bisa dipercaya dan ditelan mentah-mentah? Baiknya kamu pikir-pikir ulang deh.

“Kok gitu? Bukannya orang yang beli barang atau datang ke suatu tempat itu udah tahu kualitas dari barang atau pelayanan tempat tersebut?”

Ya, memang. Tapi terkadang ada juga ulasan yang ditulis secara ngawur dan nggak pada tempatnya.

“Ngawur gimana? Ah, ini pasti penulisnya sakit hati karena barang yang dijualnya dapat rating bintang satu dan ulasannya jelek.” Bukan gitu malasahnya. Lagian saya bukan pedagang online shop. Ngawur yang dimaksud adalah ulasan dan rating jelek yang mereka tulis terkadang di luar kuasa dan bukan kesalahan dari pemilik usaha.

Pernah baca ulasan dari suatu barang yang pembelinya kasih bintang satu karena pengiriman barang yang molor dari kurir? Atau ulasan yang isinya “Barang sudah sampai, bintang satu dulu nanti diganti kalau barang sudah dibuka,” tapi akhirnya kelupaan dan nggak diganti-ganti? Atau mereka memberi bintang satu pada tempat wisata/penginapan karena penerbangan mereka mengalami masalah? Atau karena mereka keracunan makanan di luar tempat wisata atau penginapan?

via Connecting Directors

Editor’s Pick

  • 5 Kasus Gangguan Psikologis Ganjil yang Bisa Bikin Kamu Mengernyitkan Dahi Saat Mendengarnya
  • Ngeri Banget, 7 foto ini Diambil Beberapa Saat Sebelum Orang-Orang Ini Meninggal
  • Mengejutkan! Ternyata Ada Kisah Kelam Dibalik Cerita Yang Menemani Masa Kecil Kita!
  • 9 Makhluk Mitologi Ini Namanya Jarang Terdengar, Tapi Penampakannya Bikin Kamu Merinding

Nah, hal-hal itulah yang menguatkan alasan untuk tidak begitu saja memercayai ulasan bintang satu atau dua. Kalau ingin penjelasan yang lebih saintifik, kamu bisa baca penelitian ini.

Oleh karena itu, supaya lebih obyektif dalam menilai suatu ulasan, jangan hanya melihat dari bintang doang. Tapi baca dulu alasan kenapa mereka memberi bintang tersebut. Kalau memang kesalahan berasal dari pemilik usaha, ya wajar. Kamu batalkan saja rencana beli barang atau pilih tempat lain buat rencana wisata kamu.

Tapi kalau ternyata kesalahan bukan dari pemilik usaha? Ya jangan dipercaya ulasannya.

Kan kasihan si penjual nggak salah apa-apa tapi dapat penilaian buruk yang dapat menurunkan performa toko mereka. Toh kesalahan ada di luar kuasa mereka. Ingat, kalau disengaja hal tersebut juga bisa termasuk menzalimi orang lain lho.

Apa kamu pernah menjadi tersangka pemberian bintang satu karena kesalahan di luar pihak pemilik usaha? Bisa diceritakan kronologinya di kolom komentar, nggak?