Biar Bisa Bergaul dengan Siapa Saja, Kamu Butuh 7 Hal Ini

Kamu hanya butuh sedikit penyesuaian diri untuk bisa bergaul dengan siapa saja. Awalnya memang sedikit sulit, tapi kalau punya 7 hal ini bakalan lebih gampang kok.

1. Amati sekitar!

via listaka.com

Bertemu orang baru berarti kamu harus memulai pengamatan. Ini akan membuat kamu lebih gampang menemukan orang yang “sejenis” denganmu, misalnya mereka yang punya kertertarikan atau hobi serupa. Setelah menemukan orang yang tepat, kamu hanya harus memulai untuk mengobrol. Menanyakan rekomendasi film terbaru misalnya.

2. Temukan yang membuatmu nggak nyaman

via shinetext.com

Biasanya, kalau bertemu orang baru kamu akan ngerasa canggung. Rasa canggung ini bisa muncul karena kamu nggak nyaman. Untuk itu, coba deh temukan apa yang ngebuat kamu nggak nyaman. Setelah menemukannya, coba atasi sebaik mungkin.

Misalnya, saat kamu ngerasa nggak nyambung sama apa yang diobrolin, jangan memaksakan diri. Kamu boleh kok bertanya ke lawan bicaramu.

3. Jadi diri sendiri

via leaf.tv

Saat bertemu orang-orang baru, kamu sebaiknya bicara apa adanya. Nggak perlu tuh pamer gaji, mobil baru, atau segala kesuksesan yang telah kamu capai. Cukup jadi diri sendiri dan bicarakan hal-hal ringan seperti hasil pertandingan bola, game terbaru, atau bahkan berita yang lagi viral.

4. Tentukan fokus

via getdrawings.com

Pernahkah kamu berpikir “apa yang orang lain pikirkan tentang saya?” atau “apa yang harus saya katakan selanjutnya?” saat bertemu orang baru?

Kalau kamu masih memikirkan hal-hal seperti itu, tandanya kamu masih fokus pada dirimu sendiri. Coba deh, fokuskan perhatianmu pada lawan bicara. Obrolan pasti bakal mengalir santai.

Editors’ Picks

  • Susah Fokus Saat Beraktivitas? Itu Tandanya Kamu Wajib Lakukan 7 Hal Ini
  • Kalau Kamu Ngaku Cowok Sejati, 6 Lifehack Ini Mau Gak Mau Harus Bisa Kamu Lakukan
  • Akhir Pekan Kamu Selalu Terasa Singkat? Cobain Deh 7 Tips Ini, Supaya Terasa Lebih Panjang
  • Masih Mencari Tujuan Hidupmu? Yuk, Terapkan Konsep Ikigai Untuk Masa Depan Yang Lebih Bahagia
  • Nggak Cuma Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Bakal Kamu Dapetin dari Mencintai Diri Sendiri

5. Mulai dengan hal positif

via shinetext.com

Kamu nggak akan tahu apa yang telah dilalui lawan bicaramu seharian ini. Untuk itu, coba awali obrolan dengan hal-hal positif. Hal-hal negatif, hanya akan membuat orang lain malas menanggapi obrolanmu.

6. Katakan “Ya”

via littleinout.com

Mungkin kamu memang sedang ingin bilang “Tidak”, tapi cobalah katakan “Ya” untuk menjaga hubungan baik.

Misalnya, ketika diundang ke suatu acara, hindari langsung menolaknya mentah-mentah. Kamu bisa menjawabnya dengan sedikit basa-basi, seperti “Ya, mungkin saya akan mampir sebentar karena harus bertemu klien hari itu”.

7. Mulai lebih dulu

via dailygazette.com

Cara yang satu ini menjadi kunci untuk bergaul dengan orang baru. Kalau kamu ingin berteman dengan orang lain, cobalah untuk memulai. Nggak usah ragu. Kalaupun gagal kamu masih punya banyak kesempatan lain.

Bagaimana, sudah siap untuk bergaul dan berteman dengan siapa saja?