Begini 5 Cara Supaya Terhindar dari Penipuan Umroh, Jangan Sampai Jadi Korban!

Pilih yang murah sih boleh aja, asal jangan sampai jadi korban travel umroh abal-abal macem First Travel ya. Karena saat ini penipuan umroh lagi booming banget lho, dan nggak cuma First Travel aja yang ngelakuin, masih banyak biro jasa lain yang nipu juga! Waduh!

Terus gimana dong cara tahu kapabilitas biro umroh? Coba lakukan tips berikut ini.

1. Pastikan biro umroh yang kamu pilih punya izin dari Kemenag RI

via dream.co.id

Sebelum memilih salah satu biro umroh untuk memfasilitasi ibadahmu, pastikan terlebih dahulu bahwa agen tersebut memiliki izin resmi dari Kemenag RI. Jangan segan untuk bertanya mengenai izin tersebut. Kalau emang biro tersebut terpercaya, pasti mereka mau menjawab dan membuktikan kok.

2. Harga paket nggak terlalu jauh dari harga standard

via dream.co.id

Pilih biro umroh yang menawarkan harga yang mendekati harga standard. Untuk itu kamu perlu mensurvey terlebih dahulu berapa harga normal untuk melakukan perjalanan umroh. Yang jelas beda tipis itu wajar, tapi perbedaan mencolok wajib bikin kamu curiga.

3. Pastikan kamu bertransaski dengan akun bank atas nama perusahaan, bukan pribadi

via hipwee.com

Hindari mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi. Biro umroh yang kredibel pasti punya rekening atas nama perusahaan yang resmi, bukan sekedar nama pribadi.

4. Setelah bayar harus langsung berangkat, jangan mau disuruh nunggu

via travelingyuk.com

Perjalanan umroh itu beda dengan haji yang harus menunggu antrian lama. Begitu kamu lunas membayar, kamu bisa langsung berangkat. Nah kalau kamu disuruh menunggu sampai waktu tertentu, apalagi sampai berbulan-bulan, kamu wajib curiga. Mending cari jasa umroh yang lain deh!

5. Cari review biro umroh yang kredibel

via wikipedia.com

Dan terakhir, kamu wajib mencari review di internet soal biro jasa umroh yang kamu pilih. Kalau memang terpercaya, pasti ada testimoni baik tentang agen tersebut. Tapi kalau enggak ada, pertimbangkan lagi ya!

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindar dari praktek penipuan umroh yang menyesatkan. Jangan lupa share ke teman, keluarga, dan kerabat ya. Supaya perjalanan ibadah bisa lancar sampai tujuan, tanpa terkena penipuan.

Sumber: Idntimes