Baru Juga Tayang, Black Panther Sudah Masuk Daftar 7 Film Franchise Terlaris Sepanjang Masa

Film franchise pastinya selalu ingin menarik banyak penonton dan akan membuat film-filmnya semenarik mungkin, mulai dari casting aktor yang mumpuni sampai menggunakan special effect tercanggih pada masanya. Hasilnya tentu bikin film franchise sukses menyedot jumlah penonton lebih banyak dibandingkan jenis film lain.

Sejauh ini, pemegang predikat film franchise terlaris masih dipegang oleh film-film keluaran Hollywood. Dilansir dari situs ini, berikut adalah 7 judul film franchise dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

1. Film Adaptasi Marvel

via: variety.com

Total pendapatan: $13,508,505,227

Siapa yang gak kenal sama komik-komik keluaran Marvel? Ketenaran komik produksi mereka ini kemudian dilanjutkan melalui adaptasi berbentuk film di layar lebar. Hasilnya adalah film-film seperti The Avengers, Iron Man, Captain America, dan Guardians of the Galaxy sukses merajai berbagai bioskop di dunia. Total pendapatan di atas juga belum termasuk film terbarunya yaitu Black Panther yang sedang booming dan menjadi perbincangan hangat saat ini.

2. Star Wars

Via: mashable.com

Total pendapatan: $8,926,689,927

Film franchise yang sudah tayang sejak periode 80-an ini dikenal memiliki banyak fans fanatik dari berbagai kalangan. Plotnya yang complicated sukses membawa penonton terbawa emosi sampai ke luar bioskop. Apalagi, baru-baru ini, Disney sebagai pemegang hak cipta franchise baru saja melibatkan sutradara serial hits Game of Thrones yaitu David Benioff and D.B. Weiss untuk ikut bergabung dalam pembuatan film Star Wars selanjutnya. Kebayang, kan kerennya bakal kayak gimana?

3. Harry Potter

Via: denofgeek.com

Total pendapatan: $8,532,684,345

Kisah penyihir muda yang berjuang melawan penyihir jahat bernama Lord Voldemort ini sukses juga dalam “menyihir” mata jutaan penonton dari berbagai negara dan menjadikan mereka fans yang diberi nama Potterhead. Terdiri dari tujuh seri, sama seperti bukunya, film franchise Harry Potter menjadi salah satu film franchise terlaris sepanjang masa.

4. James Bond

Via: herostrike.com

Total pendapatan: $7,077,929,291

Pesona agen rahasia dengan misi berbahaya ternyata masih menjadi daya tarik utama film franchise yang sudah berkali-kali berganti pemain utama ini. Tayang di bioskop sejak tahun 1963 dengan seri pertama berjudul Dr. No, sampai saat ini, kemunculan film James Bond tetap ditunggu-tunggu oleh banyak penonton. Dari sekian banyak judul film yang tayang, Skyfall yang tayang pada tahun 2012 memegang peran penting dalam menyumbang pendapatan terbesar dalam film franchise ini.

5. The Lord of The Rings

Via: moddb.com

Total pendapatan: $5,895,804,182

Di urutan ke lima, franchise yang terdiri dari trilogi The Lord of The Rings dan, adaptasi terbarunya, trilogi The Hobbit yang mengisahkan kisah prequel-nya ini sukses meraup keuntungan jutaan dolar dari penayangannya di bioskop. Franchise ini mengisahkan perjuangan Bilbo Baggins dan dilanjutkan oleh keponakannya, Frodo Baggins, melawan kekuatan jahat cincin pusaka dengan yang harus dimusnahkan.

6. Fast and The Furious

via: digitaltrends.com

Total pendapatan: $5,139,434,105

Siapa yang bisa menolak keseruan kisah sekelompok orang beradu balap di jalanan menggunakan mobil-mobil mewah keluaran terkini? Gak ada. ini lah sebabnya Fast and Furious berhasil menjadi salah satu film franchise dengan pendapatan tertinggi di dunia.

7. X-Men

Via: booktrib.com

Total pendapatan: $5,016,911,347

Meskipun film franchise X-Men juga diadaptasi dari komik keluaran Marvel, tapi karena dinaungi agency yang berbeda, pendapatannya tidak bisa digabungkan dengan franchise Marvel di poin yang pertama. X-Men universe ini memiliki kisah terpisah dari Marvel di poin pertama namun tidak kalah unik dan populer. Beberapa jenis film franchise ini berhasil membuktikan hal tersebut dengan besarnya pendapatan dari masing-masing seri film X-Men yang telah dikeluarkan seperti Logan dan Deadpool.

Apakah dari ketujuh film di atas ada yang termasuk film favorit kamu? Kalau iya, coba share kesan kamu setelah menonton film tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya.