Biar Kamu Nggak Tertipu, yuk Kenali 7 Tips Membedakan Barang Branded Asli dan Palsu

Tapi, pernah gak sih kalian udah beli barang bermerek yang kalian kira asli, tapi gak taunya KW? Wuihh, pasti bete dan gondok banget, ya. Apalagi kalau kalian sudah pamer ke teman-teman sejawat. Aduh, pasti malu banget.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, ada baiknya kalian mengetahui lebih dulu cara membedakan keaslian barang yang kalian miliki. Dilansir dari Brightside, berikut adalah cara membedakan keaslian 7 barang dengan prestige tinggi yang banyak beredar tiruannya. Jangan sampai kalian tertipu ya, guys!

1. Jeans Levi’s

via brightside.me

Untuk para pecinta jeans Levi’s, kalian bisa membedakan keaslian barang yang kalian miliki lewat pola jahitan di saku belakang, merek dan patch-nya. Jahitan khas pada saku belakang (bentuk busur) bisa kalian temukan di setiap celana jeans Levi’s, kecuali produk Authentic Signature yang terbilang langka.

Oh iya, merk Levi’s yang tertera juga biasanya menggunakan ‘e’ dengan huruf kecil. Sedangkan huruf besar ‘E’ biasanya hanya ada di beberapa edisi terbatas atau barang palsu.

Kancing yang digunakan juga biasanya menggunakan bahan metal dan diukir dengan tulisan khas Levi Strauss seperti gambar diatas.

2. Polo Lacoste

via brightside.me

Kalau kalian jeli, pada bagian kancing polo Lacoste yang asli memilik banyak warna, karena kebanyakan kancing polo Lacoste dibuat dari kerang mutiara. Kancingnya berbentuk pipih dan memiliki dua lubang untuk masuknya jarum dan benang. Di dalam kancingnya tidak ada tulisan apa pun alias polos.

Di bagian label kalian bisa melihat lambang buaya yang menjadi ciri khasnya. Untuk Lacoste Polo Classic, biasanya logonya dijahit terpisah. Sedangkan pada seri terbarunya logo tersebut bersatu dengan baju. Lokasi logo pada polo Lacoste yang asli biasanya berada pada sisi bawah kancing. Bagian-bagian tubuh sang buaya pun akan terlihat jelas pada barang yang asli.

3. Jam Rolex

via brightside.me

Wuih, siapa yang gak kenal dengan jam satu ini. Jangan sampai deh kalian tertipu untuk barang yang satu ini. karena memang jam yang satu ini mahal sekaligus memiliki prestige yang tinggi.

Cara membedakannya pun mudah: kalian tinggal melihat bagian depan dari jam Rolex tersebut. Jam Rolex asli biasanya menggunakan kaca yang terbuat dari batu sapphire/safir. Jadi, apabila kalian meneteskan air ke atas jam tersebut, air tersebut akan tetap berbentuk gelembung dan tidak pecah.

Pada bagian dekat angka 6, kalian bisa melihat gambar mahkota yang kecil. Rolex menambahkan gambar mahkota kecil ini di semua produknya dimulai dari tahun 2002.

Oh iya, Rolex yang asli memiliki pergerakan jarum yang sangat lembut dan tidak mengeluarkan suara sama sekali. Perhatikan juga panel bagian belakang pada jam; produk asli selalu menggunakan bahan metal dengan serial number di panel bagian belakangnya.

4. Sepatu Converse

via brightside.me

Sepatu sejuta umat ini juga punya banyak tiruannya alias KW yang tersebar di pasaran. Buat kalian para penggemarnya, tentu harus bisa membedakan mana Converse asli dan mana yang bukan.

Untuk Converse asli, bagian sol sepatunya memiliki tinggi tidak kurang dari 1.18 inci atau 3 cm saja. Dan pada bagian belakangnya tertulis “ALL STAR”.

Pada bagian tongue tag/label di lidah sepatu, kalian bisa melihat stiker yang memiliki bahan berbeda dengan kertas biasa ketika disentuh. Oh iya, dalam tag tersebut juga selalu ada serial number dengan 6 karakter campuran huruf dan angka yang biasanya tidak dimiliki oleh Converse KW.

5. Sepatu Nike Air Max

via brightside.me

Untuk sepatu olahraga yang satu ini kalian harus jeli memperhatikan setiap bagiannya. Pada produk yang aslinya, sepatu Air Max memiliki air chamber atau ruang udara di balik plastik yang ada di bagian bawahnya, sedangkan produk yang palsu tidak. Untuk mengeceknya kalian bisa coba menekan bagian tersebut. Pada sepatu yang asli, bagian tersebut akan sangat sulit ditekan dan akan kembali ke bentuk semula dengan cepat.

Oh iya, untuk bagian tag, sejak tahun 2008 semua model Air Max ditempel secara termal; tidak dijahit dan tidak memiliki jahitan. Sama seperti Converse, Air Max yang asli juga memiliki serial number berupa 6 angka beserta tiga angka terakhir untuk kode warnanya.

Editor’s Pick

  • Kamu Mahasiswa yang Tertarik Jadi Freelance Writer? 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan dari Sekarang
  • Suka Travelling? Kamu Wajib Tahu 10 Tips Berikut Ini Agar Aktivitasmu Semakin Aman dan Nyaman
  • Wajib Coba! 5 Bahan Murah Meriah Ini Bikin Kulitmu Makin Cantik
  • Punya Pasangan Tapi Sering Berantem? Coba Deh Baca Ini, Dijamin Bakal Bikin Kamu Mikir
  • Pengin Bikin Orang Nurut sama Apa yang Kamu Katakan? Coba Ikuti 9 Trik Psikologi Ini

6. EarPods Apple

via brightside.me

Earpods Apple memang seringkali dijual terpisah. Karena kualitasnya yang memang bagus, EarPods Apple banyak ditiru sehingga barang KW-nya udah nggak bisa dihitung jari.

Tapi, untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu, caranya mudah kok.

Pertama cek kemasannya. EarPods asli biasanya dikemas dalam boks plastik dengan tanda warna biru (sedangkan untuk produk palsu biasanya menggunakan tanda warna kuning). Bagian penutup speaker terbuat dari metal dan memiliki simbol Left/Right. EarPods palsu biasanya menggunakan plastik untuk penutup speaker-nya dan juga tidak memiliki simbol Left/Right.

7. Smartphone Samsung

via brightside.me

Untuk Samsung Galaxy, kalian bisa langsung menanyakan keasliannya dengan menekan kode *#7353#. Kode tersebut akan secara otomatis membuka aplikasi khusus untuk melakukan test.

Oh iya, selain kode rahasia tadi, keaslian produk Samsung juga bisa dilihat dari bagian baterainya. Di baterai Samsung yang asli akan tertera kode model, serial number, dan juga IMEI. Kalian bisa mengetes kecocokan IMEI dengan menekan *#06# untuk melihat kode IMEI via kode rahasia. Untuk beberapa tipe, akan muncul pula serial number-nya dengan menekan kode tersebut.

Intinya sih, semua produsen pasti ingin memberikan barang dengan desain, guna dan kualitas terbaik untuk penggunanya. Karena itu, barang asli pasti memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari yang KW. Ketika pertama kali menggunakannya pun kalian mungkin udah bisa merasakan, apa barang yang kalian pegang itu asli atau palsu.

Jadi, barang dengan prestige tinggi yang kalian miliki sudah terjamin keasliannya? Kalau sudah yakin, baru deh kalian bisa bangga-banggain tuh di depan temen-temen.