Begini 4 Cara Membungkam Haters dalam Hidup Kamu, Dijamin Lebih Bisa Nafas dengan Lega!

Dan nggak melulu di dunia maya, haters juga ada di dunia nyata. Mulai dari orang yang iri sama merek tas yang kamu punya, atau sekedar iri sama bentuk alis kamu yang tebel dari sononya, misalkan. Apalagi jika teman kamu yang merasa cemburu, menghadapinya pun bakal makin susah.

Perasaan benci itu sendiri muncul dari rasa iri dan cemburu terhadap apa yang berhasil dimiliki oleh orang lain. Singkatnya sih, nggak seneng gitu kalau lihat orang lain lebih sukses atau berhasil. Dan coba tebak, haters itu bukan fenomena yang baru muncul di zaman sekarang lho; dari dulu juga ada. Bahkan mungkin haters itu ada di setiap zaman.

Nah, buat kamu yang mulai eneg bin sebel sama haters yang hobi mengusik kehidupan kamu, coba yuk intip cara-cara membungkam haters dari Dr. Magdalena Battles yang ditulisnya di situs Lifehack.

1. Hapus komen dan blokir akunnya

via blogger.com

Saat ini para haters bisa beraksi lebih bebas lewat media sosial. Gampang aja, mereka tinggal duduk di balik layar dan melancarkan hinaan dengan bersembunyi di balik tombol komen. Kenal nggak kenal, bodo amat, yang penting penghinaan itu harus sampai ke orang yang mereka benci. Rasanya puas aja gitu kalau habis ngatain dan maki-maki orang lain.

Nemuin haters macam begini? Plis, langsung hapus aja komen dia. Jangan biarkan komen-komen busuknya merusak halaman medsosmu. Kalau perlu blokir aja akunnya. Meskipun dia temen kamu sendiri, kalau udah berubah jadi haters tetep nggak ngenakin juga, ‘kan?

Mengutip perkataan dari Magdalena, kamu nggak harus menoleransi perisakan di dunia online.

2. Bicarakan baik-baik

via farm6.staticflickr.com

Ada kalanya kamu bener-bener nggak bisa mengendalikan rasa marah dan cemburu mereka; tetep aja para haters bikin hidup kamu nggak nyaman. Apalagi kalau mereka udah memengaruhi kehidupan kamu dan serangannya berimbas negatif ke karier, pekerjaan, bahkan hubungan percintaan.

Kalau udah gini, nggak ada cara lain selain mencoba bicara baik-baik dengan orang tersebut. Tanyakan alasan kenapa mereka melakukan hal tersebut. Pastikan rasa marahmu udah mereda dan pikiranmu udah tenang ya saat bicara dengan mereka, supaya masalah nggak makin menjadi-jadi.

3. Hadapi dengan pikiran positif

via jurnalcowok

Kamu harus paham bahwa para haters mencaci karena mereka iri, kurang mampu, insecure, dan kurang merasa kurang nyaman dengan diri mereka. Jadi, masalahnya ada di diri mereka, sama sekali bukan di kamu. Kamu nggak salah, tapi haters yang punya masalah.

Coba deh balas komen negatif mereka dengan komen positif. Intinya, kamu nggak menanggapi kebencian mereka dengan kebencian juga, tapi justru balik merespons dengan pujian atau kalimat positif. Pasti perasaanmu bakalan lebih baik ketimbang meladeni hinaan mereka dengan kemarahan. Toh, kamu udah tahu ini kalau dasar dari kebencian mereka adalah perasaan iri.

4. Abaikan dan hindari

via independent.co.uk

Kadang para haters ini bener-bener bisa mengusik kehidupan kamu. Meski udah diomongin baik-baik sekalipun, mereka tetep benci sama kamu. Semua yang kamu lakukan salah di hadapan mereka. Kalau udah sampai tahap ini, segera hapus mereka dari kehidupan kamu. Anggap aja mereka nggak pernah ada. Kalau kamu bertemu mereka, hindari saja. Dan kalau situasi memaksa kamu buat mendengar kata-kata negatif mereka, kamu abaikan saja perkataannya.

Jangan sampai waktu dan hidupmu tersita cuma buat ngurusin mereka. Ketika kamu bener-bener udah mengabaikan mereka, hidupmu bakalan lebih tenang dan bahagia.

Itu dia cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan menghentikan aksi para haters. Coba lakukan dan kamu bakalan dapet kehidupan yang lebih nyaman. Nggak mau kan hidupmu sampai jadi rusak cuma gara-gara haters? Semangat ya!