Boneka atau Mumi? Menelusuri Legenda Urban La Pascualita, Maneken yang Terlihat Hidup Mirip Manusia

via ripleys.com

90 tahun semenjak pertama kali dipajang di toko gaun La Casa De Pascualita, penduduk Meksiko mulai memperdebatkan asal usul La Pascualita. Cerita mistik yang beredar mengatakan kalau La Pascualita sebenarnya bukanlah maneken, tapi jasad manusia yang diawetkan alias mumi.

via quotidianodiragusa.it/wakeupnews.eu

Orang-orang skeptis pastinya bakal langsung bakal menganggap cerita itu nggak lebih dari sekadar mitos. Tapi di sisi lain, ada alasan yang menarik di balik munculnya mitos tersebut.

Dibanding boneka manekin biasa, La Pascualita memang nampak lebih hidup. Wajahnya cantiknya begitu ekspresif, lengkap dengan sepasang mata yang berkilau dan bulu mata palsu sebagai penghias. Kedua tangan La Pascualita punya warna kulit pucat (seperti mayat), garis tangan, dan kuku yang sama persis dengan manusia. Nggak cuma itu, kabarnya kedua kaki maneken ini punya urat darah yang menonjol layaknya kaki manusia.

via pinterest.com

Sampai sini kayaknya kita masih belum bisa menentukan apakah La Pascualita itu mumi atau sekadar karya dari pembuat boneka yang berbakat. Tapi coba kita simak cerita selanjutnya.

Pertama kali muncul di depan toko perlengkapan pengantin tahun 1930, La Pascualita langsung membuat heboh penduduk setempat. Bukan karena detailnya yang terlihat nyata, tapi karena wajahnya mirip dengan Pascuala Esparza, anak pemilik toko yang meninggal tak lama sebelum maneken ini muncul. Berdasarkan desas-desus yang beredar, Pascuala Esparza digigit laba-laba black widow saat mempersiapkan pernikahannya dengan calon suami. Sayangnya, karena racun laba-laba yang mematikan itu, Esparza meninggal tepat di hari pernikahannya.

Beberapa lama setelah kematian Esparza, La Pascualita mulai dipajang di etalase toko. Tentunya hal itu membuat penduduk setempat curiga kalau sang Ayah sengaja mengabadikan jasad putrinya sebagai mumi, lalu menjadikannya maneken untuk gaun pengantin. Dari sanalah legenda urban mumi La Pascualita berasal dan mulai menyebar ke seluruh penjuru Meksiko.

Versi lain mengatakan kalau La Pascualita sebenarnya hanya maneken. Tapi suatu ketika seorang penyihir dari Prancis mendatangi toko dan jatuh hati pada maneken tersebut. Penyihir itu kemudian membuat maneken jadi hidup, membawanya keliling kota sambil berdansa dan bersenang-senang di tengah malam, sebelum mengembalikannya lagi ke toko di pagi hari.

Editor’s Pick

  • Bikin Merinding! Pengalaman Para Pengasuh Bersama Anak Asuhnya Ini Serem Banget
  • 5 Peristiwa Bersejarah Ini Punya Foto-Foto Mengerikan Yang Bisa Kamu Cari Di Google, Berani Lihat?
  • Nggak Terjamah Dunia Modern, Ada Fakta Menyeramkan di Balik Pulau Sentinel Utara
  • Mengungkap Misteri Kutukan Raja Tutankhamun Yang Sempat Menghebohkan Dunia
via imparcialoaxaca.mx

Sejak munculnya legenda urban La Pascualita, orang-orang mulai melaporkan berbagai kejadian aneh yang mereka alami saat bertemu maneken misterius itu. Beberapa saksi mata menyebut kalau lirikan mata maneken mengikuti ke mana arah mereka pergi. Ada pula orang-orang yang melihat La Pascualita berubah posisi saat menatap boneka itu untuk kedua kalinya. Para pegawai toko bahkan seringkali dibuat merinding oleh sosok La Pascualita di malam hari.

“Sayang, yuk menikah sama aku”/via horrorgalore.com

Coba bayangkan kalau kamu melihat sosok ini di sudut kamar pas tengah malam.

Hii, gimana nggak serem coba? Apalagi kalau boneka itu tiba-tiba bilang pengin menikah sama kamu sambil menari-nari tanpa ekspresi.

“Bang, nikah yuk bang?”

Hmm… sekilas jadi teringat film horor Suzanna tahun 80an, ya?

Oke, kalau dilihat dari kacamata sains kayaknya nggak mungkin kalau La Pascualita itu mumi. Kalaupun iya, mumi yang dipajang itu bakal rusak diterpa sinar matahari (mengingat cuaca Meksiko yang tergolong panas di siang hari). Sementara itu La Pascualita sudah dipajang di etalase toko semenjak 80 tahun silam. Nggak mungkin lah mumi bakal terus awet dalam jangka waktu selama itu.

Tapi uniknya, pemilik toko yang sekarang memanfaatkan legenda urban La Pascualita sebagai peluang bisnis. Kabarnya, setiap kali ditanya kebenaran legenda tersebut, si empunya toko kira-kira bakal bilang “Hmm… bener nggak yaa… nggak tau juga sih.” Cara menyebalkan buat bikin orang-orang terus berdatangan ke tokonya.

Sekarang kita bisa ambil kesimpulan kalau La Pascualita bukanlah mumi. Bentuknya yang terlihat begitu realistis nggak lebih dari sekadar ketelitian dari si pembuatnya.

Ah, tapi saya masih curiga. Gimana kalau La Pascualita itu beneran mumi yang ‘dipoles’ setiap malam oleh pemiliknya supaya terlihat baru lagi? Wah, kalau iya ini bisa jadi plot twist legenda urban terbaik sepanjang masa.