Berminat Jadi Fotografer? Intip Dulu Rahasianya dalam 11 Foto Ini!

Tapi, tahukah kamu di antara 1.000 kisah tersebut juga terdapat cerita soal perjuangan dalam pengambilan foto? Jika kamu pikir untuk memotret hanya butuh angle yang tepat, kamu salah besar!

Soalnya, selain angle yang tepat, ada hal-hal lain yang perlu dipikirkan oleh seorang fotografer, termasuk pencahayaan, bayangan, hingga efek dalam sebuah foto. Seperti 11 foto ini misalnya.

Sekilas, karya Gilmar Silva dengan tema Lugar vs Photo (tempat vs foto) ini memang terlihat biasa saja dan mirip dengan foto-foto lainnya. Tapi, intip dulu deh perjuangan untuk mendapatkannya. Bikin melongo!

1. Cuma daun

via boredpanda.com

Kamu pasti nggak bakal percaya kalau ternyata efek yang digunakan dalam foto ini cuma sehelai daun. Tapi, begitulah nyatanya.

2. Hasilnya beda banget, ya?

via boredpanda.com

Dengan sudut pengambilan yang pas foto biasa aja bisa jadi luar biasa, kan?!

3. Kali ini pakai bunga

via boredpanda.com

Selain daun, bunga juga bisa memberikan efek yang cantik pada foto. Tapi, pencahayaan tetap penting, ya!

4. Gabungan dua foto

via boredpanda.com

Sering lihat foto begini di kalender? Ternyata bikinnya nggak gampang, lho. Harus dua kali foto dan perlu teknik editing yang mumpuni.

5. Harus ada bantuan

via boredpanda.com

Siapa yang nggak setuju kalau foto ini disebut keren? Tapi, dibalik kerennya itu, ada perjuangan yang nggak gampang, lho!

6. Bak langit dan bumi!

via boredpanda.com

Kalau dilihat dari tempat pengambilan foto sih biasa aja. Tapi, hasilnya romantis banget, kan? Untuk membuat foto semacam ini, pencahayaan adalah hal yang sangat penting.

7. Foto lewat spion

via boredpanda.com

Pengambilan gambar dengan teknik ini nggak gampang, lho. Selain harus fokus, fotografer juga nggak boleh menampakkan dirinya di spion. Bisa?

8. Benda melayang

via boredpanda.com

Sudah tahu belum ternyata begini caranya bikin benda melayang dalam foto? Bisa jadi inspirasi nih!

9. Cuma di sungai, tapi…

via boredpanda.com

Lokasi yang dipilih memang cuma sungai biasa yang nggak ada cantik-cantiknya. Tapi, hasilnya luar biasa cantik bukan? Lagi-lagi rahasianya soal permainan cahaya.

10. Jangan kaget!

via boredpanda.com

Pernah lihat foto dengan ayunan yang melayang? Untuk membuatnya nggak gampang, lho. Selain membutuhkan banyak bantuan, fotografer pun harus mengedit hasilnya.

11. Lihat perjuangannya!

via boredpanda.com

Hasil fotonya sudah terbukti keren, bukan? Tapi lihat deh perjuangan di baliknya. Seorang kru harus rela meringkuk untuk menjadi tumpuan agar hasil foto optimal.

Bagaimana, sudah tahu kan sulitnya jadi fotografer? Nggak ada yang namanya asal jepret dan hasilnya luar biasa. Diperlukan perjuangan yang tak main-main agar sebuah foto bisa dibilang cantik.

Namun, seberat apapun usahanya, kamu harus selalu percaya bahwa hasil tak pernah mengkhianati proses. 11 foto di atas buktinya!