Ayo Mulai Lakukan 6 Kebiasaan Kecil Ini dan Hidup Kamu Akan Terasa Lebih Baik!

Sebetulnya, keinginan buat berubah menjadi lebih baik itu selain harus dimulai dari komitmen kamu sendiri, juga bisa dimulai dari hal-hal kecil yang gak bikin kamu ngerasa terbebani. Percaya atau gak, enam kebiasaan kecil ini bisa jadi awal mula kamu jalanin agenda perubahan kamu dengan super gampang, loh. Yuk, dicek satu-satu.

1. Buang Barang-Barang Yang Udah Gak Kamu Perluin

Via: static01.nyt.com

Apakah mama kamu geleng-geleng kepala pas lihat isi kamar kosan kamu berantakan kayak kapal pecah? Tinggal di kosan memang salah satu cara buat bikin kamu lebih mandiri. Tapi, mandiri gak sebatas soal tinggal terpisah sama orang tua aja tapi juga gimana kamu bertanggung jawab sama keadaan tempat tinggal kamu. Mulai sekarang biasain pilah barang-barang yang udah gak kamu pakai buat dibuang atau dikasih ke yang lebih membutuhkan. Cara ini gak cuma bakal bikin kamu jadi pribadi yang lebih rapi, tapi juga bisa melatih rasa berbagi ke sesama di diri kamu.

2. Berhenti Kelamaan Mikir

Via: assets.entrepreneur.com

Kalau buat nentuin barang mana yang mau kamu buang aja butuh waktu berhari-hari, gimana kamu bisa ngelakuin hal yang lebih besar di hidup kamu? Mulai sekarang jangan kelamaan mikir kalau mau ngelakuin sesuatu, berlatih buat berpikir praktis bisa bikin waktu yang kamu punya jadi lebih produktif, loh!

3. Bikin Kaleng Khusus Buat Nyimpan Uang Receh

Via: Freepik.com

Sering banget uang receh hasil kembalian yang kita dapat dari mini market tergeletak dimana aja dan cuma ngotor-ngotorin ruangan. Padahal kalau uang receh ini dikumpulin, kamu bisa punya tabungan buat bayar keperluan sehari-hari kamu yang sifatnya mendadak. Jadi, simpan receh di tempat khusus seperti celengan atau toples kecil. Dengan cara ini, minimal kamu jadi punya stok buat bayar parkir pas jalan-jalan ke mall.

4. Selesaikan Tugas Kamu Sebelum Kamu Tidur

Via: Freepik.com

Biasain bikin catatan tentang apa aja tugas yang harus kamu selesein besok dan selesein semua itu sebelum kamu tidur di malam hari. Selain kamu jadi bisa tidur nyenyak tanpa kepikiran tugas yang belum selesai, kamu juga bakal punya waktu lebih banyak buat ngelakuin kegiatan-kegiatan positif di besok paginya, misalkan bikin sarapan sehat, olahraga sampai baca berita terkini di koran pagi.

5. Ajak Hewan Peliharaan Kamu Jalan-Jalan

Vi: 4.bp.blogspot.com

Punya hewan peliharaan dipercaya bisa bikin seseorang jadi punya rasa empati yang lebih besar. Jangan sia-siain ini dengan nelantarin hewan peliharaan yang kamu miliki. Jadwalin rutin buat ngajak hewan peliharaan kamu jalan-jalan atau sekedar main di sore hari adalah hal yang super gampang dan nyenengin buat dilakuin. Manfaatnya gak cuma bisa bikin kamu rileks, tapi kamu sama hewan peliharaan kamu juga jadi sama-sama sehat.

6. Biasa Nerima Penolakan

Via: Freepik.com

Siapa sih di dunia ini yang suka nerima penolakan? Yang ada kalau kita ditolak itu kan rasanya empet campur kesel. Tapi coba deh mulai sekarang gak usah lebay kalau ditolak seseorang, hadapi aja dengan sewajarnya, dengan begitu daya tahan kamu bakal lebih kuat dan kamu pun jadi bisa berlatih cara yang lebih baik ketika mau minta bantua orang lain.

Gampang, kan? Terbukti kalau mau bikin perubahan di hidup itu gak harus dimulai dari hal-hal gede yang susah dan njlimet. Eh iya, tips di atas jangan cuma dibaca sambil lewat ya, tapi dipraktekin juga. Selamat menuju pribadi yang lebih baik!