Bro, Bro, Jangan Kelamaan Duduk Kalau Nggak Mau Kena Penyakit-penyakit Ini!

via bodyhacks.com

Para peneliti sampai dengan saat ini memang masih mempelajari efek samping apabila tubuh kita terlalu banyak duduk, akan tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, terlalu banyak duduk dapat menyebabkan berat badan naik, kinerja otak menurun, masalah pada punggung dan leher, degenerasi otot, dan terancam terkena demensia.

Kalau menurut dokter di Harvard Medical School, ada tambahan lain, terlalu lama duduk dapat membahayakan metabolisme gula dan lemak yang dapat menyebabkan diabetes.  Sedangkan menurut Washington Post, terlalu banyak duduk dapat memperlambat aliran darah yang menyebabkan varises dan pembekuan darah. Hiiii. Kalau mau baca yang lebih lengkapnya lagi, bisa kamu lihat penelitian milik Annals of Internal Medicine di sini.

via tripadvisor.com

Untuk menyiasati itu semua, sering minum air putih, sesekali berdiri, berjalan, dan melakukan peregangan dapat membantu meminimalisir resiko akibat terlalu lama duduk. Misal nih, kamu sedang mudik dari Jakarta ke Malang naik kereta, daripada cuma duduk, makan, dan tidur, mending jalan-jalan ke gerbong makan dan ngobrol dengan pramugara/pramugari di sana. Lumayan kan dapat kenalan. Siapa tahu buat yang jomblo bakal ketemu jodoh juga di sana.

Setelah membaca artikel di atas, masih mau lama-lama duduk?