Begini Ternyata Tips Anti Gagal Buat Ngejawab Pertanyaan Soal Kelemahan Terbesar Kita Saat Wawancara Kerja

Salah satu pertanyaan menjebak yang paling umum ditanyakan saat wawancara kerja adalah, tentang apa kelemahan terbesar yang ada pada diri kita? Hayo… kira-kira kamu bakal jawab gimana? Kalau kamu masih nge-blank, Selipan bakal ngasih tau cara terbaik buat ngejawab pertanyaan tersebut!

Kenapa Harus Bertanya Soal Kelemahan?

Via: Getty Images

Mengenali dan menjawab apa kelemahan terbesar kita itu tidak mudah karena diperlukan kemauan untuk berefleksi, berpikir kritis dan rasa legowo untuk mendapat respon negatif atas jawaban yang kita berikan. Kesulitan dalam melakukan hal-hal tersebut lah yang menjadi salah satu latar belakang kenapa perusahaan-perusahaan sangat senang mengajukan pertanyaan ini pada para pencari kerja yang melamar di tempat mereka.

Selain itu, para perusahaan tersebut percaya bahwa, dengan membuat si pelamar mengenali kelemahan terbesar mereka, mereka dapat termotivasi untuk memperbaiki kelemahan tersebut agar tidak berpengaruh pada pekerjaan mereka kelak. Dengan begitu perusahaan-perusahaan tersebut dapat tahu apakah kamu orang yang mampu berkonstribusi positif pada perusahaan mereka atau enggak.

Terus, Harus Jawab Gimana?

Via: destiny-uae.com

Setiap orang pasti punya kelemahan, tapi kamu gak perlu bingung buat jawab pertanyaan ini saat kamu diwawancara kerja. Kuncinya adalah kamu perlu membingkai kelemahan kamu dalam sebuah frame yang tetap bernilai positif. Penasaran gimana caranya? Yuk, kita simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Jujur Adalah Yang Terbaik

Kejujuran adalah hal pertama yang harus kamu kasih ketika kamu berniat untuk mencari rezeki di suatu tempat. Gak perlu berusaha memikat recruiter kamu dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar kamu terlihat tidak punya kekurangan. Justru dengan berkata jujur, recruiter bakal melihat kejujuran sebagai nilai lebih dari kepribadian kamu.

2. Ceritakan Perubahan Yang Sudah Kamu Lakukan

Memiliki kekurangan bukan berarti kamu gak bisa memperbaiki kekurangan tersebut. Ceritakan perubahan-perubahan positif yang sudah kamu lakukan untuk memperbaiki kelemahan yang kamu miliki, dengan begitu recruiter akan melihat kamu sebagai seseorang yang punya keinginan untuk menjadi lebih baik.

3. Ubah Kelemahan Menjadi Kekuatan

Siapa bilang kelemahan selalu berdampak negatif pada sebuah pekerjaan? Kelemahan yang kamu miliki juga pasti punya efek positif pada pekerjaan kamu, loh. Misalnya, kamu menganggap kebiasaan kamu dalam memeriksa sebuah pekerjaan terlalu detail sehingga membuat pekerjaan tersebut lama selesai. Kamu bisa membingkai kelemahan tersebut dalam sebuah makna positif, misalnya dengan begitu pekerjaan yang kamu hasilkan menjadi lebih sempurna dan tak ada cela.

Kelemahan yang ada pada diri kita bukan suatu hal yang perlu disembunyikan apalagi dihilangkan. Justru dengan memiliki kelemahan kita bisa memperbaiki hal itu agar jadi orang yang lebih baik. Jadi, mulai sekarang gak perlu bingung lagi jawab pertanyaan soal kelemahan kamu saat wawancara kerja, ya!