Biar Makin Produktif, Coba Deh Konsep Kaizen Asal Jepang Ini!

Kalau kamu emang berniat agar lebih produktif dari hari-ke hari, kamu wajib nyobain konsep kaizen. “Kai” punya arti perubahan, sedangkan “zen” artinya baik.

Dengan kata lain, metode asal Jepang ini punya arti perbaikan yang berkesinambungan alias terus menerus.

Konsep kaizen, sebenernya juga gampang banget kok dilakukan. Yang sulit adalah tetap konsisten. Buat kamu yang penasaran sama kaizen, coba deh awali dengan 5S ini:

1. Seiri

via thenextweb.com

Seiri bisa diartikan sebagai menyortir atau memfilter. Untuk memulai perbaikan diri, kamu harus memilah terlebih dulu, mana yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang sebenernya nggak penting.

Misalnya nih di meja kerja, apa saja sih barang-barang yang beneran kamu butuhkan? Kalau menurutmu kamu nggak butuh barang itu, baiknya simpen di laci aja deh.

2. Seiton

via fortune.com

Seiton bisa diartikan sebagai set in order dalam bahasa Inggris. Artinya, kamu harus menata segala hal sesuai tempatnya. Bukan cuma soal barang-barang di meja kerjamu, tapi juga soal prioritasmu.

3. Seiso

via psmag.com

Seiso artinya bersih atau bersinar. Untuk jadi pribadi yang lebih baik, kamu pasti setuju dong kalau kebersihan jadi salah satu faktor penentu.

Kamu pasti lebih nyaman bekerja di tempat yang bersih dan tertata rapi kan, daripada tempat yang terlihat berantakan dan nggak terurus. Makanya, coba rapikan meja kerja sebelum dan setelah memakainya.

Editors’ Picks

  • Ketika Kamu Lagi Berada Di Situasi Darurat, 8 Tips Ini Bakal Berguna Banget Buat Kamu Pakai
  • 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Cowok Saat Kencan Pertama, Harus Lebih Hati-Hati Lho Guys
  • Sering Merasa Capek? 7 Makanan Ini Bisa Membantu Pulihkan Energimu Lho!
  • Bantu Teman kamu Yang Pemalu Supaya Lebih Berani Lewat 6 Cara Jitu Ini
  • Saat Hemat dan Kreatif Bersatu, 10 Ide Nyentrik Benerin Barang Ini Kocak Abis Deh!

4. Seiketsu

via pcmag.com

Tahap keempat yang berarti standarisasi ini terdiri dari empat siklus, yaitu rencana, lakukan, periksa, dan tindakan.

Untuk menjalankan siklus ini, kamu harus mengawalinya dengan sebuah rencana untuk mencapai target. Selanjutnya, jalankan rencana yang telah kamu buat. Setelah itu, periksa lagi hasil pekerjaanmu. Kalau kamu menemukan kesalahan, lakukan tindakan yang dibutuhkan untuk memperbaikinya dan nggak ngulangin kesalahan yang sama lagi.

5. Shitsuke

via impactafya.com

Langkah kelima ini adalah kunci dari keempat langkah sebelumnya. Shitsuke bisa diartikan sebagai konsistensi. Setelah melakukan keempat langkah sebelumnya, lakukan terus setiap hari.

Sesekali kamu mungkin ingin kembali ke kebiasaan malasmu yang dulu. Tapi, coba deh tahan diri sebisa mungkin biar kamu bisa benar-benar produktif.

Kamu setuju kan kalo konsep Kaizen sebenernya gampang dilakukan? Yang sulit adalah tetap konsisten dan terus melakukannya. Tapi, kamu harus ingat kalau usaha nggak pernah mengkhianati hasil!